1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

transaksi marjin di bumi, terbesar seh … : 290909 29 September 2009

Filed under: Teknik Maen Saham — bumi2009fans @ 10:48 am

CIPTADANA TERBESAR, 10 Sekuritas Kuasai Transaksi Margin Rp 17,8 T
29/09/2009 10:19:36 WIB
JAKARTA, INVESTOR DAILY
10 perusahaan sekuritas menguasai transaksi margin senilai Rp 17,84 triliun atau sekitar 74,33% dari total transaksi margin di Bursa Efek Indonesia (BEI) per Agustus 2009.

Sementara itu, sebanyak 58 perusahaan sekuritas lain membukukan transaksi margin senilai Rp 6,16 triliun atau sekitar 25,67%. Dengan demikian, transaksi margin per Agustus 2009 dari 68 sekuritas anggota bursa (AB) mencapai Rp 24 triliun, atau sekitar 9,9% dari total transaksi saham di bursa sekitar Rp 242 triliun. Pada Juli 2009, transaksi margin hanya sekitar Rp 15,7 triliun atau 7% dari total transaksi bursa sebesar Rp 228 triliun.

Transaksi margin adalah fasilitas yang diberikan kepada investor untuk membeli saham dengan nilai lebih besar dari modal. Contohnya, nasabah yang mempunyai modal Rp 20 juta bisa membeli saham hingga Rp 40 juta. Kekurangannya ditalangi oleh perusahaan sekuritas.

“Setiap bulannya, transaksi margin cenderung naik dari bulan ke bulan, seiring dengan semakin membaiknya pasar saham,” kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Wan Wei Yiong kepada Investor Daily di Jakarta, belum lama ini.

Berdasarkan data transaksi margin per Agustus 2009, PT Ciptadana Securities menempati urutan pertama sebagai perusahaan efek dengan transaksi margin terbesar. Ciptadana mencatat transaksi beli sekitar Rp 1,5 triliun dan transaksi jual Rp 1,6 triliun. Total transaksi margin Ciptadana mencapai Rp 3,13 triliun atau 13% dari transaksi margin 68 perusahaan.

Setelah Ciptadana, posisi kedua ditempati PT Philips Securities Indonesia dengan total transaksi margin senilai Rp 3,1 triliun. Di posisi ketiga adalah Lautandhana Securindo dengan total transaksi Rp 2,5 triliun.

Posisi selanjutnya ditempati PT HD Capital Tbk dengan total transaksi margin sebesar Rp 1,99 triliun, PT Indo Premier Securities Rp 1,53 triliun, AmCapital Indonesia Rp 1,3 triliun, dan Kim Eng Securities Rp 1,19 triliun.

Presiden Direktur Ciptadana Securities Ferry Budiman Tanja mengatakan, total dana yang disiapkan Ciptadana untuk membiayai transaksi margin sebesar Rp 100 miliar per bulan. “Dari jumlah tersebut, dana yang mungkin terpakai hanya 10-20% dengan rasio 1:1,” jelas Ferry.

Menurut Ferry, Ciptadana mempunyai sumber dana cadangan untuk membiayai margin apabila dana Rp 100 miliar yang disiapkan perusahaan tidak mencukupi. Namun, dia mengatakan, nasabah seharusnya menggunakan modal sendiri untuk berinvestasi di saham.

Selama Agustus 2009, beberapa saham sektor pertambangan, termasuk PT Bumi Resources Tbk (BUMI) paling banyak ditransaksikan secara margin. “Nasabah paling berminat terhadap saham-saham margin di sektor pertambangan seperti BUMI, ANTM, ITMG, dan INCO,” ujar Ferry.

Sementara itu, Direktur Utama Trimegah Securities Avi Dwipayana menuturkan, transaksi margin merupakan salah satu andalan bagi perusahaan efek untuk meningkatkan pendapatannya. Tahun ini, transaksi margin diperkirakan mengontribusi sekitar 30-40% terhadap total pendapatan Trimegah.

Avi menambahkan, persentase tersebut belum setinggi pada 2007, yang jumlahnya mencapai sekitar 50%. “Saat ini, pasar saham belum bisa dikatakan bullish, tetapi sudah bergerak jauh dari posisi terendah karena sudah rebound,” ujarnya. (c123)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s