1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

BIA(sienk)NG KEROKs, akhirnya datang lage :P : 171109 17 November 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 8:54 am

Selasa, 17 November 2009 | 08:44

DANA ASING

Dana Asing Mulai Banjiri Pasar Saham

JAKARTA. Duit asing kembali membanjiri lantai Bursa Efek Indonesia. Kemarin (16/11), investor asing membukukan nilai beli bersih atau net buy sebesar Rp 309 miliar. Aksi itupun membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,73% menjadi 2.468,68.

Nilai transaksi harian di bursa juga ikut terdongkrak, yaitu mencapai Rp 5,32 triliun. Aksi beli oleh investor asing ini sudah berlangsung selama empat hari berturut-turut, dimana total nilai bersihnya Rp 1,53 triliun.

Menurut Kepala Riset Kresna Graha Sekurindo, Jordan Zulkarnaen, investor asing masih memilih negara emerging market, termasuk Indonesia, untuk berinvestasi. Ketimbang Amerika Serikat (AS) yang ekonominya belum stabil. “Dalam tiga tahun ke depan angka pengangguran di AS diprediksi masih naik,” katanya, kemarin.

Ada beberapa alasan mengapa investor asing meminati Indonesia. Pertama, nilai tukar rupiah semakin bertenaga. Merujuk kurs tengah Bank Indonesia kemarin, rupiah menguat 0,7% menjadi Rp 9.348 per dollar AS. “Penguatan rupiah memperkuat posisi tawar Indonesia di mata asing,” kata Analis Bhakti Securities, Budi Ruseno.

Kedua, kinerja sejumlah emiten di BEI cukup menjanjikan. Jordan mencontohkan, rentang bunga perbankan Indonesia cukup tinggi, yakni di kisaran 4%-5%. Bahkan, bank-bank besar seperti Bank BRI, Bank BCA dan Bank Danamon memiliki rentang bunga antara 9,5% sampai 11%. Sebagai pembanding, rata-rata rentang bunga bank di kawasan Asia Timur hanya 2%-3%.

Ketiga, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih positif di atas 4%. Hal itu ikut mendorong lembaga pemeringkat internasional mengerek rating utang Indonesia.

Meski berpotensi terus menguat, para analis mencatat, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi laju indeks. Salah satunya konflik Kepolisian dengan KPK. “Jika Presiden tak cepat menyelesaikan, akan memicu gonjang-ganjing politik yang bisa mengancam investasi,” kata Jordan.

Selain itu, menurut Budi, volatilitas harga komoditas juga bisa mempengaruhi laju indeks. Budi maupun Jordan memprediksi, sampai akhir 2009 indeks bisa 2.600.

Sandy Baskoro KONTAN

… tapi kok sepi saja seh :
Selasa, 17/11/2009 09:43 WIB

Sepi katalis, IHSG naik tipis

oleh : Sylviana Pravita R.K.N.

JAKARTA (bisnis.com): Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan sesi I pagi ini naik tipis akibat kurangnya katalis pasar. IHSG naik 5,11 basisi poin menjadi 2.473,78.

Kenaikan IHSG sebesar 0,2% itu mengiringi kenaikan 31 saham, 22 saham turun dan 340 tidak berubah. PHSG dimotori oleh BBCA, UNVR, dan ASII dan BBRI naik Rp50 menjadi Rp7.550. Sebanyak 389 juta saham berpindah tangan pada pagi ini di Bursa Efek Indonesia.

Adapun, terkait dengan aksi korporasinya tehadap PT Newmont Nusa Tenggara, saham BUMI belum berubah atau tetap pada level Rp2.600. Selain itu, BNBR juga tidak berubah dari level Rp95.

IHSG kembali mencatat penguatan kemarin. Saham-saham sektor pertambangan menjadi primadona dan mencatat penguatan paling besar. Satu-satunya sektor yang mengalami pelemahan adalah sektor properti.

Nilai transaksi di pasar reguler relatif besar hampir mencapai Rp5 triliun. Dengan ditembusnya resisten kuat di level 2.446, secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatan. Harga komoditas kembali menguat menyusul melemahnya nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia.

Riset PT Sucorinvest Gani pagi ini menyebutkan US Dollar Index saat ini berada pada level terendahnya dalam 15 bulan terakhir. Namun harga komoditas belum juga membentuk level tertinggi baru. Investor patut mewaspadai pergerakan harga komoditas yang sewaktu-waktu berpotensi mengalami koreksi besar jika nilai tukar dolar kembali menguat.

IHSG hari ini berpotensi menguat tapi rawan aksi profit taking dan memiliki batas topang-resisten pada S2: 2412 S1:2440 dan R1: 2484 R2: 2500.

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s