1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

semua isu, campur sari dah … : 300909 30 September 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 9:03 am

Rabu, 30/09/2009 06:46 WIB
Investor harap sentimen positif dari angka inflasi
oleh : Lahyanto Nadie

JAKARTA (bisnis.com): Pelaku pasar sepertinya barharap banyak dari sentimen positif angka inflasi. Hal ini dapat dilihat dari potensi kenaikan yang masih ditunjukkan oleh saham-saham terkait suku bunga (interest related stock).

Meskipun demikian, menurut Trimegah Securities, adanya potensi penurunan pada saham BUMI diharapkan tetap membuat pelaku pasar berhati-hati. IHSG diperkirakan bergerak bervariasi 2.425-2.482. Penembusan atas support di 2.425 tetap merupakan sinyal bearish.

Sementara itu, Panin Sekuritas, berpendapat bahwa IHSG kemarin rebound setelah menguat 1,92% ditutup ke level 2.443,83. Penguatan indeks didukung oleh kenaikan saham perbankan dan pertambangan.

Meski demikian perlu diperhatikan nilai transaksi yang cenderung minim (di bawah rata-rata), yang menunjukkan indikasi bahwa pemodal masih melakukan wait and see atas perkembangan makroekonomi selanjutnya.

Indeks masih bergerak mixed. Kami perkirakan kisaran support-resistance 2.429-2.457.

Rabu, 30/09/2009 08:45 WIB

Cermati BBNI, LAPD, MASA, AKRA, DOID, BFIN

oleh : Berliana Elisabeth S.

JAKARTA (Bisnis.com): Harga saham sejumlah emiten Bursa Efek Indonesia pada perdagangan hari ini setidaknya akan terpengaruh kondisi keuangan, aksi korporasi, maupun berita-berita seputar perseroan seperti BBNI, LAPD, MASA, AKRA, DOID, dan BFIN.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) akan menggenjot kucuran kredit korporasi pada sisa tahun ini sekitar Rp4 triliun-Rp5 triliun dari saat ini Rp40 triliun yang mayoritas disalurkan ke sektor manufaktur dan infrastruktur.

Direktur Korporasi BNI Krishna Suparto mengatakan penyaluran kredit paling besar di sektor manufaktur mencapai 60% terhadap total kredit,disusul sektor infrastruktur 20%, sedangkan sisanya di agrobisnis 10%-15% serta telekomunikasi.

“Kredit korporasi BNI saat ini Rp40 triliunan, tumbuh lumayan dan ditargetkan sampai akhir tahun kan tumbuh 12%-15%, sebagian besar untuk mendukung modal kerja yang jangka pendek,” ujarnya saat penandatanganan nota kesepahaman BNI dengan PT Geo Dipa Energi, kemarin,

Krishna memaparkan untuk infrastruktur paling besar untuk pembiayaan jalan tol yang komitmennya Rp15 triliun di antaranya ruas Surabaya-Mojokerto sebesar Rp1,7 triliun, ruas Semarang-Solo Rp1,4 triliun dan Bogor Ring Road. Dari komitmen tersebut, kredit yang terserap baru Rp5,5 triliun.

PT Leyand International Tbk (LAPD) mendapatkan komitmen pinjaman dari Shandong Machinery Corporation Singapura guna mendanai akuisisi hingga 50,65% saham PT Nusantara Infrastructure Tbk.

Direktur Keuangan Leyand Enrico Mosquera Djakman menyebutkan pinjaman itu dalam denominasi dolar AS yang setara dengan Rp575 miliar. Namun, jumlah final pinjaman bergantung pada realisasi penarikan dana yang dilakukan perseroan terkait dengan akuisisi saham Nusantara.

Pinjaman tersebut berjangka waktu 5 tahun dengan tingkat bunga sebesar 3% di atas London Interbank Offered Rate (Libor) 3 bulan. Berdasarkan data Bloomberg, tingkat Libor 3 bulan saat ini sebesar 0,2825%, yang berarti bunga kredit Leyand berkisar 3,28%.

“Kami pinjam dalam dolar AS karena bunganya lebih kecil daripada rupiah. Lagipula dari jangka waktu 5 tahun itu, 1 tahun merupakan grace period [masa tidak membayar bunga dan cicilan],” jelasnya, kemarin.

Enrico memaparkan jika akuisisi sesuai dengan rencana, Nusantara diproyeksikan menyumbang 30% pendapatan Leyand pada 2010. Kontribusi dapat meningkat menjadi 46,56% pada 2011 menyusul realisasi amortisasi pinjaman dari Shandong yang jatuh tempo pada 2014.

