1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

cepaaaaaaaaaaaaat … lah, perlindungan nasabah : 201009 20 Oktober 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 10:16 am

Bapepam Siapkan Fasilitas Pengecekan Dana Nasabah
20/10/2009 08:24:22 WIB
JAKARTA, INVESTOR DAILY
Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) akan bekerja sama dengan empat bank pembayar (payment bank) kembangkan fasilitas pengecekan rekening dana nasabah di pasar modal.

Empat bank tersebut telah ditunjuk oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai payment bank, yaitu PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT CIMB Niaga Tbk, dan PT Bank Permata Tbk. Pengembangan fasilitas pengecekan dana nasabah merupakan bentuk pengembangan Investor Area yang telah dikembangkan oleh Bapepam dan Kustodian Sentra Efek Indonesia (KSEI).

“Kami sudah mulai membicarakan pengembangan fasilitas pengecekan dana nasabah tersebut dengan beberapa bank. Investor area digunakan untuk mengecek rekening efek. Sedangkan payment bank akan memudahkan investor untuk mengecek dana rekeningnya,” kata Kepala Biro Transaksi Lembaga Efek Nurhaida di Jakarta, Senin (19/10).

Dia menjelaskan, pihaknya menargetkan fasilitas ini terealisasi awal tahun depan atau paling lambat semester I 2010. Beberapa bank yang telah ditunjuk KSEI telah memiliki kesiapan sistem, sehingga memudahkan pengembangan fasilitas pengecekan dana nasabah tersebut.

Untuk sementara, menurut dia, fasilitas ini akan ditetapkan berdasarkan peraturan bank. Yang berhak memindahkan dana nasabah tetap dimiliki broker, sehingga payment bankhanya bertindak sebagai penyedia fasilitas kepada nasabah untuk pengecekan rekening dana. “Yang terdaftar di bank adalah nama broker namun di sub rekening broker ada nama nasabahnya,” ujar Nurhaida.

Meskipun fungsinya mirip dengan investor area, menurut Nurhaida, pihaknya belum memastikan apakah fasilitas tersebut akan diintegrasikan dengan investor area. (c134)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s