1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

pelanggaran v. image building v. perburuan nasabah … 8 Oktober 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 9:44 am

Rabu, 07/10/2009 10:56 WIB

Kompetisi online, image building atau perburuan nasabah?

oleh : Nana Oktavia Musliana

Hampir 1 tahun terakhir semakin marak kompetisi yang mentransaksikan beberapa kontrak berjangka mulai dari simulasi perdagangan hingga transaksi secara online dan real time. Entah apakah itu sekadar upaya menarik investor baru atau bukan, kompetisi seperti itu terbilang cukup menarik karena beberapa di antaranya menyuguhkan hadiah utama berupa kendaraan mewah, seperti Mercedes Bens, Harley Davidson hingga tur ke Eropa.

Sebut saja kompetisi yang digelar duet PT Monex Investindo Futures (MIF) dan PT International Mitra Futures (IMF). Kompetisi yang dinamai ‘Gebyar Online Trading’ itu diselenggarakan mulai 31 Agustus hingga 28 November 2009.

Monex mengakui ini adalah program pemasaran yang terkait dengan program Customer Relationship Management (CRM) perusahaan tersebut guna membentuk loyalitas pelanggannya. Untuk itulah, kegiatan ini terbuka untuk para nasabah perusahaan, para calon nasabah hingga masyarakat umum yang tentunya mensyaratkan mereka untuk menjadi nasabah terlebih dulu.

Di luar tujuan tersebut, perusahaan pialang berjangka yang tercatat unggul dalam hal volume transaksi tersebut juga berniat melakukan edukasi mengenai manfaat investasi berjangka secara online terhadap masyarakat luas.

Agar masyarakat tidak merasa terjebak dalam upaya mencari nasabah semata, perusahaan memberi tuntunan informasi yang dibutuhkan oleh nasabah pada saat bertransaksi.

Apalagi dalam sebuah kompetisi yang jelas memperebutkan hadiah istimewa, nasabah tentunya harus mempersiapkan diri baik pengetahuan mengenai kontrak, fundamental, teknik maupun secara mental. Tuntunan ini sangat penting karena di sinilah poin edukasi itu ditegaskan.

Kegiatan serupa pernah dilakukan PT Asia Kapitalindo Komoditi Berjangka dengan menggandeng Vibiz Consulting sebagai ujung tombak konsultan investasinya. Membanderol kegiatannya dengan nama ?National Trading Competition?, perusahaan pialang berjangka itu menawarkan pengalaman bertansaksi secara online dan real time.

Total hadiah hingga Rp1,5 miliar dengan hadiah utama berupa Mercedes Benz C200K merupakan pemanis yang menarik. Oleh karena itu, tidak heran kompetisi yang mulai digelar akhir 2008 dan berakhir Februari 2009 itu menarik banyak peminat.

Melalui acara tersebut, Asia Kapitalindo juga merujuk faktor edukasi kepada masyarakat mengenai peluang ganda yang ditawarkan di pasar berjangka.

Image building

Di samping persepsi bahwa kompetisi semacam ini hanya upaya perusahaan untuk berburu nasabah pada saat krisis, tidak dapat dimungkiri upaya ini juga mendukung pembangunan kesan positif bagi industri berjangka.

Setelah satu dasawarsa, bursa berjangka belum juga likuid dan masih sarat dengan kesan negatif.

Apalagi setelah bermunculan berbagai kasus pelanggaran yang melibatkan banyak nasabah, industri berjangka sepertinya berpotensi ditinggalkan nasabah. Kompetisi-kompetisi semacam itu seolah memberikan angin segar bagi industri tersebut selain menegaskan bahwa tak semua pialang bermasalah.

Dengan tuntunan informasi dan edukasi, masyarakat tentunya akan memahami cara bertransaksi yang benar sekaligus mengetahui cara pengelolaan risiko.

Baik diselenggarakan baik secara duet maupun individual, kompetisi ini merupakan satu kontribusi penting dari pelaku usaha terhadap kemajuan bisnis berjangka itu sendiri.

Jangan sampai ada kesan yang muncul bahwa ini hanya upaya perburuan nasabah semata tanpa mengindahkan kondisi yang ada di pasar. Ya, business is business, tetapi bisnis tanpa pengelolaan yang benar dan kepedulian terhadap kondisi industri itu tidak akan membuat kemajuan yang berarti.(nana.oktavia@bisnis.co.id)

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s