1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

diversifikasi transaksi marjin 12 November 2009

Filed under: Teknik Maen Saham — bumi2009fans @ 2:30 pm

Kamis, 12 November 2009 | 13:16

ATURAN MARGIN

Margin Bakal Terapkan Metode Keranjang

JAKARTA. Selain menggunakan daftar baru, aturan perdagangan margin bakal menerapkan metode anyar. Nantinya, pemberlakuan mekanisme jual paksa (forced sell) pada satu saham margin tak lagi tergantung dari rasio sebuah saham saja.

Dengan aturan ini, bila investor tidak menginginkan salah satu saham marginnya dijual paksa oleh sekuritas lantaran sudah mencapai 80% dari penjaminan, investor bisa meningkatkan rasio (top up) saham lainnya yang masuk dalam daftar transaksi margin.

“Jadi kalau investor memiliki 10 saham yang ditransaksikan margin, bila satu rasionya sudah tinggi, maka investor bisa top up rasio dari sembilan saham lainnya agar satu saham itu tidak di-forced sale,” Lily Widjaja, Koordinator Komite Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) di Jakarta. Dengan demikian, aturan ini hanya berlaku bagi para investor yang bertransaksi margin lebih dari satu saham.

Bingung? Mari kita ilustarikan sebuah contoh. Boni membeli saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM), dan PT Astra International Tbk (ASII) dengan transaksi margin. Nah, jika saham BUMI merosot drastis, maka Sekuritas tak akan mem-forced sell kedua saham Boni lainnya, dengan catatan saham ANTM dan ASII tidak melorot. Selain itu, Boni masih bisa melakukan margin terhadap kedua saham lainnya.

Tentunya hal ini cukup berbeda dengan aturan saat ini. Maklum, banyak sekuritas yang melakukan forced sell terhadap saham margin lainnya guna menutupi kerugian pada saham yang turun drastis.

Saat ini, APEI sudah menyampaikan usulan ini kepada Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), untuk memasukkan klausul ini ke dalam aturan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) No II-H.

Namun, wasit pasar modal meminta usulan ini dan usulan perubahan daftar margin dibuat dalam draft aturan tertulis agar bisa dikaji lebih lanjut, apakah bertentangan dengan aturan Bapepam-LK No V.D.6 tentang pembiayaan transaksi oleh perusahaan efek kepada nasabah.

Ade Jun Firdaus

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s