1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

kabinet pasar saat pasar kabinet berlangsung … : 290909 29 September 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 1:20 pm

29/09/2009 – 10:33
Market Tunggu Kepastian Kabinet
Yusuf Karim

(inilah.com /Dokumen)
INILAH.COM, Jakarta – Kondisi pasar finansial Tanah Air tidak banyak beranjak dan bergerak terbatas. Dalam perdagangan pasar modal, kecenderungan yang terjadi indeks terus terkoreksi. Sementara nilai tukar rupiah juga terkoreksi tipis.

Fenomena ini diproyeksi akan terus terjadi hingga Presiden SBY mengumumkan kabinet mendatang sekaligus melaksanakan kebijakan 100 harinya. Koreksi yang terjadi dalam beberapa hari mendatang akan terbayar dengan apresiasi yang terjadi saat resminya pemerintahan baru berjalan pada 20 Oktober mendatang.

Kondusifnya pemerintahan SBY terhadap pasar finansial selama ini membuat kebijakan-kebijakan positif yang dipaparkan dengan mudah digunakan oleh investor untuk mendongkrak kinerja instrumen investasi yang dimilikinya.

Apalagi bila kebijakan-kebijakan yang dilakukan sejalan dengan harapan pasar seperti perbaikan infrastruktur maupun perubahan subsidi. Analis Citibank NA Johanna Chua mengemukakan bahwa dalam jangka pendek, IHK (Indeks Harga Konsumen) akan mengendur seiring dengan ketatnya kondisi disebabkan beberapa hal.

“Di antaranya adalah kehati-hatian pasar yang menunggu pengumuman kabinet yang kami nilai akan direaksi netral hingga positif oleh pasar serta rincian program 100 hari Presiden Yudhoyono,” ujarnya dalam penjelasan resminya pada pers, Senin (28/9).

Chua menilai bahwa beberapa hal yang bisa mendongkrak sentimen positif pasar antara lain kebijakan-kebijakan menyangkut perbaikan dan pembangunan infrastruktur di Indonesia serta langkah-langkah perbaikan mekanisme penyaluran subsidi.

Pasar diperkirakan juga akan melihat angka-angka revisi anggaran 2010 yang direncanakan akan segera di finalisasi pada Oktober mendatang, dimana angka defisit bisa naik menjadi 2% dari PDB.

Rendahnya permintaan dari pasar domestik juga membuat angka pertumbuhan ekonomi tidak akan banyak bergerak dari angka 4,2%. “Meski demikian, kami lebih optimistis bahwa pada 2010 angka tersebut bisa menembus 5,5%,” jelasnya.

Posisi rupiah yang kini berada di level Rp 9.725 di kisaran Rp 9.700-9.900 per dolar AS akan membaik secara moderat dalam jangka waktu 6-9 bulan ke depan. Posisi baru rupiah tersebut diproyeksikan bisa mencapai level Rp 9.500-Rp 9.600 per dolar AS.

Secara umum, kondisi yang dialami Indonesia sedikit lebih baik dari yang dialami negara-negara kawasan lainnya selama kurun setahun ke depan. Seperti perbaikan posisi cadangan devisa bila dibandingkan dengan beberapa negara menjelang kebangkrutan Lehman.

“Trend yang juga terjadi adalah bahwa negara-negara dengan rasio utang yang rendah seperti Korea akan meningkatkan angka rasio utangnya. Lain halnya dengan negara-negara yang sudah memiliki proporsi utang besar semisal Srilanka, Pakistan dan Indonesia,” ungkapnya.

Indonesia semestinya mengalami perbaikan perekonomian dengan kondisi yang dimiliki. Kondisi-kondisi positif tersebut harus dikelola secara optimal agar bisa membuahkan hasil solidnya pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. [mdr]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s