1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

lage teori maen risiko dan LABA … 12 Oktober 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 11:30 pm

Bernhard Sumbayak
Founder & Chairman Vibizconsulting
Taktik Bermain Saham Yang Aman
Senin, 12 Oktober 2009 15:42 WIB

Bermain saham atau lebih tepat disebut berinvestasi saham tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang, maksudnya dapat dipelajari. Sebelumnya, Anda harus belajar bermain saham terlebih dahulu. Seperti juga sebuah permainan dalam olah raga maupun musik, tentu ada aturan mainnya. Mengapa? Karena kita menggunakan uang real atau uang nyata untuk membeli saham.

Kita tentu sering mengetahui banyak orang menggunakan istilah main, baik dalam olah raga maupun musik, misalnya main sepakbola, main golf, main tenis atau main piano, main gitar dan sebagainya. Kata ”main” disini bisa berarti bermain-main, bukan bertanding meraih gelar atau juara. Namun, kata ”main” akan sama sekali berbeda maknanya ketika permainan olah raga atau musik dipertandingkan untuk memenangkan atau meraih kejuaraan.

Sebelum pertandingan, setiap peserta akan melatih dirinya sedemikian rupa termasuk belajar dari kesalahan-kesalahan dari kejuaraan sebelumnya, sehingga kata ”main” maksudnya telah berubah makna, bukan lagi bermain-main, karena dalam suatu pertandingan, tentu tidak semua peserta mendapatkan hadiah atu piala. Ada peserta yang menang dan ada peserta yang kalah. Walaupun demikian, saham sangat berbeda dengan permainan olah raga atau musik.

Investasi saham, melibatkan pembeli dan penjual dan kedua-duanya dimungkinkan untuk mendapatkan keuntungan. Jadi tidak ada pihak yang kalah dan rugi.

Dalam investasi, kata ’main’ pun sering digunakan, misalnya main saham. Investasi di pada saham adalah salah satu jenis investasi yang dapat menghasilkan pendapatan yang berarti.

Investasi dapat dilakukan ke dalam berbagai instrument keuangan dan investasi saham hanyalah salah satu dari sekian banyak jenis investasi yang ada.Anda pasti tahu instrumen investasi lainnya yang sudah banyak dikenal di mata awam seperti emas, dan juga properti. Namun, dengan belajar main saham, Anda akan menjumpai beberapa perbedaan yang tidak akan Anda peroleh apabila berinvestasi pada instrumen keuangan yang lainnya.

Di masa sekarang ini, main saham adalah hal yang sudah sangat umum. Alasannya sederhana saja, Anda tentu mengetahui bahwa instrumen perbankan seperti deposito,mislanya memberikan tingkat hasil atau bunga atas investasi yang amatlah kecil. Jika Anda berharap mendapatkan penghasilan atas investasi yang lumayan, tidak mungkin apabila Anda hanya mengandalkan instrumen investasi jenis deposito maupun tabungan.

Paling tidak, kita perlu belajar dua hal utama untuk berinvestasi dalam saham, yakni mempelajari analisa fundamental dan analisa teknikal. Dua jenis pendekatan yang perlu Anda kuasai jika Anda ingin berhasil dalam investasi saham Anda.

Pertama adalah dengan cara melihat latar belakang, karakteristik, serta nilai – nilai perusahaan itu sendiri yang lebih dikenal dengan sebutan analisa fundamental. Dalam analisis fundamental, yang dijadikan dasar perkiraan harga (intrinsic value) adalah faktor-faktor fundamental seperti laporan keuangan, informasi penting lain yang sewaktu-waktu harus diumumkan perusahaan publik dan perkembangan ekonomi makro, mau pun berita dalam bidang-bidang lain seperti politik, sosial, cuaca, dsb-nya yang dianggap perlu, semuanya selama paling tidak dua tahun terakhir. Tentu pekerjaan yang terlibat adalah kolosal, bila ingin ditinjau secara mendalam dan tuntas. Apa yang dapat diharapkan adalah pedoman untuk tindakan jual atau beli berdasarkan perbandingan antara analisis dan kenyataan yang dihadapi orang-orang yang menginvestasikan dananya pada instrument saham. Juallah saham yang disebut “overvalued” (harga berada di atas nilai yang telah dihitung/diperkirakan), sebaliknya belilah saham yang “undervalued” (harga berada di bawah nilai yang telah dihitung/diperkirakan). Sikap yang rasional demikian memang akan menghasilkan keuntungan bila jangka waktu yang digunakan adalah cukup lama.

Kedua adalah dengan cara analisa teknikal. Cara kedua ini menggunakan pendekatan yang sangat berbeda dengan cara yang pertama. Semua analis saham profesional menggunakan konsep analisa teknikal untuk mengetahui pola pergerakan harga saham di pasar dari formasi grafik yang terbentuk oleh pergerakan harga yang terjadi. Anda perlu tahu bahwa analisa teknikal sendiri terbagi menjadi dua bagian besar, yakni analisa teknikal klasik dan analisa teknikal modern.

Analisa teknikal klasik menganalisis pergerakan harga saham murni hanya dari grafik saja, di dalamnya mencakup proses tarik-menarik garis (trendline, support, resistance), serta diimbangi dengan analisa volume.

Analisa teknikal modern menganalisis pergerakan harga saham dengan menggunakan beberapa perhitungan matematika seperti nilai rata-rata, standar deviasi, laju eksponensial, transformasi, serta berbagai jenis lainnya.

Paling sederhana dan sering digunakan adalah harga rata-rata berjalan (moving average) serta perhitungan stochastic oscillator.

Dalam perkembangannya, analisa teknikal ini menjadi semakin ramai dengan berbagai indikator sebagai alat bantu untuk menentukan kejenuhan pasar, kekuatan tren, prediksi arah selanjutnya, dan seterusnya.

Hal-hal di atas dianggap bersifat kompleks dan mayoritas orang mengatakan bahwa belajar main saham itu susah.
Hal ini terjadi karena orang tersebut tidak mau mempelajarinya terlebih dahulu, dan dan akhirnya melakukan transaksinya hanya berdasarkan rumor-rumor yang seringkali menyesatkan karena mau cepat- cepat ‘untung’ dalam melakukan investasi saham.

Tentu hal itu tidaklah mungkin. Tidak ada orang yang langsung menjadi ‘juara atau pemenang’ dalam sebuah bidang apapun tanpa mempelajari dan memberikan waktunya ke bidang tersebut. Kesimpulannya, sebelum terjun langsung dalam investasi saham, Anda tidak boleh langsung ‘main’ saham, tetapi perlu ‘belajar’ terlebih dahulu. Hanya dengan cara itulah, Anda akan menjadi seorang mendapatkan hasil investasi yang diharapkan melalui instrumen saham. Selamat berinvestasi !

(bernhard sumbayak/FJ/vbn)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s