1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

volume transaksi turun mau diapain … : 220909 22 September 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 10:48 am

Bulan Puasa, Volume Transaksi Pasar Saham Turun
Senin, 21 September 2009 – 09:23 wib

Widi Agustian – Okezone

JAKARTA – Volume transaksi pasar saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami penurunan pada bulan puasa. Bahkan, hal ini secara umum memang selalu terjadi setiap tahunnya.

“Secara umum bulan puasa memang ada penurunan dibanding dengan bulan sebelumnya,” kata Direktur Perdagangan dan Keanggotaan BEI Wan Wei Yong, di Jakarta, Senin (21/9/2009).

Kendati demikian, penurunan tersebut hanya terjadi jika dibandingkan dengan transaksi bulan sebelumnya. “Tapi kalau secara tahunan tidak,” ujarnya.

Dia tidak menyebutkan angka pasti penurunannya, hanya saja dia memperkirakan selama periode puasa ini rata-rata nilai transaksi berada di bawah Rp4 triliun.

Walau demikian, secara rata-rata transaksi dari Januari 2009 hingga year to date (ytd) masih berada pada posisi Rp4 triliun per hari. Karena angka rata-rata transaksi tersebut cukup besar, maka BEI berencana akan mengubah target rata-rata transaksi per harinya. “Nanti akan diusulkan pada RUPS 28 Oktober 2009,” ucapnya.

Selanjutnya, angka target itu diminta untuk diubah menjadi sebesar Rp3,75 trilun dari sebelumnya Rp2,75 triliun. Wei Yong mengaku angka Rp3,75 triliun tersebut merupakan angka konservatif.

“Itu angka konservatif, kita tidak tahu ke depannya bagaimana. Karena periode Januari-Maret 2009 jelek banget, kurang dari Rp2 triliun dan sekarang mulai membaik. Sekarang ketutup, waktu Juli semuanya tertutup. Padahal rata-rata transaksi tahun lalu sebesar Rp4,3-Rp4,4 triliun,” paparnya.

Selanjutnya, angka revisi target tersebut akan diajukan ke komisaris, lalu angka kemudian akan proses. “Itu mekanismenya. Dari direksi ke komisaris dibawa ke RUPS 28 Oktober mendatang, kalau disetujui pemegang saham maka akan direvisi,” tukasnya. (ade)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s