1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

order transaksi 071009 (kata kunci … ambil LABA) 7 Oktober 2009

Filed under: JUAL beli HARIAN — bumi2009fans @ 8:38 am

order beli bumi:
3000
order jual bumi:
3175
3200
order beli bumi tambahan:
3050
order beli bumi:
3050 full matched
order jual bumi tambahan:
3075
… sesuai kata kunci, bumi setelah meloncat ke 3175, langsung terjerembab ke 3025 dan mulai mantul naek ke 3075 lage dengan sinyal jenuh beli …
order jual bumi:
3075 full matched
order beli bumi tambahan:
3075
order jual bumi tambahan:
3125
order beli bumi:
3075 full matched
order jual bumi tambahan:
3100
order beli bumi tambahan:
3025
order jual bumi tambahan:
3050
order jual bumi :
3050 full matched
… 45 menit buka, sinyal bumi reversal pattern ke jual kuat …
order beli bumi:
3025 full matched
3000 full matched
order beli bumi tambahan:
2925
2975
order jual bumi tambahan:
3000
3025
… sinyal jual kuat masih betah di bumi hampir 1 jam buka … 80 menit menuju jeda, bumi mulai memperlihatkan akan memasuki reversal pattern ke beli lage … minimal ekuilibrium beli dan jual di 3050 mungkin tercetak …
order beli bumi:
2925 full matched
2975 full matched
… jelas sekali 65 menit jelang jeda, bumi adalah index mover sehingga ihsg dan bumi sama2 MERAH … karena blue chips rata2 maseh OKE IJO …
order jual bumi tambahan:
2950
order jual bumi:
2950 full matched
order beli bumi tambahan:
2900
… 55 menit jelang jeda, bumi mantul naek setelah reversal pattern muncul di jenuh jual menuju beli lemah dulu ke 2950 …
order jual bumi tambahan:
2975
order beli bumi tambahan:
2950
… secara teknikal sudah terjadi reversal pattern sinyal jenuh jual mulai melemah dan kembali mantul ke medium bb di 3000 sekira 30 menit jelang jeda …
order jual bumi:
2975 full matched
3000 full matched

Rabu, 07/10/2009 11:35 WIB
Asing Tunggu Hasil Munas Golkar, Saham BUMI Ambles
Indro Bagus SU – detikFinance

Jakarta – Kejatuhan tajam saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) pada perdagangan sesi I hari ini disertai aksi penjualan investor asing secara masif. Investor asing menunggu hasil akhir Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar.

“Salah satu yang menjadi perhatian investor asing tentu hasil munas Golkar yang sekarang sedang berlangsung,” ujar PT BNI Securities, Muhammad Alfatih saat dihubungi detikFinance, Rabu (7/10/2009).

Sebagaimana diketahui, pengusaha sekaligus politikus Aburizal Bakrie saat ini sedang bersaing dengan raja media Surya Paloh dan mantan pangeran zaman Orde Baru Hutomo Mandala Putra untuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar.

Hasil akhir dari munas ini belum dapat dipastikan. Aburizal Bakrie yang tampaknya mendapatkan saingan keras dalam perebutan kursi panas tersebut, diduga membuat pelaku pasar bereaksi terhadap keputusan investasinya di saham BUMI.

“Kita melihat ini sentimen sesaat. Namun asing biasanya memang sangat memperhatikan aspek politik dari saham-saham grup Bakrie terutama BUMI. Sepertinya pelaku pasar, baik asing maupun domestik sedang menanti hasil munas Golkar,” jelas Alfatih.

Padahal, lanjut Alfatih, secara kinerja fundamental tidak ada masalah signifikan pada saham BUMI, sehingga aksi penjualan masif yang menjatuhkan saham BUMI secara tajam hari ini, menurutnya bukan didorong oleh faktor kinerja.

“Secara fundamental, BUMI tidak ada masalah. Pertumbuhannya sangat baik, meskipun saat ini ada wacana seputar utang BUMI dengan CIC (China Investments Corporation). Tapi saya kira itu bukan sebab utama sentimen negatif BUMI,” ujarnya.

Alfatih juga melihat masalah gagal bayar PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) sedikit banyak juga memberikan sentimen negatif pada seluruh saham-saham grup Bakrie.

“Tentunya masalah Bakrie Life juga berpengaruh. Investor akan melihat bagaimana grup Bakrie melakukan penyelesaian atas masalah ini. Ini akan berpengaruh terhadap sentimen seluruh saham grup Bakrie,” ujarnya.