Harga saham Leyand yang berkode LAPD ditutup naik 1,92% atau Rp5 ke level Rp265 kemarin, menjadikannya bernilai kapitalisasi pasar Rp1,05 triliun.

Lonjakan permintaan ban dari pembeli di Amerika Serikat kemungkinan besar mengangkat kinerja PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA).

Presiden Direktur Multistrada Pieter Tanuri mengatakan perseroan kebanjiran order ban dari perusahaan AS hingga 35.000 unit per hari, padahal kapasitas produksi ban hanya 17.500 per hari. “Pengenaan tarif impor ban mobil dari China oleh pemerintah AS belum lama ini membuat konsumen mencari alternatif pasokan. Kami kebanjiran order ban dobel dari kapasitas produksi saat ini 17.500 ban per hari,” ujarnya kepada Bisnis belum lama ini.

Namun, tuturnya, Multistrada memerlukan waktu untuk meningkatkan kapasitas produksi ban guna memenuhi permintaan dari pembeli AS. Kapasitas produksi pabrik ban Multistrada naik dari tahun lalu 10.000-12.000 ban per hari. Peningkatan kapasitas 17.500 ban per hari ini merupakan bagian dari program ekspansi berkelanjutan yang dilaksanakan sejak 2004, dimana saat itu kapasitas produksi perseroan hanya 5.000 ban per hari. “Untuk mengatasi banjirnya permintaan ban itu, kami mempertimbangkan untuk menggenjot harga ban mobil sebesar 10%-15%,” ujar Pieter.

Lonjakan permintaan ban dari AS karena pemerintah negara itu mengenakan tarif impor ban dari China mulai dari 35% pada pertengahan bulan ini. Pemerintah AS bahkan merekomendasikan tarif impor sebesar 55%, turun menjadi 45% pada tahun kedua, dan 35% pada tahun ketiga sebelum tarif itu dihilangkan.

PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) berencana membeli saham perusahaan pertambangan PT Anugrah Karya Raya guna mendukung ekspansi perseroan ke depan. “Saya tidak bisa menyampaikan berapa nilai pembelian saham itu. Saat ini saya belum bisa menyampaikan detail apa pun atas rencana itu,” kata Direktur Utama AKR Haryanto Adikoesoemo, kemarin.

Dia mengatakan saat ini perseroan sedang melaksanakan uji tuntas (due diligence) atas rencana pembelian saham itu. Direktur AKR Corporindo Jimmy Tandyo mengatakan transaksi tersebut bukan merupakan transaksi material seperti yang diatur dalam Peraturan Bapepam-LK No. IX.E.2 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha Utama.

Transaksi itu juga bukan merupakan transaksi afiliasi atau transaksi benturan kepentingan seperti yang diatur dalam Peraturan Bapepam-LK No. IX. E.1 tentang Transaksi Afiliasi dan Benturan kepentingan Transaksi Tertentu.

Adapun, belum lama ini AKR melakukan perjanjian gadai saham terkait dengan transaksi penjaminan fasilitas kredit US$60 juta. AKR menggadaikan saham perseroan di PT Jakarta Tank Terminal (JTT) dalam kesepakatan (term facility agreement) pada 5 Mei 2009.

Perjanjian tersebut dilakukan antara JTT, Deutsche Investitions Und Entwicklungsgesellschaft MBH (DEG) dan Nederlanse Financierings-Maatschappij Voor Ontwikkelingslanden NV (FMO).

JTT bertindak sebagai peminjam. FMO sebagai agen fasilitas, Citicorp International Limited (Citicorp) sebagai offshore security agent, dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk sebagai onshore security agent.

JTT merupakan anak perusahaan dari perseroan dan Vopak Indonesia B.V (Vopak Indonesia). AKR memiliki 116.564 saham dalam JTT atau mewakili 51% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam JTT. Vopak Indonesia memiliki 111.993 saham pada JTT atau mewakili 49% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam JTT.

Pada penutupan perdagangan kemarin, harga saham emiten berkode AKRA ini ditutup pada level Rp1.000 atau naik 1,01% dibandingkan dengan penutupan perdagangan 28 September 2009, yaitu Rp990. Mengacu kepada harga saham itu, kapitalisasi pasar Rp3,12 triliun.

Dua eksekutif Northstar Pacific Partners Limited hari ini diperkirakan resmi masuk jajaran direksi PT Delta Dunia Property Tbk (DOID) setelah mengantongi restu dari pemegang saham.

