1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

ihsg terbentang antara Jalan Tembok dan Merdeka Utara … 101109 10 November 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 8:26 am

Selasa, 10/11/2009 08:07 WIB
Dow Jones Tertinggi Sepanjang 2009
Nurul Qomariyah – detikFinance

New York – Saham-saham di Wall Street kembali merangsek, dengan indeks Dow Jones menembus titik tertingginya sepanjang 2009. Keputusan G20 untuk mempertahankan kebijakan stimulus membuat investor kembali memiliki kepercayaan.

Keputusan G20 untuk tetap mendukung upaya pemulihan ekonomi membuat investor kembali percaya diri untuk mengambil risiko.

“Bank Sentral di seluruh dunia terus menyokong perekonomian dan mendukung pengambilan risiko. Bagi saya ini murni rally berisiko dan konsisten dengan pernyataan G20,” ujar Jack Ablin, chief investment officer Harris Private Bank seperti dikutip dari Reuters, Selasa (10/11/2009).

Pada perdagangan Senin (9/11/2009), indeks Dow Jones industrial averaga (DJIA) ditutup menguat hingga 203,52 poin (2,03%) ke level 10.226,94. Indeks Standard & Poor’s 500 juga naik 23,78 poin (2,22%) ke level 1.093,08 dan Nasdaq naik 41,62 poin (1,97%) ke level 2.154,06.

Saham-saham sektor finansial menjadi top performer, saham American Expres naik hingga 4,9%. Indeks KBW bank naik 3,6%.

Rencana merger dan akuisisi korporasi juga turut membantu pemulihan pasar. Saham General Electric Co naik 3,4% setelah sebuah sumber menyatakan GE dan Comcast Corp sepakat valuasi US$ 30 juta untuk membentuk joint venture antara NBC Universal dan Comcast.

Namun volume perdagangan masih moderat, dengan transaksi di New York Stock Exchange mencapai 1,24 miliar, di bawah rata-rata tahun lalu sebanyak 1,49 miliar. Di Nasdaq, transaksi mencapai 2,03 miliar, di bawah rata-rata tahun lalu sebanyak 2,28 miliar.

(qom/qom)
Selasa, 10/11/2009 08:36 WIB
Jika Dukung SBY, Kapolri dan Jaksa Agung Harus Ikuti Hasil Tim 8
Nurul Hidayati – detikNews

FOTO TERKAIT
Raker Komisi III-Kejagung
Jakarta – Kejaksaan dan Kepolisian mestinya segera menghentikan kasus Chandra M Hamzah dan Bibit Samad Rianto karena hasil/rekomendasi sementara Tim 8 ini sudah jelas. Jika Kapolri dan Jaksa Agung ingin mendukung pemerintahan SBY, maka mereka harus mengikuti rekomendasi Tim 8.

Demikian pendapat Bivitri Susanti, peneliti di Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) dan Kandidat PhD di University of Washington School of Law, Seattle, pada detikcom, Selasa (10/11/2009).

Bivitri menuturkan, meski Presiden menyatakan tidak akan mencampuri proses hukum yang sedang berjalan, seharusnya Kapolri dan Jaksa Agung memahami makna posisi Presiden ini. Seorang Presiden idealnya memang tidak secara langsung menginstruksikan penghentian suatu kasus, tapi kalau ditilik dari Keppres 31/2009 tentang pembentukan tim 8, jelas bahwa Tim 8 ditugaskan untuk “membantu presiden dalam melakukan verifikasi terhadap fakta dan proses hukum kasus Chandra dan Bibit”.

“Artinya, segala hasil kerja Tim 8, termasuk hasil sementara ini, adalah sikap SBY, kecuali bila ia mau menjilat ludahnya sendiri dengan menafikan hasil tim yang dibuatnya sendiri. Tapi bila ini dilakukan, wibawa SBY akan sangat jatuh,” ujar Bivitri.

Maka, jika Kapolri dan Kejaksaan ingin mendukung terus pemerintahan SBY, mereka harus memahami posisi politik ini dan mengikuti hasil sementara Tim 8. Bagi SBY, bila hasil sementara ini diindahkan juga, ia mempunyai alasan yang kuat untuk memecat keduanya dari kabinetnya. Sebab Jaksa Agung dan Kapolri ada di bawah presiden.

“Dan apabila ini dilakukannya, ia tidak mengintervensi “proses penegakan hukum” secara langsung, melainkan membersihkan kabinetnya,” ujar Bivitri.

Menurutnya, justru kalau SBY tidak melakukannya, wibawanya sebagai pemimpin pemerintahan tertinggi akan sangat jatuh. Padahal ia masih mempunyai lima tahun tersisa dari masa jabatannya yang kedua ini.

“Khusus untuk Kapolri, UU mengatakan membutuhkan persetujuan DPR, tetapi posisinya tetap ada di bawah Presiden,” ujar Bivitri.
(nrl/ape)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s