Saham BUMI hari ini jatuh tajam, sempat menembus level Rp 2.900, jatuh Rp 175 (5,69%) dari penutupan kemarin Rp 3.075. Motor utama kejatuhan saham BUMI adalah penjualan masif oleh broker-broker berbendera asing.

PT Kim Eng Securities (ZP) tercatat melakukan penjualan paling banyak sebesar 51,326 juta saham. PT Macquarie Capital Securities Indonesia (RX) menjual BUMI sebanyak 43,555 juta saham. PT CLSA Indonesia (KZ) juga ikutan menjual sebanyak 28,185 juta saham.

Total penjualan ketiga broker berbendera asing tersebut sebanyak 123,066 juta saham BUMI. Penjualan masif itu membuat nilai transaksi BUMI membengkak tajam mencapai Rp 1,145 triliun hingga berita ini ditulis.

Dari nilai tersebut, nilai penjualan asing atas saham BUMI mencapai Rp 225,448 miliar dengan nilai jual bersih asing (foreign net selling) mencapai Rp 171,179 miliar.

Penjualan asing pada saham BUMI sangat besar, hampir separuh dari total nilai penjualan asing di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini yang mencapai Rp 619,182 miliar.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang dibuka naik cukup besar, kini bertengger di teritori negatif di level 2.524 terseret oleh besarnya aksi penjualan saham BUMI.

(dro/qom)
kata inilah.com :
07/10/2009 – 08:58
Munas Golkar Rumus Utama BUMI
Ahmad Munjin

(inilah.com /Dokumen)
INILAH.COM, Jakarta – Saham PT Bumi Resources (BUMI), Rabu (7/10) diprediksikan menguat seiring kenaikan harga minyak dunia ke level US$ 71 per barel. Selain itu Munas Partai Golkar pun akan mendominasi sentimen penggerak BUMI. Strong buy BUMI!

Pengamat pasar modal, Willy Sanjaya mengatakan, potensi penguatan BUMI hari ini terdorong kenaikan harga komoditas minyak dunia ke level US$ 71 per barel. Bahkan, berpeluang menembus US$ 72 per barel. Karena itu, potensi upside BUMI sangat terbuka.

Namun, Willy mengingatkan investor agar fokus pada isu yang beredar seputar Munas Partai Golkar yang sekarang sedang berjalan. Perjalanan Munas menjadi rumus utama pergerakan saham sejuta umat ini.

“BUMI akan bergerak pada kisaran support Rp 3.000 dan Rp 3.350 untuk level resistance-nya,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Selasa (6/10) petang.

Pada perdagangan kemarin, saham BUMI ditutup melemah Rp 75 (2,38%) ke Rp 3.075. Harga tertingginya mencapai Rp 3.175 dan terendahnya Rp 3.050. Sedangkan volume transaksi mencapai 213,9 juta unit saham senilai Rp 665,7 miliar dan frekuensi 7.911 kali.

Menurut Willy, BUMI sudah menciptakan support sangat kuat di level Rp 3.000 dan level ini tidak berhasil ditembus ke bawah. Karena itu, level ini merupakan posisi yang sangat aman bagi investor untuk masuk. “Masuk di level ini investor tidak akan menemui masalah,” ujarnya.

Investor juga masih memiliki ruang untuk meraih gain yang besar karena level resistance saham produsen batubara thermal ini berada di level Rp 3.350 per lembar.

Lebih jauh Willy mengatakan, koreksi BUMI kemarin terjadi seiring berhembusnya isu di pasar, suara dari Jusuf Kalla berpihak ke Surya Paloh. “Tapi, kita melihat kekuatan dari Aburizal Bakrie sendiri masih sangat kuat,” paparnya.

Koreksi BUMI kemarin seiring ucapan Ketua Umum Golkar, Jusuf Kalla yang ditujukan kepada Ketua Umum DPP yang nantinya terpilih di Munas VIII. JK memaparkan, parpol selalu memiliki dua pilihan atas kekuasaan yaitu memegang kekuasaan atau mengontrol kekuasaan.

“Tidak ada pilihan ketiga. Kekuasaan adalah hal yang baik. Apabila tidak bisa berkuasa maka kita harus mengontrol kekuasaan,” papar JK di Hotel Labersa, Pekanbaru, Riau, Senin (5/10). Menurut Willy, pasar menafsirkan pernyataan ini sebagai keberpihakan JK kepada Surya Paloh.

