1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

data inflasi mu ku tunggu huh : 280909 28 September 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 8:02 am

Senin, 28/09/2009 07:52 WIB

IHSG sepekan ini nantikan data inflasi

oleh : Berliana Elisabeth S.

JAKARTA (Bisnis.com): Indeks harga saham gabungan (IHSG) sepekan ini diperkirakan berkonsolidasi dipengaruhi oleh sentimen dari indeks bursa global dan regional, pergerakan harga komoditas dan rupiah. Selain itu dari domestik, investor akan menantikan data inflasi September yang akan dirilis pada Kamis.

Mega Capital Indonesia menyatakan IHSG diprediksi bergerak pada kisaran 2425-2475 dengan target intraday support dan resistance berikutnya berada pada kisaran 2400-2500.

Pada perdagangan sepekan lalu IHSG minus 0,5%. Melemahnya indeks bursa global dan regional serta penurunan harga komoditas mendorong pelemahan IHSG pada perdagangan pekan lalu di tengah volume transaksi yang masih sepi pasca liburan panjang. Sektor aneka industri dan properti menyumbangkan pelemahan terbesar. Bursa Asia rata-rata ditutup pada teritori negatif, kecuali Strait Times Singapura yang relatif stagnan. Rupiah sepekan menguat ditutup pada level Rp9.650 per dolar AS.

Pada sepekan lalu, indeks Dow Jones -1,6%, Nasdaq Composite -2%, S&P500 -2,2%. Pelemahan indeks utama di bursa Wall Street pada pekan lalu tersebut antara lain dipicu oleh kecemasan akan penarikan dana stimulus yang terlalu cepat oleh bank sentral, beberapa data indikator ekonomi yang mengecewakan serta penurunan harga energi dan komoditas. Pada akhir pekan lalu, indeks Dow Jones kembali melemah yang didorong oleh data durable bulan Agustus yang mengalami penurunan dan penjualan rumah baru per Agustus yang lebih rendah dari perkiraan. Meskipun demikian data Mich Sentiment bulan September kembali meningkat.

Mega Capital menambahkan kinerja pendapatan triwulanan Research In Motion (RIM) yang mengecewakan juga menimbulkan pertanyaan akan daya beli di sektor teknologi. Saham yang sensitif terhadap ekonomi seperti manufaktur, perbankan, perumahan dan konsumer mengalami tekanan jual. Namun kenaikan saham perusahaan yang bertahan terhadap ketidakpastian ekonomi, seperti Coca-Cola, membantu membatasi penurunan indeks. Dari hasil pertemuan G20 di AS, antara lain diputuskan para pemimpin G20 sepakat untuk tidak mencabut stimulus ekonomi terlalu cepat hingga pemulihan ekonomi benar-benar terjadi.

Pada pekan ini akan terdapat banyak data indikator ekonomi yang akan dirilis. Hasil dari data tersebut diperkirakan memengaruhi pergerakan indeks pada pekan ini. Data indikator ekonomi yang akan dirilis pada pekan ini diantaranya Case-Shiller Housing Price Index bulan Juli, consumer confidence bulan September, ADP Employment September, GDP final Q2, Chicago PMI September, personal income dan personal spending Agustus, construction spending Agustus, ISM index September, pending home sales Agustus, auto sales September, factory orders Agustus, serta nonfarm payroll dan unemployment rate bulan September.

Selain itu pasar akan mencermati pidato Pimpinan Federal Reserve Ben Bernanke mengenai reformasi aturan keuangan pada Kamis. Harga minyak mentah pada pagi ini bergerak pada level US$66,37 per barel. Harga emas pada level US$992 per ounce. Bursa kawasan Asia pada pagi ini bergerak melemah.

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s