1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

broker TERSENYUM … 241109 24 November 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 8:24 am

Senin, 23 November 2009 | 15:00

INDUSTRI SEKURITAS

E-Trading, Broker Lokal Teraktif

JAKARTA. PT e-Trading securities menjadi salah satu broker lokal yang berhasil membukukan transaksi besar ditengah dominasi penetrasi broker-broker asing di industri sekuritas Tanah Air.

Mengutip data statistik Bursa efek Indonesia (BEI), hingga akhir Oktober 2009, e-trading berhasil mencatatkan transaksi Rp 8,8 triliun atau 4,4% dari total transaksi BEI di sepanjang oktober 2009 yang mencapai Rp 197,94 triliun.

Pencapaian transaksi sebesar itu, sekaligus menempatkan e-trading duduk di peringkat keempat perusahaan sekuritas yang mencatatkan transaksi besar. Pada bulan sebelumnya, e-tading berada di posisi kelima dengan transaksi sebesar Rp 6,58 triliun atau 4,92% dari total transaksi BEI per September 2009 yang mencapai Rp 133,61 trriliun.

Sekadar catatan, saat ini, nilai transaksi harian di e-trading antara Rp 300 miliar–Rp 400 miliar. Sementara jumlah nasabah e-Trading sebanyak 30.500 orang.

Adapun, perusahaan sekuritas yang paling aktif mencatatkan transaksi selama Oktober 2009 adalah PT CLSA Indonesia. Pada periode tersebut, transaksinya CLSA menembus Rp 11,38 triliun atau setara dengan 5,75% dari total transaksi BEI di sepanjang oktober.

Roy Franedya kontan
Selasa, 24 November 2009 | 10:11

MERGER SEKURITAS

Bapepam Tak lagi Minta Sekuritas Merger

JAKARTA. Kondisi bursa saham Indonesia yang semakin baik melegakan perusahaan sekuritas. Pasalnya, mereka tak harus merger karena kesulitan likuiditas.

Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Ahmad Fuad Rahmani mengatakan, wacana merger sekuritas yang muncul tahun lalu bertujuan menolong broker yang terbelit kesulitan likuiditas.

“Perusahaan sekuritas sangat bergantung pada transaksi yang dilakukan nasabah. Jika transaksi sepi, seperti yang terjadi di akhir tahun lalu hingga awal tahun ini, mereka sulit menjalankan bisnis,” ujar dia, Senin (23/11).

Di saat kondisi bursa sudah pulih, Fuad menilai, wacana itu tak relevan lagi. “Bapepam tidak perlu lagi menganjurkan perusahaan sekuritas untuk merger karena mereka sudah bisa menjalankan bisnis dengan baik,” ujar dia.

Aturan yang mengatur likuiditas perusahaan sekuritas saat ini adalah nilai minimal Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) Rp 25 miliar.

Presiden Direktur HD Capital Antony Kristanto menuturkan, sebenarnya tidak mudah untuk menggabungkan dua sekuritas mengingat setiap perusahaan punya cara kerja yang berbeda. Selain itu, bisnis inti setiap sekuritas bisa jadi juga berbeda.

Menurut Antony, bagi perusahaan sekuritas yang berfungsi sebagai perantara, merger bukanlah hal yang krusial karena mereka sangat bergantung pada fee transaksi. “Mungkin yang perlu merger dan butuh suntikan modal adalah sekuritas yang menawarkan margin trading karena mereka butuh modal yang akan dipinjamkan bagi nasabah,” kata dia, Senin (23/11).

Hingga kini HD Capital memiliki MKBD sebesar Rp 70 miliar. Dengan lebih dari 10.000 nasabah, nilai transaksi harian yang dilakukan HD Capital Rp 50 milliar.

Teguh Ramadhani, Komisaris Evio Securities, juga sepakat dengan pendapat Antony. Merger memang sudah tidak diperlukan lagi karena rapor perusahaan sekuritas sudah biru. “Ada baiknya regulator membiarkan sekuritas tumbuh secara alami dan menyelesaikan masalahnya sendiri,” ujar dia.

Selain menguntungkan sekuritas, lanjut Teguh, kondisi pasar saham Indonesia yang makin baik juga telah mengundang minat perusahaan sekuritas asing masuk ke negeri ini. “Karena pasar saham Indonesia salah satu yang terbaik di Asia,” katanya.

Roy Franedya KONTAN

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s