Apakah hal itu benar atau tidak, investor tetap mendengarnya demikian. Tapi, pada dasarnya pasar tidak bisa memutuskan siapa yang akan menang menjadi ketua umum pada 8 Oktober nanti. “Sebelum keputusan itu mutlak menjadi pemenangnya, di sinilah rumors itu yang akan memegang kendali pergerakan BUMI,” tandasnya.

Berita sesaat terkait Munas, akan menggerakkan saham-saham ‘The Seven Brothers’ termasuk BUMI. Termasuk apakah hari ini Aburizal Bakrie memiliki tambahan suara atau memiliki satu manuver baru. “Ini akan menjadi sentimen positif terutama bagi BUMI dan BNBR (PT Bakrie & Brothers),” imbuhnya.

Willy melihat dalam dua hari transaksi ini, kedua saham ini memiliki daya tahan di angka-angka tertentu. “Seperti kemarin, BNBR dikoleksi oleh investor asing, dan BUMI juga,” tukasnya.

Ia meyakini rumors suara JK berpihak ke Surya Paloh, tidak akan menjadi sentimen negatif lagi terhadap BUMI hari ini. “Sentimen lain tergantung perkembangan Munas Golkar,” timpalnya.

Sementara itu, dari sisi sentimen market, sebenarnya tidak perlu lagi ada ketakutan bagi investor karena sudah pecah di atas level 2.500. Diperkirakan saat SBY dilantik 20 Oktober mendatang, indeks sudah menuju 2.700-an. “Otomatis keadaan ini sangat kondusif bagi penguatan BUMI,” ungkapnya.

Pasalnya, BUMI merupakan salah satu penggerak indeks. Menurutnya, dalam keadaan diguncang gempa yang sangat kuat pun investor asing tetap masuk ke bursa Indonesia. “Bayangkan saja, Munas Golkar bisa mengangkat indeks sangat tinggi. Bagaimana nanti pelantikan menteri, dan bagaimana nanti pelantikan presiden!” tuturnya.

Sementara sentimen positif lain juga masih datang dari aksi korporasi perseroan seperti penawaran BUMI terhadap Herald. Ia yakin hal ini masih akan menjadi sentimen positif bagi BUMI. “BUMI mengajukan untuk menguasai Herald lebih banyak lagi,” bebernya.

Aksi korporasi lainnya pun dipastikan muncul setelah Munas Golkar. Apalagi, China Invesment Corporation (CIC) memberikan pinjaman sebesar US$ 1,9 miliar, bukanlah tanpa sebab. “CIC percaya bahwa fundamental BUMI memang hebat,” urainya.

Untuk itu, Willy merekomendasikan strong buy untuk saham sejuta umat ini karena posisinya saat ini yang sangat aman. Ia memperkirakan BUMI akan mencapai Rp 5.000 pada Februari-Maret 2010.

Jika Aburizal Bakrie menang menjadi ketua umum partai berlambang pohon beringin itu, BUMI akan berada di level Rp 3.500 dan di akhir tahun ditargetkan ke Rp 3.800. Sementara BNBR ditargetkan mencapai Rp 170 per lembar saham. “Pasar lebih baik konsentrasi ke Munas Golkar tiga hari ke depan ini,” pungkasnya. [mdr]
—————————————————– saham lain
order beli adro:
1400
1430
order beli adro:
1430 full matched
order beli adro tambahan:
1420
—————————————————– saham lain
order beli trub:
165
order jual trub:
170
order beli trub:
165 full matched
order beli trub tambahan:
166
order beli trub:
166 full matched
—————————————————– saham lain
order beli indy:
2400
order jual indy:
2525
—————————————————– saham lain
order beli elsa:
345
order jual elsa:
370
—————————————————– saham lain
… sinyal ihsg beli masih kuat, tapi sulit memastikan apakah batas atas bollinger bands di 2550 bisa disentuh lage … medium bb di 2533, ini sementara sedang dituju ihsg … namun kekuatan beli masih terngiang-ngiang sehingga ihsg tercekam di rentang 2537-2536 … ihsg mulai beranjak ke 2539 dengan sinyal jenuh beli makin terasa …
… 75 menit ke jeda, bener aja kata kunci : ambil laba berlanjut terus … sinyal jual terus menguat hingga ihsg di 2528, berada di bawah medium bb 2530 … akan menuju support di batas bawah bb : 2517 kah … well, seharusnya sudah terjadi mantul naek saat sinyal jenuh jual terjadi di 2525 dan reversal pattern timbul ke 2530 lage …
… 70 menit ke jeda, jelas KATA KUNCI AMBIL LABA masih berlaku … 2522 adalah ihsg 65 menit menuju jeda, yaitu saat ihsg memasuki area jenuh jual … sehingga ekspektasi mantul naek seharusnya tidak terhindarkan … volume lot transaksi ihsg adalah cukup besar di sesi 01 ini …
… ihsg bersinyal jenuh jual sudah di 1 jam jelang jeda … medium bb di 2533 masih terlalu tinggi untuk dikejar ihsg saat ini, tapi dengan bekal reversal pattern di 2520, bisa saja slowly but sure terkejar juga … well, liat dulu dah …
… 25 menit ke jeda, ihsg mulai semakin nyata berpola reversal mantul naek ke medium bb di 2533, sementara bertahta di 2525 …
… 10 menit ke jeda, ihsg mencium IJO royo-royo lage di 2528 …
—————————————————– saham lain
REKOMENDASI SAHAM INVESTOR DAILY 7 Oktober 2009
07/10/2009 07:16:25 WIB
Trimegah Securities
Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) masih menyisakan potensi penguatan hari ini setelah beberapa saham berkapitalisasi besar ditutup di atas level resistance. Kenaikan indeks juga ditopang sentimen positif dari pasar global dan regional. Indeks diproyeksikan bergerak naik pada kisaran 2.480 – 2.550.