Seorang eksekutif yang mendengar informasi itu mengatakan dua utusan resmi dari Northstar adalah Lukman Tirtaguna dan Ariani Vidya Sofjan.

“Setelah disetujui oleh rapat umum pemegang saham luar biasa hari ini, kedua eksekutif Northstar itu resmi masuk manajemen Delta Dunia. Lukman pernah berkarier di Danareksa Sekuritas dan Bahana Securities, sedangkan Ariani Sofjan [dikenal dengan panggilan Rani Sofjan] sebelumnya analis Mandiri Sekuritas dan Bahana Securities,” ujarnya kepada Bisnis kemarin.

Dirut Gunawan Angkawibawa dan Direktur Henry Kurniawan Latief tetap dipertahankan, sedangkan Direktur Ricardo Suhendra Wirjawan diganti. Lukman tidak merespons telepon selulernya ketika dikonfirmasi mengenai hal itu.

Dengan masuknya dua eksekutif Northstar tersebut, katanya, hal itu membuktikan peranan Northstar sebagai pemegang saham Delta Dunia. Delta Dunia merupakan perusahaan milik Edy Suwarno yang membeli saham perusahaan kontaktor pertambangan batu bara terbesar kedua di Indonesia, PT Bukit Makmur Mandiri Utama, senilai US$500 juta. Selain itu, Delta juga berencana melepas saham ke pasar. “Dari saham itu, Northstar kemungkinan menyerap 35%-45% saham Delta Dunia.”

PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) menjajaki penerbitan obligasi dengan kisaran nilai Rp200 miliar-Rp300 miliar pada semester kedua tahun ini untuk mendanai ekspansi penyaluran kredit baru (booking).

Direktur BFI Finance Indonesia Cornellius Henry Kho mengatakan kebutuhan dana selalu ada guna mendorong pertumbuhan ekspansi booking lebih tinggi lagi. Penerbitan surat utang tersebut, katanya, merupakan langkah jangka pendek perseroan guna menutupi kebutuhan dana tersebut.

“Untuk semester kedua hingga akhir tahun ini agenda jangka pendek kami adalah menerbitkan obligasi dan pembukaan beberapa cabang,” katanya kepada Bisnis, kemarin.

Dia mengatakan untuk sementara ini perusahaan sekuritas yang akan menjamin emisi (underwriter) penerbitan obligasi tersebut ialah PT Danareksa Sekuritas yang juga sering menangani aksi korporasi perseroan. “Saat ini sudah ada penjamin emisi obligasi itu. Rencana pastinya kapan itu masih kami bahas termasuk dengan besaran fix-nya,” katanya.

Perusahaan, katanya, mematok pembiayaan baru Rp1,2 triliun pada semester II/2009 untuk melengkapi kesempurnaan total target yang dicanangkan pada tahun ini sebesar Rp2 triliun.

Rabu, 30/09/2009 08:55 WIB
MACO, FREN, DOID, CPDW gelar RUPS hari ini
oleh : Berliana Elisabeth S.

Cetak Kirim ke Teman Komentar
JAKARTA (Bisnis.com): Empat emiten Bursa Efek Indonesia hari ini akan menggelar rapat umum pemegang saham/luar biasa (RUPS/RUPSLB) yakni Cipendawa, Courts Indonesia, Mobile-8, dan Delta Dunia Petroindo.

PT Courts Indonesia Tbk (MACO) akan menggelar RUPS hari ini, Rabu 30 September 2009, mulai pukul 9.30 WITA di Ruang Rapat Perseroan, Jl. Cokoramninoto 33A, Denpasar Bali. Agenda yang akan dibahas: 1. Laporan pertanggungjawaban direksi perseroan mengenai kegiatan perseroan untuk tahun yang berakhir pada 31 Maret 2009. 2. Pengesahan laporan Kuangan Tahunan Perseroan untuk tahun yang berakhir pada 31 Maret 2009. 3. Penentuan dan persetujuan penggunaan laba perseroan. 4. Persetujuan penunjukan Akuntan Publik untuk tahun yang berakhir pada 31 Maret 2010 Penentuan gaji dan/atau tunjangan lainnya bagi para anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

PT Mobile-8 Tbk (FREN) akan menggelar RUPS pada pukul 14.00 WIB di Menara Kebon Sirih, Lt. Ruang Auditorium Jl. Kebon Sirih, No.17, Jakarta 10340. Agenda pembahasan: 1. Pemberian persetujuan untuk mengeluarkan efek bersifat ekuitas tanpa memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu. 2. Pemberian wewenang kepada direksi peseroaan dengan persetujuan dewan komisaris untuk melaksanakan pengeluaran efek bersifat ekuitas tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu. 3. Lain-lain.

