1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

silakan terpuruk, KAMI ENJOY kok … 281009 28 Oktober 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 9:16 pm

28/10/2009 – 13:43
Saham Eksportir Makin Menarik
Peluang Ketika Dolar Perkasa
Bastaman

(inilah.com/ Wirasatria)
INILAH.COM, Jakarta – Aksi borong dolar tampaknya akan kembali mewabah. Gelagat itu sudah mulai tampak di pasar uang beberapa hari belakangan ini. Sejumlah perusahaan besar, juga BUMN, mulai bergerak lagi untuk memburu dolar.

Selain digunakan untuk membayar utang yang telah jatuh tempo, pembelian dolar itu juga untuk membiayai impor bahan baku. Pada perdagangan hari Selasa (27/10), rupiah bahkan sempat melorot hingga menembus titik Rp 9.577 per dolar.

Memang bukan hanya terhadap rupiah saja, dolar juga menguat terhadap sejumlah mata uang kuat dunia lainnya, termasuk euro maupun yen. “Penguatan dolar semata-mata karena faktor teknikal, setelah menyetuh titik terendah dalam lima tahun terakhir,” kata seorang analis di pasar uang.

Yang mengkhawatirkan, pelemahan rupiah ini ujung-ujungnya akan mempengaruhi kondisi di bursa saham yang beberapa hari terakhir ini sedang tidak bergairah. Tetapi ingat, pelemahan rupiah bukan berarti buruk.

Bahkan, bagi kalangan eksportir, rupiah yang melemah justru membawa berkah. Sebab, pendapatan perusahaan-perusahaan itu berbasis dolar. Jadi, ketika dolar menguat, mereka bisa menikmati selisih kurs yang lumayan.

Makanya, di tengah adanya gejala penguatan dolar seperti sekarang, saham-saham dari emiten eksportir akan menjadi molek.

Seorang pejabat di PT Aneka Tambang (ANTM) mengakui, perusahaannya bakal diuntungkan dengan melemahnya rupiah. Ia bukan sedang ge-er. Sebab, selain karena selisih kurs tadi, emas yang menjadi andalan ANTM tak kalah menarik. Kini harga sudah menembus US$ 1.000 per troy ounce.

Tentu bukan cuma Antam yang menawarkan peluang itu. Ada sejumlah saham, yang juga berbasis ekspor, bisa dipertimbangkan untuk menambah koleksi para investor.

Sebut saja saham PT Astra Agro Lestari (AALI), PT International Nickel Indonesia (INCO), dan PT Gajah Tunggal (GJTL). Makanya wajar, kendati dibayangi pelemahan rupiah, para analis masih cukup optimis turunnya indeks pada pekan ini tidak akan sampai dramatis. [mdr]

… ini berarti termasuk saham2 batubara donk…

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s