1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

carry trades, hot money, euforia … adalah bahasa pesimis : 161009 16 Oktober 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 6:26 pm

Waspadai Gejala Carry Trade di BEI

Harris Turino, pengamat pasar modal

JUMAT, 16 OKTOBER 2009 | 14:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) mencapai level tertinggi tahun ini pada angka 2.533 pada tanggal 6 Oktober 2009. Kenaikan indeks tahun ini didominasi oleh sektor energi, perbankan dan telekomunikasi. Dibandingkan dengan pembukaan indeks pada awal tahun, berarti IHSG sudah mencapai kenaikan sebesar 87 persen.

Menurut pengamat pasar modal dan pengajar International Finance pada Prasetiya Mulya Business School, Harris Turino, Jumat (16/10), ordinary investor perlu mencermati gejala kenaikan indeks bursa yang sangat fantastis yang dibarengi dengan penguatan mata uang rupiah. “Bisa jadi ini gejala awal dari Carry Trade,” katanya.

Harris Turino menjelaskan, sebelum memasuki bursa di emerging market, investor asing yang memiliki kemampuan dana yang luar biasa akan melakukan upaya untuk melemahkan mata uang domestik negara tersebut, dan sebaliknya ketika hendak hengkang mereka akan mengupayakan untuk memperkuat mata uang lokal. Dengan strategi tersebut maka investor asing di pasar bursa bisa mendapatkan double profit, yaitu dari instrumen investasi saham, sekaligus dari perbedaan pergerakan kurs.

Harris Turino menambahkan, kenaikan indeks IHSG tidak didukung oleh perbaikan sektor riil secara signifikan. “Kenaikan ini perlu diwaspadai dan sudah mengarah ke bubble”. Yang dikhawatirkan adalah pecahnya bubble tersebut dalam waktu dekat. “Jadi alangkah baiknya bila kita tidak terjebak oleh pecahnya gelembung tersebut,” ungkap Harris.

KSP

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s