1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

PLAYS ON, the self inflicted conflict … 111109 11 November 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 6:23 pm

11/11/2009 – 07:21
Investasi Terimbas Konflik KPK-Polri?
Asteria

(inilah.com/Dokumen)
INILAH.COM, Jakarta – Berlarut-larutnya polemik KPK-Polri mengkhawatirkan sejumlah kalangan, terkait imbasnya pada perekonomian Indonesia. Namun, apakah investasi sudah terpengaruh?

Pakar Manajemen Investasi Universitas Indonesia (UI) Avanti Fontana menilai, kasus hukum terhadap pimpinan nonaktif Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) belum mempengaruhi iklim investasi dalam jangka pendek namun lebih kepada prospek investasi jangka panjang.

“Investasi secara umum ditunjang oleh kepastian hukum serta stabiltas politik dan keamanan. Jika stabilitas politik dan kemananan bersih dan berwibawa maka hal tersebut akan meningkatkan iklim investasi,” kata Avanti dalam diskusi bertajuk Kasus KPK-Polri, Investasi Jadi Korban di Jakarta, Selasa (10/11).

Avanti menjelaskan dengan dua data, yaitu indeks global inovasi dan indeks daya saing global. Menurutnya, kedua indeks tersebut menjadi referensi dari negara-negara sebelum melakukan investasi. “Jika kasus ini tidak dapat dituntaskan, maka peringkat negara kita bisa terus turun dan menyebabkan iklim investasi juga sulit untuk tumbuh,” tandasnya.

Dalam kategori indeks global inovasi, yang dinilai dari input inovasi yang dilihat, Indonesia termasuk ranking 54 dari 134 negara. Sedangkan tolok ukur kedua berdasarkan indeks daya saing global dari World Economic Forum, dimana Indonesia menempati ranking 71 dari 134 negara.

Yang menarik dari indeks ini, adalah faktor-faktornya yang dilihat dari institusi publik di sebuah negara. “Itu erat dengan kasus saat ini dimana KPK dan Polri merupakan institusi penegak hukum yang saat ini sedang dihadapkan kepada beberapa kasus penting,” katanya.

Senada dengan Kepala Riset Paramitra Alfa Sekuritas Pardomuan Sihombing yang menilai, saat ini konflik KPK dan Polri belum bisa dikatakan berpengaruh terhadap investasi di pasar modal.

Namun, bila dibiarkan berkelanjutan, maka tentu akan ada imbas negatifnya. “Jika kasus tersebut berlarut pasti akan memberikan citra buruk bagi iklim investasi, termasuk bagi pasar modal Indonesia,” ulasnya.

Hingga kini, investor asing masih berminat masuk di Indonesia karena indikator makro ekonomi masih baik. Suku bunga Bank Indoensia yang masih 6,5%, inflasi 2,5%, dan juga emiten yang sejak 2008 sampai September 2009 menunjukkan peningkatan kinerja di atas 30%.

Survei Doing Business 2010 yang diumumkan International Finance Corporation per September lalu pun menunjukkan bahwa peringkat Indonesia dalam kemudahan usaha naik menjadi ke peringkat 122 dari posisi tahun lalu di 129 tahun. Adapun total jumlah negara yang disurvei adalah 183.

Menteri Perekonomian Hatta Radjasa juga masih optimistis dengan kondisi pasar Tanah Air. Ia memastikan kasus dugaan kriminalisasi KPK tak mempengaruhi sentimen pasar. “Saya tetap optimistis Indonesia masih merupakan pasar yang baik untuk investasi,” kata Hatta, kemarin.

Hatta menuturkan, kondisi ekonomi Indonesia saat ini masih positif, terindikasi dari daya beli masyakarat yang cukup bagus. Namun, ia menekankan agar kasus yang melibatkan intitusi Polri dan KPK itu segera selesai. “Tentu saya mengharapkan agar cepat selesai,” ujarnya.

Sementara pengamat pasar modal, Adler Manurung mengingatkan, jika terus berlarut-larut, besar kemungkinan investor asing akan menunda rencana investasinya di Indonesia. “Hal itu terjadi karena investor asing tidak mau mengambil risiko bila di kemudian hari konflik itu mengganggu stabilitas sosial, politik, dan penegakan hukum,” paparnya.

Menurut Adler, stabilitas di berbagai bidang tersebut, merupakan syarat utama bagi investor asing untuk berinvestasi di negara mana pun. ”Kalau kasus ini berlarut-larut, kepercayaan investor asing terhadap penegakkan hukum di negara kita ini akan kembali anjlok,” tandas Adler. [mdr]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s