1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

kemajuan, tapi BERBAHAYA … 231009 23 Oktober 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 7:39 am

… bahwa pefindo bole memeringkat saham2 indon itu sebenarnya sebuah kemajuan untuk iklim investasi indon … NAMUN RISIKO PENYALAHGUNAAN WEWENANG BESAR SEKALE … contoh di amrik, bahkan Moody’s aja diwhistleblow oleh salah seorang mantan karyawannya karena SERING TERGESA-GESA MEMBUAT PEMERINGKATAN YANG BERDASARKAN PESANAN EMITEN … salah satu faktor penyebab krisis adalah juga karena peringkat kredit bank investasi Bear Stearn dan Lehman Bros yang KELEWATAN TINGGINYA PADA SAAT KRISIS KREDIT PERUMAHAN AMRIK SUDAH MAKIN PARAH … well, liat aja dah …

Bapepam Setujui Riset Saham Pefindo
Jum’at, 23 Oktober 2009 – 07:14 wib

JAKARTA – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) akhirnya memberi izin atas usaha riset sahamsaham tidak likuid yang dilakukan Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

“Kami sudah menye-tujuinya,” kata Kepala Biro Perundang- Undangan Bapepam-LK Robinson Simbolon di Jakarta kemarin. Sebelumnya, riset saham dan indeksasi saham Pefindo25 sempat menjadi masalah akibat terbitnya peraturan yang melarang lembaga pemeringkat memiliki usaha riset.

Dalam Pasal 4 butir C Peraturan Bapepam-LK nomor V.H.3 tentang Perilaku Perusahaan Pemeringkat Efek yang terbit Juni lalu, disebutkan, perusahaan yang berizin pemeringkat dari otoritas pasar modal dilarang melakukan kegiatan usaha lain, kecuali mendapatkan persetujuan Bapepam-LK Padahal, Pefindo sudah melakukan kerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk melakukan riset saham sejak tahun lalu.

Saat ini,kerja sama kembali digiatkan terkait rencana BEI menjalankan program liqudity provider. Baru-baru ini BEI mengumumkan bahwa Pefindo telah melakukan kajian 17 saham di BEI yang tidak likuid. Direktur Penilaian Perusahaan BEI Eddy Sugito menuturkan, riset tersebut dilakukan untuk memicu transaksi saham-saham yang tidak likuid sehingga mendongkrak volume perdagangan di bursa.

Saat ini, kata dia, dari 400 emiten lebih, hanya sebagian kecil saham yang aktif diperdagangkan, selebihnya jarang ditransaksikan atau disebut sebagai saham tidur. Riset 17 saham tersebut merupakan tahap awal, di mana hasilnya akan dipublikasikan dan diedarkan kepada para broker di bursa sebagai referensi mereka.

Rencananya tahun depan jumlah saham yang diriset berkisar 50 saham. Adapun biaya atas riset tersebut ditanggung bersama oleh BEI dan emiten bersangkutan. Direktur Utama Pefindo Kahlil Rowter mengaku,belum menerima salinan keputusan mengenai izin tersebut.

Namun,menurut dia, produk riset yang dihasilkan Pefindo tidak berkategori sama dengan keluaran riset perusahaan sekuritas yang memberikan rekomendasi jual atau beli.”Riset itu hanya memberikan informasi kepada publik mengenai aspek fundamental dari emiten yang sahamnya jarang diperdagangkan,” jelas dia.

Dia menambahkan, hasil riset memberikan informasi mengenai harga wajar suatu saham dan transparansi sejumlah hal yang perlu diketahui publik. Riset ini dikerjakan bersama BEI namun Pefindo dalam hal ini tidak terkait dengan program liqudity provider. “Hubungan kami dengan BEI sebatas riset. Apakah hasilnya ada kaitan atau tidak dengan program itu, kami tidak tahu,” tukasnya. (Muhammad Ma’ruf/Koran SI/css)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s