1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

daripada jualan bakso, mendingan … 17 November 2009

Filed under: Teknik Maen Saham — bumi2009fans @ 9:46 pm

17/11/2009 – 18:29
Peluang Investasi Pasar Modal Masih Terbuka Lebar

(inilah.com /Dokumen)
INILAH.COM, Bandarlampung – Peluang investasi masyarakat Indonesia di pasar modal masih terbuka lebar, seiring dengan semakin dibukanya akses informasi dan edukasi tentang hal tersebut.

“Minat investasi masyarakat Indonesia di pasar modal makin besar, karena tren saat ini sudah beralih dari saving society (masyarakat menabung) menjadi investing society (masyarakat berinvestasi), tinggal bagaimana menginformasikannya secara benar,” kata Kepala Unit Edukasi Divisi Pemasaran PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Dedy Priadi, di Bandarlampung, Selasa (17/11).

Dia melanjutkan, pembukaan akses informasi dan edukasi terhadap masyarakat itu dapat semakin meningkatkan nilai transaksi di Bursa Efek Indonesia saat ini, yang sudah mencapai Rp4 triliun per hari.

Menurut Dedy, meskipun angka tersebut masih lebih kecil dibandingkan pasar bursa regional, namun potensi berkembang masih sangat tinggi, karena cukup banyak masyarakat Indonesia yang mempunyai uang.

“Syarat paling mendasar dalam berinvestasi adalah uang, dan pengetahuan yang cukup tentang kondisi pasar modal, nah kita tinggal memacu syarat keduanya saja,” ujarnya.

Sebagai bentuk realisasi dari wacana tersebut, BEI membuka perwakilan di Lampung melalui pengoperasian Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Lampung, yang merupakan perwakilan BEI ke-11 di Indonesia.

PIPM berfungsi sebagai lembaga edukasi dan informasi tentang dunia pasar modal kepada masyarakat, untuk menumbuhkan minat investasi mereka.

Kegiatan PIPM meliputi kerja sama dengan kampus dan lembaga pendidikan, melakukan seminar-seminar edukasi pasar modal kepada masyarakat, dan membuka layanan hotline bagi masyarakat yang ingin tahu tentang kondisi bursa saham.

“Bursa efek adalah investasi jangka panjang,dan bagi pelaku yang hendak melakukannya secara serius harus melakukan berbagai analisis, dan PIPM dapat mempermudah proses analisis tersebut,” kata Dedy.

Dia menambahkan, sejumlah analisis yang harus dilakukan calon investor adalah analisis fundamental, berkaitan dengan kondisi dan rekam jejak perusahaan yang akan dijadikan tempat berinvestasi, dan analisis teknikal, yang berkaitan dengan prediksi fluktuatif indeks harga saham.

“Apabila memperoleh informasi yang benar tentang hal-hal tersebut, saya yakin akan tumbuh kepercayaan masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal, dan itu akan semakin menyuburkan potensi transaksi,” pungkasnya. [*/cms]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s