1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

ekspektasi ekstra laba di negeri orang … 17 September 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 6:34 pm

Hochiminh Stock Exchange Masuk Bursa Asean
Jum’at, 18 September 2009 – 11:50 wib
TEXT SIZE :
Candra Setya Santoso – Okezone

Foto: Corbis
JAKARTA – Bursa Vietnam, Hochiminh Stock Exchange masuk dalam pembentukan perdagangan Lintas Batas Se-Asean (Cross-Border Trading).

Lima bursa Asean yaitu Bursa Malaysia, Bursa Efek Indonesia (BEI), Philippine Stock Exchange, Singapore Exchange Limited (SGX) dan Stock Exchange of Thailand telah menandatangani kesepakatan tambahan dengan Hochiminh Stock Exchange sebagai suatu perjanjian regional untuk membentuk perdagangan lintas batas antara pasar modal se-Asean melalui suatu jalur perdagangan elektronik (electronic gateway).

Penandatanganan kesepakatan tambahan ini diadakan bersamaan dengan penyelenggaraan The 9th Asean Exchanges CEOs Meeting di Kuala Lumpur dengan Bursa Malaysia sebagai tuan rumah.

Kesepakatan ini merupakan tindaklanjut dari nota kesepakatan yang telah ditandatangani sebelumnya pada Februari 2009 di Bangkok oleh lima bursa ASEAN, terkecuali Hochimin Stock Exchange.

Kerja sama regional yang akan menghubungkan pasar masing-masing bursa secara elektronik melalui sebuah single acces point tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja pasar modal di kawasan ASEAN agar tetap kompetitif. Inisiatif ini bermaksud untuk menciptakan Asean Bulettin Board yang akan menampilkan data dari masing-masing bursa partisipan dan memungkinkan setiap bursa untuk menampilkan sejumlah saham emitennya.

Chief Executive Officer (CEO) Bursa Malaysia Datuk Yusli Mohamed Yusoff mengatakan, masuknya Hochiminh Stock Exchange ke dalam kerja sama regional ini akan semakin menguatkan prospek dan kelangsungan inisiatif untuk menyatukan pasar Asean secara elektronik dan lebih efisien.

“Sebagai tuan rumah dari The 9th Asean Exchanges CEOs Meeting dan atas nama ke-lima bursa ASEAN yang telah menandatangani kesepakatan awal, Bursa Malaysia menyambut baik bergabungnya Hochiminh Stock Exchange ke dalam kerja sama regional yang akan menciptakan suatu platform Asean yang lebih kompetitif dan fasilitatif bagi investor global. Bursa Malaysia dan bursa-bursa partisipan lainnya meyakini bahwa kerja sama strategis ini akan mendatangkan banyak manfaat jangka panjang karena penggabungan kekuatan ekonomi dan finansial masing-masing bursa akan meningkatkan nilai Bursa-Bursa ASEAN sebagai suatu kelompok,” ungkapnya.

Sementara itu, Senior Deputy CEO Hochiminh Stock Exchange Phan Thi Tuong Tam, mengatakan, pihaknya telah bekerja bersama bursa-bursa Asean selama hampir dua tahun sejak proyek Asean Link tersebut diprakarsai oleh negara-negara Asean.

“Kami pun selalu mengungkapkan hasrat dan keinginan kami untuk bergabung dalam kerja sama tersebut, dan hari ini, melalui penandatanganan Nota Kesepakatan, Hochiminh Stock Exchange menunjukkan komitmen yang lebih dalam untuk proyek tersebut.

Dijelaskannya, masing-masing bursa Asean memilki kekuatannya tersendiri, dan melalui kerja sama ini diharapkan memberikan kesempatan untuk mengembangkan kekuatan tersebut sekaligus memanfaatkannya dengan menciptakan citra Asean sebagai pasar yang bersatu, unik, kokoh dan lebih bervariasi.

“Pada kesempatan ini, kami menyampaikan penghargaan kami terhadap bursa-bursa partisipan yang telah memberikan kami kesempatan baik untuk bekerja sama dalam suatu komunitas yang unik ini dan kami berharap dapat berkontribusi untuk menyukseskan inisiatif tersebut,” ujarnya. (css)
Selasa, 15/09/2009 14:57 WIB

5 Bursa Asean-Vietnam jalin cross border trading

oleh : Berliana Elisabeth S.

JAKARTA (Bisnis.com): Lima bursa di negara Asean, yakni Bursa Malaysia, Bursa Efek Indonesia, Philippine Stock Exchange, Singapore Exchange Limited (SGX) dan Stock Exchange of Thailand menyepakati perjanjian Accession Agreement dengan Hochiminh Stock Exchange hari ini.

Perjanjian menyangkut transaksi silang (cross border trading) di kawasan regional khususnya di pasar modal negara-negara anggota Asean melalui transaksi elektronik.

Dalam siaran pers BEI siang ini mengatakan kesepakatan akses (Accession Agreement) ini berlangsung pada 9th Asean Exchanges CEOs Meeting di Kuala Lumpur dengan Bursa Malaysia sebagai tuan rumah.

Kesepatakan ini melanjutkan memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani di Bangkok oleh lima bursa, kecuali Hochiminh Stock Exchange, pada Februari 2009.

Kerjasama regional ini, yang menyangkut hubungan secara elektronik antara pelaku pasar menggunakan pusat akses tunggal, dengan tujuan meramaikan transaksi di pasar modal kawasan regional agar dapat lebih kompetitif.

Inisiatif ini bertujuan untuk mendirikan Asean Bulletin Board, yang akan menyajikan data pasar mengenai bursa-bursa terkait dan memungkinkan masing-masing bursa untuk menyajikan kontrak saham dari pasar terkait.

Chief Executive Officer Bursa Malaysia Yusli Mohamed Yusoff mengatakan masuknya Hochiminh Stock Exchange Vietnam dalam kesepakatan regional ini akan lebih mempercepat prospek dan kemampuan dari kesepakatan bersama untuk terhubung secara elektronik antarpasar di Asean, sehingga akan lebih efisien.

Yusli menambahkan sebagai tuan rumah dalam 9th Asean Exchanges CEOs Meeting, Bursa Malaysia menyambut baik partisipasi Hochiminh Stock Exchange kedalam kolaborasi regional sehingga dapat menawarkan keunggulan yang lebih dalam hal platform fasilitas kepada investor global.

Phan Thi Tuong Tam, Senior Deputy CEO of Hochiminh Stock Exchange mengatakan pihaknya terus berada disisi masing-masing bursa di Asean dalam 2 tahun sejak proyek Asean Link dikumandangkan oleh negara-negara anggota.

“Kami selalu berkeinginan untuk turut serta dalam kerjasama ini, dan pada hari ini, dengan adanya MoU, Hochiminh Stock Exchange akan berkomitmen untuk lebih komprehensif mengikuti proyek bersama ini,” kata Phan.

Dia menambahkan setiap bursa di Asean memiliki keunggulan masing-masing dan akan bermanfaat untuk kerjasama ini, sehingga menjadi peluang yang baik untuk saling mendukung bagi sesama bursa di Asean.

“Dalam kesempatan ini, kami berterimakasih karena sudah memberikan kesempatan bagi kami untuk turut serta dalam kesepakatan dan kami berharap akan mampu berkontribusi untuk menyukseskannya,” ujarnya.(yn)

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s