1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

pekan ihsg 2500 : 171009 17 Oktober 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 10:23 am

17/10/2009 – 08:00
IHSG Sepekan Dipicu Harga Minyak dan Rupiah
Wahid Ma’ruf

(inilah.com /Agung Rajasa)
INILAH.COM, Jakarta – IHSG pada pekan ketiga Oktober dipicu pergerakan harga minyak dunia dan penguatan rupiah terhadap dolar AS sehingga dapat bertahan di atas level 2.500.

Hal itu diutarakan pengamat pasar modal, Willy Sanjaya kepada INILAH.COM kemarin. “Pekan ini yang mempengaruhi pergerakan IHSG adalah kenaikan harga minyak dunia dan penguatan rupah terhadap dolar AS,” katanya.

Pada pekan ini sudah dua kali IHSG berada di atas level 2.500 karena investor berani masuk ke pasar modal seiring dengan penguatan rupiah. Dari tradisi IHSG dalam menembus level psikologis baru akan dilakukan percoban sebanyak tiga kali. Pada akhir pekan ini, IHSG sudah ketiga kalinya mencoba menembus level tersebut. “Jadi IHSG sudah kuat di atas level 2.500 ke depan,” katanya.

Pergerakan IHSG yang cenderung menguat juga dipicu oleh kenaikan harga minyak dunia yang secara perlahan menuju level US$77 pada akhir pekan ini dari level US$71 di awal pekan. Penguatan ini dipicu oleh kecenderungan melemahnya mata uang dolar terhadap mata uang lain sehingga memicu kenaikan harga minyak dunia. Nilai tukar dolar AS bergerak melemah dan memasuki pekan ke-52 juga menjadi pemicu naiknya harga komoditas energi.

Sektor perkebunan dan pertambangan merupakan sektor yang secara teknikal mendapat dorongan naik dari penguatan harga minyak dan rupiah. Meskipun dengan kondisi pasar saham yang menunggu pengumuman kabinet baru mendorong investor lebih bemain jangka pendek. Namun dengan level penutupan sudah di atas 2.500 maka setelah pemerintahan baru berjalan, IHSG akan semakin menguat karena banyak mendapatkan sentimen positif. [hid/cms]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s