1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

catatan jadul : cara short selling dan transaksi marjin 5 September 2009

Filed under: JUAL beli HARIAN — bumi2009fans @ 4:00 pm

09 April 2009
1 Mei, Bursa Berlakukan Aturan Short Selling
JAKARTA-Bursa Efek Indonesia (BEI) tetap pada pendiriannya untuk memberlakukan peraturan baru mengenai transaksi margin dan short selling pada 1 Mei 2009 meski sebagian besar anggota bursa (AB) meminta agar BEI menunda akibat ketidaksiapan sistem.

”Belum ada perubahan. Jadi tetap dilaksanakan pada 1 Mei sesuai dengan ketetapan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK),”kata Direktur Perdagangan Saham, Penelitian dan Pengembangan BEI MS Sembiring di Jakarta, kemarin. Transaksi margin adalah transaksi pembelian efek untuk kepentingan nasabah yang dibiayai oleh perusahaan efek. Sedangkan transaksi short selling merupakan transaksi penjualan efek dengan efek dimaksud tidak dimiliki oleh penjual pada saat transaksi dilaksanakan.
Sebelumnya, AB yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) meminta BEI untuk mengkaji kembali peraturan baru mengenai transaksi margin dan short selling karena dinilai terlalu ketat. Selain itu, peraturan perdagangan baru tersebut juga memerlukan sistem yang lebih komprehensif bagi AB yang menjalankannya.

Sembiring mengatakan BEI berencana menerapkan dua peraturan perdagangan baru yaitu Peraturan II-H tentang Persyaratan dan Perdagangan Efek dalam Transaksi Margin dan Short Selling dan Peraturan III-I tentang Keanggotaan Margin dan Short Selling.

Dua peraturan baru tersebut akan diterapkan mulai Mei mendatang. Aturan ini dikeluarkan menyusul kejatuhan pasar modal pada Oktober 2008. Otoritas menilai tingkat risiko dua transaksi tersebut perlu pengaturan yang ketat.
Selain efek atau saham yang dijadikan aset dasar (underlying), otoritas juga akan mengatur perusahaan efek atau broker yang boleh bertransaksi margin dan short selling.

Menurut Sembiring, dalam peraturan baru tersebut ada beberapa perubahan atas fasilitas yang telah diberikan sebelumnya. Jika sebelumnya transaksi margin dan short selling hanya menggunakan analisa likuditas, dalam peraturan baru tersebut akan ditambah dengan analisa fundamental.(bn-59)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s