1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

ASIA jaya, BURSA adidaya … : 230909 23 September 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 10:02 am

Selasa, 22 September 2009 | 13:44

PEREKONOMIAN ASIA

ADB: Pertumbuhan di Asia Lebih Cepat Ketimbang Prediksi Semula

MANILA. Asian Development Bank meningkatkan prediksi pertumbuhan ekonomi di Asia seiring dengan penguatan perekonomian China, India dan Indonesia. Selain itu, ADB juga menegaskan bahwa terlalu awal bagi pemerintahan di Asia untuk menarik kebijakan daruratnya.

Asia, tidak termasuk Jepang, akan tumbuh sebesar 3,9% di tahun 2009 ini; lebih cepat ketimbang perkiraan bulan Maret lalu yang memprediksi hanya 3,4%. Hal ini ditegaskan oleh ADB yang berpusat di Manila, Selasa (22/9). Sementara itu, pertumbuhan di tahun 2010 kemungkinan akan mencapai 6,4%.

Wilayah ini memang memimpin penguatan pemulihan perekonomian dari resesi yang dinilai paling buruk sejak tahun 1930. Para pemangku kebijakan di wilayah ini telah memangkas suku bunga pinjamannya ke level yang cukup rendah dan pemerintah juga menggelontorkan kebijakan stimulus senilai US$ 950 miliar untuk membantu pemulihan perekonomian agar tak terjungkal ke dalam resesi berikutnya.

ADB menegaskan, penarikan kebijakan oleh pemerintah dirasa terlalu cepat karena pemulihan masih terbilang rapuh. Hal ini sejalan dengan penilaian pemerintahan Obama maupun pejabat di Eropa dalam pertemuan G-20 yang akan berlangsung pekan ini di Pittsburg.

“Pertumbuhan Asia adalah hasul dari kebijakan yang dikembangkan secara menyeluruh dan terkoordinasi dengan baik,” tegas Vishnu Varathan, Economist dari Forecast Singapore Pte. Menurutnya, ekspansi perekonomian kini bukan berarti bahwa Asia tidak menjadi penghubung bagi wilayah lain di dunia.

Varathan menilai, pemerintahan di Asia akan mulai menarik program stimulus pada kuartal pertama tahun depan.

Kepercayaan di bidang perekonomian telah membukukan peningkatan yang cukup tinggi dibulan September setelah sejumlah laporan menunjukkan bahwa resesi telah berakhir. Selain itu, pemangku kebijakan juga menegaskan bahwa mereka belum akan menarik stimulus yang ada.

ADB melihat, pemulihan di Asia juga bergantung pada pertumbuhan yang dipertahankan di Eropa maupun AS lantaran hal tersebut akan mempengaruhi perekonomian negara-negara yang bergantung pada ekspor. MInggu lalu, Federal Reserve Chairman Ben S. Bernanke juga telah menggarisbawahi bahwa resesi di AS kemungkinan telah berakhir.

Sementara itu, inflasi di Asia kemungkinan berkisar 1,5% di tahun 2009; bandingkan dengan prediksi di bulan Maret lalu yang mencatat inflasi kemungkinan bergerak di angka 2,4%. “Bank-bank sentral di Asia akan terus mencermati kebijakan moneter,” tegas ADB.

ADB memprediksikan perekonomian Indonesia akan membiak sebesar 4,3% tahun ini; bandingkan dengan prediksi sebelumnya yang menghitung hanya akan menggelinding 3,6%.

Femi Adi Soempeno Bloomberg

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s