1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

4 kale aja kaya emiten … : 171009 17 Oktober 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 8:44 am

Jumat, 16/10/2009 16:18 WIB
Bapepam LK Akan Uji Kepatutan Perusahaan Efek 2 Kali Setahun
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Jakarta – Badan Pengawas Penanaman Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) tengah mempertimbangkan untuk memberlakukan uji kepatutan sebanyak 2 kali dalam 1 tahun kepada seluruh Direksi dan Komisaris perusahaan efek dan lembaga keuangan.

Langkah ini untuk mencegah terjadinya gagal bayar pada Diamond Investama milik Bakrie Life ataupun produk reksadana Bodong Antaboga.

Demikian diterangkan Kepala Bapepam LK Fuad Rahmany saat pertemuan non-formal dengan media di kantornya, Jakarta, Jumat (16/10/2009).

Fuad menjelaskan penambahan kuantitas uji kepatuhan ini untuk meningkatkan kapasitas kemampuannya dalam mengawasi lembaga keuangan. “Kami berpikir yang ideal perusahaan efek dapat diaudit paling tidak 1 tahun 2 kali,” terang Fuad.

Ia menjelaskan proses peningkatan kualitas ataupun kuantitas pengawasan Bapepam-LK sedang berjalan. “Kami sudah bilang Ibu (Menteri Keuangan) tentang uji Kepatutan ini. Prosesnya sedang berjalan karena bakal ada penambahan orang,” tambahnya.

Namun, saat ini personil Bapepam Lk untuk melakukan fungsi pengawasan jumlahnya terbatas.

“Yang ideal memang persis seperti yang Pak Fuad bilang. Saat ini SDM kami terbatas. Untuk melakukan pengawasan hanya ada 8 orang sedangkan jumlah perusahaan efek mencapai 158,” terang Ka Biro Transaksi Lembaga Efek Bapepam-LK Nurhaida di kantornya.

Bapepam-LK menilai rasio yang saat ini ada tentu sangat timpang, mengingat semakin banyak perusahaan efek. “Yah, harusnya 1 tim yang terdiri dari 2 orang maksimal menangani 10 perusahaan efek,” tutur Nurhaida.

Namun sayang Nurhaida belum bisa memastikan kapan rasio ini akan tercapai. “Prosedur penambahan tetap concern kita, tapi saya belum terlalu optimis jika tahun depan bisa terlaksana,” imbuhnya.
(dnl/dnl)

Cegah “Fraud”, Perusahaan Efek Bakal Diaudit 2 Kali

JUMAT, 16 OKTOBER 2009 | 14:18 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Otoritas pasar modal Badan Pengawas Pasar Modal Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) bakal meningkatkan kapasitas audit perusahaan efek menjadi dua kali setahun untuk mencegah kejahatan pasar modal. Demikian disampaikan Ketua Bapepam-LK, saat jumpa pers, dikantornya, Jakarta, Jumat (16/10).

“Idealnya memang setiap perusahaan efek kita harus bisa audit 2 kali setahun. Tetapi itu belum diputuskan,” ujarnya.

Menurutnya, untuk tambahan kapasitas audit tersebut, maka pihaknya akan menambah tenaga kerja, termasuk di dalamnya melakukan spending gaji.

Terkait hal ini, Fuad mengaku, dirinya telah melakukan pembicaraan dengan Menteri Keuangan. “Ini berkaitan dengan masalah politik dan anggaran karena soal gaji harus melalui Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, Menkeu, dan DPR. Dengan Ibu (Menkeu) sudah bicara,” jelasnya.

ANI

Editor: Edj

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s