1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

inovasi, saat RASIO berSOLUSI demi EMOSI … 171109 17 November 2009

Filed under: Mentalitas Investor — bumi2009fans @ 7:36 am

inovasi adalah sebuah KERJA BARENG EMOSI + RASIO … maksudnya EMOSI MENJADI MOTIF UTAMA, sementara RASIO MENJADI PERKAKAS PALING PENTING UNTUK MEWUJUDKANNYA … beberapa pekan terakhir, sebagian investor SANGAT EMOSIONAL GARA2 THE BAKRIES DAN ADRO … gw seh tenang2 aja, karena sejak awal gw uda menggunakan RASIO TINGGI dan EMOSI SANTAI … gw ga terlalu berekspektasi tinggi terhadap the bakries dan adro, tapi gw menggunakan strategi sebagian investasi dan sebagian trading … jadi, untuk investasi, adro #1, untuk trading the bakries #1 ... well, baca aja dah soal inovasi berikut ini:

Jumat, 13/11/2009 12:03 WIB

Krisis harus dilawan dengan inovasi

oleh : Suwantin Oemar

Krisis ekonomi global telah memorakporandakan aktivitas bisnis sehingga banyak perusahaan tidak mampu bertahan dan akhirnya jatuh bangkrut.

Akan tetapi, di tengah kondisi perekonomian yang serba kompleks seperti sekarang, masih ada perusahaan yang bisa menjaga pertumbuhan dan tetap bertahan, bahkan mereka bisa meningkatkan pertumbuhan dan sukses menghadapi krisis ekonomi.

Perusahaan di kawasan Asia dinilai banyak kalangan dalam kongres bertajuk Growth, Innovation and Leadership, yang diselenggarakan oleh Frost & Sullivan di Kuala Lumpur, belum lama ini, sebenarnya bisa menjadi garda terdepan dalam rangka pemulihan krisis ekonomi.

Menurut perusahaan konsultan itu, sejumlah perusahaan yang mampu bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi adalah mereka yang melakukan inovasi, tetap menjaga pertumbuhan.

“Unsur itu merupakan kunci penting dalam menjadikan sebuah perusahaan tetap terdepan dalam persaingan,”kata David Fridgstadt, Chairman Frost & Sullivan pada acara kongres itu.

Inovasi yang diterapkan oleh beberapa perusahaan diyakininya merupakan kunci keberhasilan dalam menjaga pertumbuhan pada masa resesi. Hal seperti itu juga diakui oleh Proton Holding Bhd, perusahaan otomotif Malaysia.

Datuk Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir, Managing Director Proton Holding Bhd, menilai inovasi merupakan faktor penting dalam menjaga pertumbuhan perusahaan. Inovasi tidak saja dilakukan terhadap produk, tetapi juga mencakup keseluruhan mulai dari proses produksi sampai pada sumber daya manusianya.

Selain itu, Syed menekankan pentingnya penerapan strategi untuk menjalin aliansi dengan mitra usaha guna memasarkan produk. Paling tidak itulah yang tengah dilakukan Proton dalam penjajakan strategi kemitraaan dengan produsen kendaraan bermotor India untuk pemasaran produk proton.

“Kita sedang menyelesaikan model bisnis yang tepat apakah melalui pembentukan perusahaan patungan atau Proton akan memasarkan kendaraan melalui mitra strategis di India,”ujarnya.

Apa yang dilakukan olah Proton juga tidak jauh berbeda dengan Prince Court Medical Centre, pusat kesehatan di Kuala Lumpur, dalam mengelola perusahaan pada masa krisis seperti sekarang.

“Prince Court Medical Center melakukan inovasi di bidang pelayanan dengan menerapkan strategi yang tepat dalam menghadapi pesaing guna menarik konsumen,” kata Stuart D Rowley, CEO Prince Court Medical Centre.

Prince Court merupakan salah satu pusat layanan kesehatan bertaraf internasional di Kuala Lumpur. Perusahaan itu dinilai sukses oleh Frost & Sullivan dengan inovasinya di bidang pelayanan dan kompetitif soal tarif.

“Wisata kesehatan sangat potensial dan pengeluaran mereka juga lebih besar bila dibandingkan dengan wisata jalan-jalan. Sekitar 72% pasien Prince Court Medical Centre datang dari Indonesia.”

Tahun inovasi

Pemerintah Malaysia juga menyadari peranan inovasi dalam menggerakkan pertumbuhan sangat penting. Malaysia semenjak dini sudah mencanangkan tahun 2010 sebagai tahun inovasi dan kreatif

Datin Paduka Khatijah Mohamad Yusuff, Wakil Sekjen Kementerian Science, Technology & Innovation Malaysia ketika membuka acara kongres itu juga mengemukakan pihaknya sudah mengusulkan pembentukan pusat inovasi nasional yang bertujuan mendorong inovasi untuk kemajuan ekonomi yang lebih besar. “Kita harus berinovasi untuk tetap bertahan selangkah di depan.”

Kesuksesan Malaysia pada masa mendatang, menurutnya, sangat bergantung kepada kapasitas dan kemapuan untuk melakukan inovasi.

Pemerintah Malaysia mengakui ilmu pengetahuan, teknologi, inovasi merupakan kunci sukses dalam rencana program pembangunan Malaysia ke depan.

Kunci strategis yang dilakukan oleh Malaysia saat ini adalah dengan melakukan investasi di bidang R & D, akuisisi teknologi. “Malaysia kini memformulasikan strategi baru, menyiapkan program dan proyek untuk rencana Malaysia ke depan,”katanya.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana dengan masa depan? Bisnis serta strategi apa yang harus dilakukan oleh perusahaan supaya tetap berhasil?

Para CEO perusahaan pada masa mendatang, menurut Frost & Sullivan, ditantang untuk melakukan inovasi produk dengan mengarah ke industri yang ramah lingkungan. Proses manufaktur dan pengemasan produk harus berbasis ramah lingkungan.

Dampak dari revolusi hijau dapat dilihat dari kehidupan sehari-hari, sedangkan dari segi industri bisa dilihat bahwa pertumbuhan permintaan produk minuman dan kosmetik berbasis alami kini mulai meningkat.

Saat ini banyak tuntutan dari negara konsumen akan produk yang diproses oleh industri yang ramah lingkungan. Gerakan dari berbagai kelompok pegiat lingkungan juga turut mendorong pertumbuhan bisnis sektor ini.

“Inovasi dan strategi pengembangan usaha ke arah produk yang ramah lingkungan merupakan faktor kunci keberhasilan pada masa datang,”kata Krithika Tyagarajan, Consulting Analyst, Chemicals & Materials, Frost Sullivan.

Menurut dia, dalam kondisi gejolak ekonomi seperti sekarang, para pelaku usaha harus hati-hati dan mengevaluasi kembali dalam melaksanakan perencanaan bisnis.

Pemulihan ekonomi akan membawa fokus baru pada isu-isu lingkungan dan produk yang ramah lingkungan. Untuk itu, perusahaan dituntut tetap meneruskan investasi ke produk yang ramah lingkungan, sehingga membedakannya dari produk yang lain.

Para pemimpin perusahaan, sarannya, juga ditantang untuk melakukan ekspansi pasar ke negara-negara berkembang seperti China, India, Brasil, Eropa Timur dan beberapa negara di Arika. “Negara-tersebut merupakan pasar potensial bagi pertumbuhan usaha.”

Perusahaan mau tidak mau harus mampu menciptakan unit bisnis baru yang terpisah khusus guna menangani produk yang ramah lingkungan. (suwantin.oemar@bisis.co.id)

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s