1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

analis prof IT ngoceh2 TREN NGEBLOG … kok beda yo … 111109 11 November 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 8:04 pm

… lha gw uda 7 BULAN MAEN SAHAM DAN BLOG2 SAHAM GW TETAP LAKU TUKH … kenapa ya?

Blog Memang Tren Sesaat
Nukman Luthfie – Online Strategist
30 Oct 2009

 

Pesta Blogger 2009 yang dilaksanakan Sabtu, 24 Oktober 2009 sudah berlalu. Seperti dua pesta sebelumnya, pesertanya membludak, seribu blogger lebih datang memenuhi tempat perhelatan di Gedung SMESCO, Jakarta. Meski demikian, jumlah yang banyak itu tak mampu menyembunyikan keresahan sejumlah pihak bahwa blog kini kian kurang populer.

Setahun lalu,  para blogger masih membantah habis-habisan pernyataan “Blog adalah tren sesaat”. Saya sendiri termasuk yang mendukung “blog bukanlah tren sesaat” mengingat pemain lokal pun serius terjun menyediakan jasa blog, seperti Detik.com yang membangun BlogDetik.com serta pemain baru seperti Dagdigdug.com. Namun, suara bantahan ini semakin lirih akhir-akhir ini. Penyebabnya? Sederhana: para blogger, terutama yang dianggap senior, sibuk ber-twitter-ria dan ber-facebook-ria. Sebagian besar kegiatan social media mereka beralih ke dua social media baru yang sangat menarik itu, terutama Twitter. Pada saat yang sama, mereka mengabaikan blog mereka sendiri dengan semakin jarang menulis posting baru, dan kian malas menjawab respon blog.

Tren para blogger senior ini bukan hanya isyarat kian kurang menariknya blog di tengah fenomena Facebook dan Twitter. Data-data yang saya ambil dari GoogleAdPlanner juga menunjukkan bahwa era blog boleh dibilang sudah lewat. Jumlah penggunanya nyaris mentok ke angka itu-itu juga. Sulit dinaikkan lagi. Pada saat yang sama, tingkat kunjungannya merosot drastis dalam setahun terakhir ini.

WordPress.com, dengan jumlah empat jutaan akun asal Indonesia, layanan blog paling populer di Indonesia, pun mulai melorot awal tahun setelah memuncak pada kuartal tiga 2008. Lihat data di bawah ini.

wordpressindonesiauniquevisitor

Blogger.com, atau Blogspot.com, mengalami nasib yang serupa. Pengguna Indonesianya saat ini sekitar 1,3 juta, trafiknya memuncak pada Juli 2008, namun juga mulai melemah akhir tahun 2008. Lihat grafik di bawah ini.

blogspotindonesiauniqvisitor

Bagaimana dengan penyedia jasa blog lokal? Sama saja. Perhatikan trafik Blogdetik.com danDagdigdug.com di bawah ini.

blogdetikuniquevisitor

dagdigduguniquevisitor

Bagaimana dengan Kompasiana.com, blog buatan kelompok Kompas.com? Sama saja. Blog yang baru saja merayakan ulang tahun pertamanya sempat merosot setelah diluncurkan, meski dua bulan terakhir menunjukkan kenaikan trafik. Kita lihat saja tren beberapa bulan berikutnya, apakah tetap naik atau menurun. Sebagai layanan baru Kompas.com, Kompasiana.com masih menikmati euforia semangat baru. Kita lihat setelah dua tahun.

kompasianauniquevisitor

Data-data di atas, apa boleh buat, menunjukkan bahwa secara umum blog memang kian tidak populer. Blog memang tren sesaat. Yang memicu itu adalah lahirnya media komunikasi dan eksistensi diri baru yang lebih menarik buat para blogger, yakni Facebook dan (terutama) Twitter saat ini.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s