1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

cekak tapi nekat, ga jalan di bursa … seh : 031009 3 Oktober 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:33 am

Modal Minim Jadi Kendala Transaksi AB
Jum’at, 2 Oktober 2009 – 16:54 wib

Widi Agustian – Okezone

JAKARTA – Selain minimnya Anggota Bursa (AB) yang belum mau bertransaksi di lantai bursa, ternyata minimnya modal investor juga ditenggarai menjadi penyebab produk derivatif belum terserap pasar secara maksimal.

“AB yang melakukan transaksi hanya sebanyak 34,” kata Dirut Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito, di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (2/10/2009).

Dia menyebutkan, beberapa produk derivatif di BEI yang sudah secara resmi ditransaksikan adalah kontrak opsi saham, kontrak berjangka indeks (LQ 45 Futures).

Produk derivatif, dijelaskannya merupakan produk turunan dari produk utama baik yang bersifat penyertaan maupun utang. Produk derivatif merupakan kontrak atau perjanjian yang nilai atau peluang keuntungannya terkait dengan kinerja aset lain. Aset lain ini biasanya disebut sebagai underlying assets.

Sekadar informasi, derivatif digunakan oleh manajemen investasi atau manajemen portofolio, perusahaan dan lembaga keuangan serta investor perorangan untuk mengelola posisi yang mereka miliki terhadap risiko dari pergerakan harga saham dan komoditas, suku bunga, nilai tukar valuta asing tanpa mempengaruhi posisi fisik produk yang menjadi acuannya (underlying). (ade)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s