PT Delta Dunia Petroindo Tbk (DOID)� akan mengadakan RUPS mulai pukul 10.00 WIB di Hotel Ambhara, Ruang Rajawali, Lt.1, Jl. Iskandarsyah Raya Jakarta 12160. Agenda yang akan diusung: 1.Persetujuan untuk menjaminkan sebagian besar atau seluruh asset dan/atau kekayaan perseroan dan/atau anak perusahaan dalam kaitannya dengan pinjaman/pembiayaan yang akan diperoleh perseroan yang berlaku sampai dengan penyelenggaraan RUPS Tahunan Perseroan berikutnya.

Aegnda selanjutnya yakni persetujuan atas rencana transaksi pengambilalihan saham-saham dalam PT Bukit Makmur Mandiri Utama, suatu perusahaan yang berkedudukan di Jakarta sesuai dengan yang disyaratkan oleh Peraturan Bapepam No. IX.E.2 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha Utama. 3. Persetujuan perubahan Kegiatan Usaha Utama Perseroan sesuai dengan yang disyaratkan Peraturan Bapepam No. IX.E.2 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha Utama. 4.Persetujuan atas perubahan Anggaran Dasar Perseroan sehubungan dengan perubahan kegiatan usaha utama perseroan.

Terakhir, PT Cipendawa Tbk (CPDW) juga akan menggelar RUPSLB.

Rabu, 30/09/2009 08:32 WIB

Dow melemah, IHSG berpotensi mix-naik

oleh : Berliana Elisabeth S.

JAKARTA (Bisnis.com): Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi mix dengan potensi naik. Sentimen dari bursa global dan regional serta harga komoditas masih akan memengaruhi pergerakan indeks.

Mega Capital Indonesia mengatakan IHSG diprediksi bergerak pada kisaran 2.410-2.460 dengan target intraday support dan resistance berikutnya berada pada kisaran 2.380-2.475.

Pada perdagangan kemarin IHSG ditutup naik 1,92%. Sejak awal perdagangan IHSG berada diteritori positif dan berhasil mempertahankan posisinya hingga akhir perdagangan. Semua sektor mengalami penguatan dengan penguatan terbesar dari sektor aneka industri dan manufaktur. Indeks bursa Asia ditutup menguat. Rupiah ditutup melemah tipis pada level 9.685 per dolar AS.

Indeks Wall Street AS ditutup melemah. Pada sesi awal perdagangan saham, bursa Wall Street sempat dibuka menguat tetapi kemudian melemah setelah keluarnya data indeks kepercayaan konsumen untuk September yang lebih buruk dari estimasi. Penurunan indeks kepercayaan konsumen ini menggaris bawahi kekhawatiran tentang keuangan pribadi di tengah buruknya pasar tenaga kerja dalam 36 terakhir. Pada perdagangan kemarin Dow Jones terkoreksi 0,48%, Nasdaq ditutup turun 0,31% dan S&P 500 ditutup melemah 0,22%.

Saham Nike berhasil membukukan penguatan setelah melaporkan keuntungan kuartalan di atas estimasi Wall Streets. Mayoritas saham sektor farmasi pada perdagangan kemarin juga mengalami penguatan dipimpin oleh saham Walgreen setelah melaporkan laba bersih di atas estimasi pasar. Penurunan harga minyak mentah dunia diikuti terkoreksinya saham-saham berbasis energi dengan penurunan terbesar dialami oleh saham Chevron. Seiring dengan keluarnya data Case-Shiller Housing Price Index untuk Juli yang lebih baik dari estimasi dan menandakan adanya kestabilan dalam pasar perumahan, mendorong penguatan sektor konstruksi.

Mega Capital menambahkan saham Moody’s dan McGraw-Hill juga mengalami penguatan setelah adanya komentar dari analis yang mengatakan bahwa perusahaan rating berada pada posisi yang baik setelah penerbitan utang berhasil meningkatkan kinerja perseroan secara tahunan.

Pagi ini harga minyak mentah diperdagangkan melemah pada level US$66,47 per barel didorong oleh kekhawatiran tentang permintaan setelah keluarnya data indeks kepercayaan konsumen yang lebih buruk dari estimasi. Harga emas pagi ini diperdagangkan menguat pada level US$993,1 per ounce. Indeks di kawasan Asia pagi ini dibuka menguat tipis.

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s