1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

proses settlement maseh dalam perbaikan … 131109 (Update: Done) 13 November 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 6:37 am

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) memastikan kalau sistem C-BEST (Central Depository and Book Entry Settlement System ) berjalan normal pada perdagangan hari ini.

“Alhamdulillah, semua berjalan normal hari ini. Gangguan yang terjadi kemarin sudah bisa diatasi,” ujar Direktur KSEI Trisnadi Yulrisman saat dihubungi detikFinance, Jumat (13/11/2009).

Menurutnya, semua penyelesaian transaksi yang terjadi pada hari Senin (9/11/2009) yang harus diselesaikan kemarin, seluruhnya sudah rampung.

“Jadi tidak ada penundaan deliver efek maupun dana yang harus di settlement,” ujarnya.

Kendati demikian, ia mengaku belum mengetahui detil sebab musabab gangguan yang terjadi kemarin. KSEI bersama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) sedang melakukan analisis gangguan.

“KPEI dan KSEI bersama pihak independen sedang melakukan analisa. Hasilnya belum, tapi dari hasil itu nanti kita bisa lakukan antisipasi. Mudah-mudahan hasilnya bisa keluar hari ini,” jelasnya.

Meski hasil analisa belum diperoleh, namun menurutnya gangguan sejauh ini telah dapat diatasi, sehingga dipastikan tidak akan terjadi gangguan pada perdagangan hari ini.

“Memang kita belum tau penyebab utamanya, tapi kita sudah uji, gangguan sudah tidak ada. Tapi kita tetap perlu hasil analisa untuk mencegah terjadi gangguan di kemudian hari,” jelasnya.

Sumber: detikcom
13/11/2009 – 05:26
Gangguan Sistem KSEI Tak Ganggu BEI
Agustina Melani

(inilah.com /Dokumen)
INILAH.COM, Jakarta – Gangguan sistem C-Best yang dialami Kastodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) tidak akan mengganggu transaksi perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Gangguan sistem C-Best akan timbulkan kemungkinan potensi settlement anggota bursa kepada nasabah. Kalau ke transaksi perdagangan tidak ada,” ujar Direktur Teknologi Informasi BEI Adikin Basirun, saat dihubungi INILAH.COM kemarin.

Ia menambahkan, saat ini sedang menyelesaikan proses seattlement transaksi. Diharapkan bisa selesai hari ini agar tidak menganggu pada esok hari (hari ini).

Adikin menuturkan, penyebab gangguan sistem C-Best tersebut karena adanya masalah di aplikasi data base. Diharapkan masalah ini bisa diselesaikan secepatnya. [hid]

Jumat, 13/11/2009 01:07 WIB

Sistem transaksi saham bermasalah

oleh :

JAKARTA: Operasional Central Depository and Book Entry Settlement System (C-BEST) terganggu, penyelesaian transaksi saham oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) terhambat kemarin.

Namun hingga tadi malam, Direktur KSEI Trisnadi Yulrisman belum bisa menjelaskan dampak gangguan sistem penyelesaian transaksi di bursa itu, termasuk menghitung nilai transaksi yang terkendala penyelesaiannya.

“Sedang kami eskalasi dan kami juga masih menunggu masukan data dari anggota bursa [tentang transaksi hari ini], sehingga belum bisa kami informasikan sekarang,” tuturnya melalui sambungan telepon.

Dia berharap penyelesaian transaksi tuntas pada hari yang sama dengan hari transaksi di Bursa Efek Indonesia per kemarin. Tadi malam, Trisnadi mengatakan sistem sudah mulai memproses instruksi pemindahan efek yang sempat terhenti pada saat sesi perdagangan berlangsung.

Kemarin siang, KSEI dalam keterbukaan informasinya menyatakan terdapat kendala teknis berkaitan dengan operasional C-BEST. Perusahaan sedang melakukan perbaikan agar C-BEST dapat berjalan normal kembali.

“Berkaitan dengan kegiatan penyelesaian transaksi bursa, KSEI bersama dengan KPEI telah berkoordinasi untuk menjalankan proses penyelesaian transaksi bursa (settlement run) sebaik mungkin sehingga semua kewajiban serah dan/atau bayar dapat terpenuhi pada hari ini,” jelas Trisnadi dan Kepala Divisi Jasa Kustodian Sentral KSEI Gusrinaldi Akhyar secara tertulis.

Pengiriman dana

KSEI juga telah meminta perpanjangan waktu Real Time Gross Settlement (RTGS) kepada Bank Indonesia untuk dapat membantu pengiriman dana melalui bank.

Pasalnya, ada kemungkinan pengiriman dana dari bank pembayaran pemegang rekening KSEI ke bank lain tidak dapat dilakukan dikarenakan sudah melewati waktu perpanjangan yang dapat diberikan Bank Indonesia yang normalnya berlaku hingga pukul 15.30 WIB. Ini sudah diperpanjang menjadi pukul 17.30 WIB.

KSEI menghimbau kepada pemilik rekening untuk berkoordinasi dengan bank terkait sebagai antisipasi gangguan pengiriman dana penyelesaian transaksi.

KSEI memiliki empat bank pembayaran yang berfungsi sebagai bank pelaksana pembayaran seluruh transaksi di bursa. Mereka adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Permata Tbk, dan PT Bank Central Asia Tbk. Keempat bank ini bertugas menyalurkan dana penyelesaian transaksi kepada seluruh anggota bursa. Kerja sama dengan keempat bank ini akan berlangsung hingga 2011.

Oleh Pudji Lestari

Bisnis Indonesia

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s