1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

efek bulan pertama … historikal ga terlalu YAKIN : 191109 19 November 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 2:57 am

January Effect Buka Peluang Investor Asing Masuk
Rabu, 18 November 2009 – 17:10 wib

Widi Agustian – Okezone

JAKARTA – Momen January effect membuka peluang Indonesia untuk menjadi tempat investasi investor asing. Saat itu para pengelola dana asing melakukan evaluasi dan memutuskan negara yang akan dijadikan sasaran investasinya.

“Ada peluang Indonesia masuk kategori masuknya dana asing tersebut,” jelas Director Head of Equity PT Fortis Investment Alvin Pattisahusiwa, usai seminar bertajuk “Can IHSG Reach 3.000 in 2010?”, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (18/11/2009).

Sedikit bercerita, dia mengungkapkan pada Januari biasanya fund manager asing mengkaji investasi di beberapa negara berkembang (emerging market) dan melihat outlook negara mana yang cocok dengan investasinya.

Saat ini porsi dana asing yang masuk ke Indonesia masih sangat kecil, tidak lebih dari 2,5 persen dari dana asing yang masuk ke negara Asia di luar Jepang. “Meskipun positif, kurang dari tiga persen,” jelasnya.

Menurutnya, selain pasar saham, asing juga akan masuk ke semua asset class di Indonesia. Alvin melanjutkan, saham obligasi masih menarik bagi mereka, dengan risiko minim dan yield tinggi sekira 6,5-7 persen.

“Suku bunga Indonesia paling tinggi yield-nya. Mereka melakukan carry trade, meminjam uang, seperti yen dari Jepang yang suku bungnya rendah, lalu menaruhnya di Indonesia. Dan mendapatkan keuntungan enam persen. Dengan asumsi nilai tukarnya tetap,” paparnya.

Sementara itu, obligasi pemerintah juga cukup menjanjikan bagi asing dengan yield rata-rata 10 persen. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan obligasi Pemerintah AS yang hanya tiga persen. “Ini spread yang cukup menarik,” tukasnya. (ade)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s