1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

daripada dimaenin, mending maen online … 251109 25 November 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 10:23 pm

Rabu, 25 November 2009 | 10:29

INVESTOR VS DANAREKSA

Investor Saham Gugat Danareksa Sekuritas

JAKARTA. Tidak untung, tapi malah buntung. Begitulah nasib Muhammad Idris, salah satu nasabah PT Danareksa Sekuritas. Sejumlah dana yang ia setor untuk membiayai transaksi saham ternyata dipakai oleh Fani Gunawan, broker yang bekerja di perusahaan sekuritas pelat merah itu. Idris pun lantas menggugat perdata Danareksa Sekuritas ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Ia menilai, Danareksa telah lalai melakukan pengawasan internal terhadap karyawannya. Buktinya, “Tidak ada sosialisasi dan upaya pencegahan atas penyimpangan dan penyalahgunaan transaksi dana,” jelas Siti Nur Intihani, pengacara Idris dalam berkas gugatan yang didapat KONTAN, Selasa (24/11).

Idris menjerat Danareksa dengan pasal 31 jo pasal 90 Undang-Undang Nomor 8/1995 tentang Pasar Modal. Menurut dia, sebagai perusahaan yang mempekerjakan karyawan, Danareksa bertanggung jawab atas tindakan karyawan dalam mengelola dana tunai nasabah yang menyalahi prosedur sehingga merugikan.

Dalam berkas gugatan yang dilayangkan 4 Agustus 2009 itu, selain Danareksa, Idris juga menuntut Fani Gunawan sebagai Tergugat II. Melalui gugatan ini, Idris menuntut pembayaran ganti rugi materiil sebesar Rp 746,33 juta. Rinciannya, dana di rekening sebelumnya Rp 501,75 juta plus dana tambahan Rp 100 juta, kerugian akibat fee transaksi Rp 21,81 juta yang sudah telanjur dipotong, dan hilangnya hak penggunaan dana itu jika dimanfaatkan untuk bisnis atau disimpan dalam tabungan Rp 122,77 juta. Selain itu, Idris juga menuntut ganti rugi imateriil sebesar Rp 1 miliar dan biaya peradilan sekitar Rp 100 juta.

Namun, Danareksa menyangkal semua tudingan ini. Pengacara Danareksa Atmajaya Salim menyatakan, kliennya tak bertanggung jawab atas keputusan transaksi nasabah. Artinya, segala kerugian atas transaksi ditanggung oleh nasabah. “Semua ketentuan diatur dalam perjanjian sebagai dasar hukum hubungan kami dengan nasabah,” kata dia. Ia juga menampik tudingan bahwa pengawasan internal Danareksa lemah.

Yudho Winarto

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s