1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

REFORMASI BEI, diutangin seh … 171109 17 November 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:40 am

Senin, 16/11/2009 20:05 WIB

ADB beri pinjaman Rp3 triliun

oleh : Achmad Aris

JAKARTA (bisnis.com): Dewan Direksi Bank Pembangunan Asia (ADB) menyetujui pengucuran pinjaman program sebesar US$300 juta (Rp3 triliun) kepada Indonesia guna mendanai reformasi pasar modal domestik.

Pemberian pinjaman tersebut merupakan tahap kedua yang disepakati ADB dan Indonesia dalam rangka pendanaan Kluster Program Pengembangan Pasar Modal di mana pada Desember 2007, ADB telah mengucurkan pinjaman tahap pertama senilai US$300,7 juta.

“Pinjaman diberikan untuk pembiayaan program jangka menengah pemerintah terkait agenda reformasi keuangan untuk mendorong pasar modal domestik memberikan pembiayaan jangka panjang atas proyek-proyek infrastruktur dan lainnya,” tulis rilis ADB yang diterima Bisnis hari ini.

Pinjaman tersebut diberikan dengan masa jatuh tempo pembayaran hingga 15 tahun dengan masa tenggang 3 tahun. Suku bunganya diberikan sesuai suku bunga acuan LIBOR ADB.

Laporan evaluasi ADB untuk pelaksanaan program pinjaman tahap pertama menyebutkan Indonesia cukup berhasil mendorong sektor-sektor keuangan domestik. Sebagai contoh sektor perbankan berhasil menyumbangkan 80% dari total aset industri keuangan nasional meski masih lebih banyak berasal dari sumbangan kinerja pinjaman jangka pendek seperti pasar ekuitas dan utang.

“Bersama dengan reformasi ekonomi yang lebih luas di Indonesia, reformasi pasar modal memberikan kontribusi bagi stabilitas sektor keuangan dalam mendorong produktivitas dan penciptaan lapangan kerja, termasuk pengurangan angka kemiskinan,” kata Principal Spesialis Sektor Keuangan ADB di Asia Tenggara Valliyoor Subramanian.

Melalui pinjaman tahap kedua ini, diharapkan Indonesia bisa secepatnya membentuk tim terpadu sektor keuangan bagi pelaksanaan Master Plan Pasar Modal 2010-2014. Termasuk di dalamnya pembentukan dana perlindungan investor melalui instrumen hedging. (tw)

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s