E-Trading Securities
Indeks kemungkinan melaju menju kisaran 2.500-2.575 setelah berhasil menembus level psikologis 2.500. Penguatan indeks akan ditopang kenaikan harga minyak mentah dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Pada perdagangan kemarin, indeks mencapai level tertinggi baru pada 2.528,14 yang ditopang saham SMCB, ASII, BMRI, UNTR, BBRI, INDF.

Panin Sekuritas
Indeks berpeluang melanjutkan penguatan terbatas hari ini. Indeks mencoba menguji level resistance 2.560 dan support 2.489. Namun demikian, pemodal harus tetap mewaspadai kemungkinan aksi ambil untung (profit taking), menyusul lonjakan harga sejumlah saham beberapa hari terakhir. Pada perdagangan kemarin, indeks melonjak dipicu penguatan harga minyak dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

PREDIKSI INVESTOR DAILY 7 Oktober 2009: Penguatan Indeks Mulai Terbatas
07/10/2009 07:13:47 WIB
Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) berpotensi melanjutkan penguatan hari ini. Pada perdagangan kemarin, indeks melonjak 47,73 poin atau 1,92% menjadi 2.528,15.

Analis PT Panin Sekuritas Purwoko Sartono mengatakan, kenaikan indeks kemungkinan terbatas pada perdagangan hari ini, menyusul kekhawatiran aksi ambil untung (profit taking) saham. “Indeks akan mencoba menguji level atas 2.560. Apabila tekanan profit taking besar, indeks kemungkinan koreksi menuju support 2.489,” ujarnya kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (6/10).

Ekspektasi penguatan indeks ditopang rebound bursa Dow Jones serta membaiknya indeks bursa regional pada perdagangan kemarin. Menurut dia, investor asing dan domestik juga gencar membeli saham-saham unggulan. Hal ini dipicu ekspektasi membaiknya perekonomian global pada kuartal IV-2009.

Pada perdagangan kemarin, nilai transaksi saham mencapai Rp 4,88 triliun dengan volume sebanyak 12,65 juta lot. Sebanyak 110 saham ditutup naik, 97 saham melemah, 62 saham ditutup stagnan, dan 195 saham tidak diperdagangkan. Pemodal asing melakukan pembelian saham (net buying) bersih sebesar Rp 238 miliar.

Saham-saham unggulan memimpin penguatan indeks kemarin, seperti saham PT Astra International Tbk (ASII) naik sebesar Rp 2.400 (7,45%) menjadi Rp 34.600, PT United Tractor Tbk (UNTR) menguat Rp 800 (5,23%) menjadi Rp 16.100, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) naik Rp 400 (5,19%) menjadi Rp 8.100, PT Telkomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) naik Rp 100 menjadi Rp 8.600, dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menguat Rp 275 (5,64%) menjadi Rp 5.150.

Penguatan serupa juga terjadi di bursa Asia, seperti indeks Hang Seng naik 382,46 (1,87%) menjadi 20.811,53, Nikkei menguat 17,31 poin (0,18%) menjadi 9.691,80, dan Straits Times naik 32,25 (1,25%) menuju level 2.616,08 (epa)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s