1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

trading dibantu analisis teknikal 3 November 2009

Filed under: Teknik Maen Saham — bumi2009fans @ 11:58 pm

“Trading” dengan Pola Divergen

 

Gambar 3

gambar 2

gambar 1
Artikel Terkait:
Dollar AS Kehilangan Pesona
“Trading Strategy” dengan Bollinger Bands
Ingin menjadi Investor Sukses?
Musimnya “Earning Report”
“Recovery” Topang Bursa Saham Dunia

SELASA, 3 NOVEMBER 2009 | 10:43 WIB
KOMPAS.com — Anda pernah mendengar istilah divergen dalam suatu analisis teknikal grafik? Istilah ini merupakan salah satu indikator teknikal yang banyak digunakan oleh trader untuk menentukan kapan posisi beli atau jual. Biasanya, divergen ini diasosiasikan dengan indikator yang disebut moving average convergence divergence (MACD).

MACD merupakan indikator yang menggabungkan tiga moving average. Biasanya digunakan exponential moving average (EMA) 9 hari, 12 hari, dan 26 hari. EMA 9 hari merupakan garis sinyal, sementara garis MACD dibentuk oleh pengurangan EMA 12 hari dengan EMA 26 hari. Dalam indikator MACD pada Monex Trader juga ditampilkan MACD histogram. MACD histogram ini dibentuk oleh pengurangan dari garis MACD dengan garis sinyal.

Trader sering menggunakan MACD untuk melihat pola divergen. Pola divergen adalah perbedaan antara harga dengan MACD histogram. Maksudnya, bila kita melihat harga terus naik tapi MACD histogram malah menyusut turun, ini yang dinamakan divergen.

Divergen dapat dibagi menjadi divergen positif dan divergen negatif. Divergen positif yaitu bila kita melihat harga terus turun tapi MACD histogram mengalami kenaikan. Divergen negatif yaitu bila kita melihat harga terus naik tapi MACD histogram mengalami penurunan. Dari pola divergen inilah kita akan mendapati sinyal untuk beli dan jual.

Sinyal Beli terjadi bila divergen positif terbentuk dan MACD Histogram memotong ke atas garis nol. Dan sinyal Jual terjadi bila divergen negatif terbentuk dan MACD Histogram memotong ke bawah garis nol.

Pada grafik Nikkei H1 (gambar 2) terlihat divergen positif yang memberikan sinyal tekanan ke bawah mulai berkurang dan ada sinyal untuk reversal ke atas. Harga menembus tahanan atas, memberikan konfirmasi untuk beli.

Pola divergen negatif terlihat pada grafik Nikkei H1 (gambar 3). Divergen negatif terbentuk menandakan momentum penguatan Nikkei semakin berkurang dan mungkin akan terjadi reversal ke bawah. Harga menembus tahanan bawah, memberikan konfirmasi untuk jual.

Memang adakalanya pola divergen terbentuk namun pergerakan harga masih juga tidak menunjukkan tanda-tanda akan reversal. Oleh karena itu kita perlu menunggu konfirmasi yang dapat berupa penembusan level-level tahanan (support / resisten) baru kita membuka posisi jual atau beli. Dan jangan lupa, kita juga harus mengatur resikonya misalnya dengan menempatkan stop loss di area tertinggi atau terendah sebelumnya.

Bila ada pertanyaan, saran atau kritik berkaitan dengan tulisan ini silahkan hubungi email kami di research_monex@mifx.com. (AT/Senior Research And Analyst Monex)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s