1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

bye brokers, bye extra fees, bye STUPIDITY, welcome knowledgeable investors 13 November 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 8:20 am

Jumat, 13/11/2009 01:50 WIB

Penggunaan online trading melonjak

oleh :

JAKARTA: Pengguna sistem online trading hingga kuartal III/2009 melonjak, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meraup kenaikan pendapatan sebesar Rp2,60 miliar dari jasa informasi.

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia BEI Supandi mengatakan pendapatan dari pos ini naik dari Rp9,89 miliar menjadi Rp12,49 miliar a.l. berkat adanya sumbangan pendapatan dari penggunaan IDX Mobile yang dimulai sejak tahun lalu.

“Selain itu, transaksi di pasar juga mulai ramai. Penggunaan terminal oleh para vendor penyedia data dan sekuritas naik, pengguna layanan online trading juga tumbuh pesat. Ini penyebab kenaikan,” jelasnya, baru-baru ini.

Dia menambahkan BEI memungut biaya per satuan pengguna terminal sebesar Rp30.000. Dengan pertambahan pengguna online trading, pendapatan usaha bursa ikut meningkat.

Hingga September 2009, BEI membukukan pendapatan usaha Rp307,07 miliar, anjlok 19,05% dari Rp379,34 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Secara bulanan, pendapatan usaha BEI pada September malah merosot 39,83% dibandingkan dengan per Agustus, dari Rp49,63 miliar menjadi Rp29,86 miliar.

Supandi menambahkan pendapatan usaha bursa anjlok seiring dengan penurunan nilai transaksi. Akan tetapi, meskipun perolehan pos penunjang pendapatan usaha yakni jasa transaksi dan jasa pencatatan mengalami penurunan, jasa informasi justru naik karena maraknya online trading.

Business Development Corporate Marketing PT Indo Premier Securities Jayawati Sukidjan mengakui nasabah pengguna online trading memang melonjak, dalam setahun terakhir tumbuh dua kali lipat menjadi 17.000 akun. Secara total, nasabah Indo Premier termasuk nasabah konvensional hampir 20.000 akun.

“Dari jumlah itu, sebagian besar nasabah memanfaatkan sistem IPOT untuk bertransaksi, sedangkan sebagian kecil lainnya hanya untuk memperoleh data dan informasi,” tuturnya.

Oleh Pudji Lestari

Bisnis Indonesia

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s