1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

bumi, bbri, elty, enrg ngetop di bei 2009: 230909 23 September 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 8:23 am

Nanda Sitepu
Associate Analyst Vibiz Research Center
Krisis Ekonomi Global Berakhir, Tampilkan 10 Saham Paling Cemerlang
Selasa, 22 September 2009 19:00 WIB

(Vibiznews – Stocks) Krisis ekonomi global bisa dikatakan sudah berakhir, keterpurukan ekonomi dunia yang berlangsung kurang lebih selama 1 tahun terakhir telah berangsur-angsur pulih. Krisis ekonomi global juga sempat memukul telak bursa saham Indonesia, dimana “bottom”nya pada 28 Oktober 2008 IHSG ditutup terjun ke level 1111,39 setelah sebelumnya berada pada kisaran 2000-an.

Namun IHSG berbalik bangkit kurang dari 1 tahun, dimana pada tanggal 17 September 2009 IHSG berhasil ditutup naik ke level 2456,99. “Big Rebound” IHSG yang mencapai lebih dari 100%, tepatnya sebesar +121,07% pastinya banyak terdongkrak oleh saham-saham “terbaik” yang membukukan kenaikan yang fantastis. Jadi saham-saham apa sajakah yang bisa dikatakan “top gainer”? Berapa besar kenaikannya? dan faktor-faktor apakah yang menjadi pendorongnya?

Top 10 Saham Dengan “Rebound” Tertinggi 1 Tahun Terakhir

Property
Saham sektor property PT Bumi Serpong Damai tbk (BSDE) secara mengejutkan berhasil membukukan kenaikan tertinggi sebesar +932,26%. Sedangkan saham Property lainnya yang tidak kalah menarik adalah PT Bakrieland Development tbk (ELTY) yang tercatat berhasil mencetak kenaikan sebesar +594,44%.

Sektor property memang merupakan sektor yang paling terguncang pada krisis ekonomi global tahun lalu. Maklum saja, pada mulanya krisis ekonomi global yang berpusat di AS memang diawali oleh masalah Subprime Mortgage dimana tingginya kredit macet perumahan tersebut ternyata merembet ke berbagai aspek ekonomi di AS dan juga membayangi ekonomi negara-negara lainnya.

Namun seiring dengan suksesnya pemulihan ekonomi global, sektor property nasional pun mulai kembali bangkit. Momentum kenaikan investasi property didukung oleh trend penurunan BI Rate yang berangsur-angsur turun hingga ke level 6,5%. Sehingga ikut menekan tingginya suku bunga perbankan, khususnya bunga kredit perumahan/apartemen (KPR/KPA).

Mining
Sektor lain yang tidak kalah pentingnya dan juga merupakan salah satu motor penggerak IHSG selama 1 tahun ini adalah Pertambangan. Jawara saham tambang 1 tahun terakhir masih dipegang oleh “saham sejuta umat” PT Bumi Resources tbk (BUMI). BUMI berhasil mencetak kenaikan yang “lumayan” sebesar 770,13%. Dampak krisis global memang sempat memukul telak saham BUMI karena anjloknya harga komoditas andalan BUMI, yaitu batubara seiring minimnya permintaan dan anjloknya harga minyak.

Saham BUMI pada 28 Oktober 2008 (IHSG terendah) memang sempat berada pada level Rp 2175. Namun BUMI semakin terjerumus pada awal tahun 2009, pasalnya kombinasi anjloknya harga minyak dunia ke level US$ 30-an per barel dan kasus akuisisi “kemahalan” membuat saham BUMI terdampar ke level Rp 385 per lembar saham

Saham BUMI pada 28 Oktober 2008 (IHSG terendah) memang sempat berada pada level Rp 2175. Namun BUMI semakin terjerumus pada awal tahun 2009, pasalnya kombinasi anjloknya harga minyak dunia ke level US$ 30-an per barel dan kasus akuisisi “kemahalan” membuat saham BUMI terdampar ke level Rp 385 per lembar saham

Namun suksesnya pemilu 2009 banyak membantu mendongkrak optimisme pasar awal tahun ini terhadap saham-saham unggulan, terutama BUMI. Didukung dengan tuntasnya kasus akuisisi “kemahalan”, membaiknya harga minyak diatas level US$ 70 per barel, dan rumor terbaru bahwa perusahaan tambang China tertarik membeli saham BUMI pada harga premium berhasil mengerek saham BUMI ke level Rp 3350 pada penutupan akhir pekan lalu. Begitu pula dengan saham-saham tambang lainnya seperti BYAN +600% dan ENRG +493,75% yang banyak terdongkrak oleh kenaikan tajam harga minyak sepanjang tahun ini.

Sektor Lainnya
Saham PT Sumalindo Lestari Jaya Tbk (SULI) yang bergerak di sektor perkayuan tampil sebagai runner up dengan membukukan potensi kenaikan sebesar +900%. SULI anjlok cukup tajam pada tahun lalu seiring dengan maraknya isu global warming dan datangnya krisis ekonomi global, namun pada awal tahun 2009 saham SULI sempat bergerak agresif menyusul isu resrukturisasi utang pada Citicorp anak usaha Citigroup dan rencana stock split perseroan.

Dua emiten spesialis alat berat, yaitu PT United Tractors tbk (UNTR) dan PT Hexindo Adi Perkasa (HEXA) masuk dalam list 10 saham terbaik 1 tahun terakhir. Saham UNTR tercatat +523,40% dan HEXA +468,63%. Industri alat berat memang sempat terpukul oleh krisis global kali, namun potensi saham-saham alat berat makin prospektif pada tahun ini seiring dengan membaiknya trend penjualan alat-alat berat. Dimana UNTR dan HEXA sepanjang tahun ini sempat beberapa kali menaikkan target penjualan alat berat per tahunnya seiringnya membaiknya outlook ekonomi global.

Saham Perbankan dan Perkebunan?
Saham-saham property, pertambangan, dan industri tampil sebagai bagian 10 saham terbaik 1 tahun terakhir ini, lalu bagamana dengan saham-saham perbankan dan perkebunan?

Saham-saham perbankan memang naik cukup pesat selama 1 tahun terakhir, terutama bank-bank BUMN seperti PT Bank Negara Indonesia tbk (BBNI), PT Bank Mandiri tbk (BMRI), dan PT Bank Rakyat Indonesia tbk (BBRI). Ketiga bank BUMN tersebut membukukan pertumbuhan rata-rata 1 tahun terakhir sebesar 318,10% dengan urutan terbesar terkecil BBNI, BMRI, dan BBRI.

Sedangkan saham-saham perkebunan sebenarnya lebih cemerlang lagi meskipun gagal masuk 10 besar, yaitu saham-saham perkebunan spesialis CPO seperti PT PP London Sumatera tbk (LSIP), PT Bakrie Sumatera Plantation (UNSP), dan PT Astra Agro Lestari tbk (AALI). Ketiga perusahaan CPO tersebut membukukan pertumbuhan rata-rata 1 tahun terakhir sebesar +394,22% dengan urutan terbesar terkecil LSIP, UNSP, dan AALI

Review saham-saham terbaik selama 1 tahun terakhir ini diharapkan mampu menambah informasi bagi para investor ataupun calon investor di seluruh Indonesia.Sekian ulasan mengenai saham-saham top performance 1 tahun terakhir, dan selamat memilih saham-saham terbaik untuk tahun-tahun selanjutnya.

(Nanda Sitepu/NS/vbn)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s