1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

kalo dipisah, maseh bisa pinjam margin khan … : 031009 3 Oktober 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 8:21 am

Jumat, 02/10/2009 01:15 WIB

Rekening nasabah dan sekuritas dipisahkan

oleh :

JAKARTA: Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) berencana memisahkan rekening dana nasabah dengan rekening dana sekuritas pada tahun ini untuk meningkatkan transparansi di pasar modal.

“Kami harapkan tahun ini semua peraturannya bisa selesai cepat, sudah mengerucut sekali pembicaraannya dan hampir jelas,” ujar Ketua Bapepam-LK Ahmad Fuad Rahmany kepada pers kemarin.

Dia mengatakan otoritas pasar modal berniat merampungkan peraturan otoritas pasar modal dan peraturan pendukung dari self regulatory organization (SRO).

Direktur PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Risbadi Purbowo mengatakan ketentuan tentang rencana pemisahan dana nasabah dengan dana sekuritas akan menjadi peraturan salah satu SRO itu.

Dia menjelaskan, otoritas pasar modal dan SRO itu sedang meminta izin kepada Bank Indonesia untuk menyambungkan aliran data dana dari empat bank pembayar KSEI milik nasabah. Bank pembayar KSEI adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Permata Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, dan PT Bank Central Asia Tbk.

Sehingga, lanjutnya, setiap nasabah dapat memiliki dana di rekeningnya sendiri yang terpisah dari milik sekuritas tempatnya berinvestasi.

“Rekening dana masih satu nama, milik sekuritas, sehingga potensi diselewengkan masih lebih besar, seperti kasus PT Sarijaya Permana Sekuritas.”

Dalam kasus Sarijaya, oknum pemilik sekuritas itu menggunakan dana nasabah yang menganggur untuk diinvestasikan di pasar modal.

Kasusnya terungkap awal tahun ini setelah terjadi kejatuhan pasar modal yang membuat investasi pemilik sekuritas itu anjlok dan tidak dapat dikembalikan kepada nasabah. Risbadi menjelaskan diharapkan dengan adanya rekening dana nasa-bah yang terpisah dengan sekuritas, kasus seperti Sarijaya dapat dihindari.

Dia menjelaskan dengan adanya pemisahan rekening dana yang jelas itu, nasabah juga dapat mengawasi rekeningnya seperti halnya pengawasan pada rekening efeknya. Saat ini nasabah pasar modal sudah dapat memantau rekening efeknya melalui fasilitas investor area.

Selain penyambungan data, Risbadi mengatakan SRO dan otoritas pasar modal juga berupaya memonitor data nasabah dan sedang meminta izin dari Bank Indonesia untuk membuka data tersebut. (21)

Bisnis Indonesia

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s