1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

semoga GA BINK-UNK, ihsg lage … 15 Oktober 2009

Filed under: Teknik Maen Saham — bumi2009fans @ 11:31 am

Berikan aku penjelasan yang singkat tapi jelas tentang IHSG dan dampaknya dalam sektor riil?
bukan singkatannya ya (Index Harga Saham Gabungan), tapi penjelasannya… thx b4

Yohan
Jawaban Terbaik – Dipilih oleh Penanya

Investasi ada 2
1. Sektor Riil
2. Sektor Keuangan

IHSG -> mewakili sektor keuangan -> naik turunnya mencerminkan perkembangan ekonomi, bisa juga tidak

IHSG -> jual beli pasar saham sekunder.
Logikanya naik turunnya investasi di pasar sekunder tidak mempengaruhi perusahan emiten (penerbit saham) -> tapi sentimen negatif pada IHSG dapat menyedot dana (baik di sektor riil maupun sektor keungan) -> jadinya bila IHSG turun -> sektor riil juga berdampak!

Masalahnya di sini hanyalah karena adanya faktor psikologis belaka, bukan karena IHSG turun -> perusahaan emiten merugi.

Skemanya

IHSG Turun -> Dana dari sektor keuangan dan riil ditarik -> Sektor riil kekurangan dana -> Sektor riil stagnan.

Seharusnya (bila investor rasional)
IHSG Turun -> Dana dari sektor keuangan dialihkan ke sektor riil -> Sektor riil mendapatkan dana -> Sektor riil tumbuh.
materi referensi:
penjelasan mengenai ekonomi lebih lanjut
http://yohanli.wordpress.com

Penilaian Penanya:Komentar Penanya:
subhanallah…luar biasa
semua jawaban bagus-bagus…tapi jawaban Anda lebih membuatku paham lagi. terimakasih 🙂
Apakah ini yang Anda cari?
Penilaian: Jawaban Bagus
Penilaian: Jawaban Buruk

Jawaban Lain (3)
Tampilkan:

dave
IHSG adalah index atau harga rata rata semua saham tertimbang yang tercatat dalam bursa efek indonesia (BEI). Tertimbang artinya tidak semua saham yang terdaftar di BEI itu proporsinya sama, semakin besar proposinya maka akan semakin mempengaruhi index. Saat ini IHSG kita berada pada titik terendah sepanjang tahun, pada sesi pertama ini sudah turun 6,05% atau berada pada posisi 1.095.

Dampak secara langsung sich rasanya tidak, tetapi dampak secara tak langsung atau efek domino tetap ada. IHSG kan mencerminkan perekonomian negara kita. Saat ini dengan turunnya IHSG berapa triliun uang investor yang menguap (kalo di cut los) atau yang menyangkut di saham, pengaruhnya adalah likuiditas menjadi ketat, akibatnya daya beli juga menurun karena tdk ada likuiditas. Efeknya konsumsi dikurangi, sektor riil juga terpengaruh, itu contoh sederhananya …

Semoga bermanfaat …
1 tahun lalu
1 Penilaian: Jawaban Bagus0 Penilaian: Jawaban BurukLapor Penyalahgunaan

debora s
IHSG itu Index Harga Saham Gabungan,itu merupakan gabungan beberapa saham dari perusahaan yang tergabung di IHSG,seperti contoh: LQ 45, Indosat de el el

Untuk sekarang ini, memang dunia saham sedang anjlok apalagi di Indonesia,BEJ sempat tutup dikarenakan nilai saham memang sedang anjlok2nya.

Bagi pemegang saham,mereka mendapatkan dampaknya yaitu mau ga mau wait and see, menunggu beberapa hari ke depan,kira-kira apa yang akan terjadi di Indonesia, baik karena politiknya, atau berita2 lainnya yang menunjang.

Para pemain saham sedang dalam kebingungan,
mau diapain nih sahamnya,ditarik rugi,dibiarkan…nilai saham tetap saja belum naik2.

Mendingan main Index Hangseng kali….yach.

Pergerakan 2 arah, dan kita bisa memanfaatkan ke 2 pergerakan tersebut untuk mengambil profit. Pokoke beda banget sama IHSG.

WonderKi…
Indeks Harga Saham Gabungan (disingkat IHSG, dalam Bahasa Inggris disebut juga Jakarta Composite Index, JCI, atau JSX Composite) merupakan salah satu indeks pasar saham yang digunakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI; dahulu Bursa Efek Jakarta (BEJ)). Diperkenalkan pertama kali pada tanggal 1 April 1983, sebagai indikator pergerakan harga saham di BEJ, Indeks ini mencakup pergerakan harga seluruh saham biasa dan saham preferen yang tercatat di BEI. Hari Dasar untuk perhitungan IHSG adalah tanggal 10 Agustus 1982. Pada tanggal tersebut, Indeks ditetapkan dengan Nilai Dasar 100 dan saham tercatat pada saat itu berjumlah 13 saham.

Dasar perhitungan IHSG adalah jumlah Nilai Pasar dari total saham yang tercatat pada tanggal 10 Agustus 1982. Jumlah Nilai Pasar adalah total perkalian setiap saham tercatat (kecuali untuk perusahaan yang berada dalam program restrukturisasi) dengan harga di BEJ pada hari tersebut.

Perhitungan Indeks merepresentasikan pergerakan harga saham di pasar/bursa yang terjadi melalui sistem perdagangan lelang. Nilai Dasar akan disesuaikan secara cepat bila terjadi perubahan modal emiten atau terdapat faktor lain yang tidak terkait dengan harga saham. Penyesuaian akan dilakukan bila ada tambahan emiten baru, HMETD (right issue), partial/company listing, waran dan obligasi konversi demikian juga delisting. Dalam hal terjadi stock split, dividen saham atau saham bonus, Nilai Dasar tidak disesuaikan karena Nilai Pasar tidak terpengaruh. Harga saham yang digunakan dalam menghitung IHSG adalah harga saham di pasar reguler yang didasarkan pada harga yang terjadi berdasarkan sistem lelang.

pergerakan IHSG sebenarnya tidak berdampak langsung terhadap sektor riil, tidak seperti pergerakan USD yg langsung mempengaruhi sektor riil. namun penurunan IHSG secara drastis, seperti sekarang ini secara tidak langsung akan mempengaruhi sektor riil. misalnya aksi jual besar2an para investor dan mengalihkan dananya ke luar negeri akan menimbulkan kelangkaan likuiditas, dll.

semoga penjelasannya membantu
materi referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Indeks_Harg…

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s