1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

kenapa TERPAKSA MATI kalo bisa diversifikasi … 251109 25 November 2009

Filed under: Mentalitas Investor — bumi2009fans @ 12:47 pm

http://sahamadaro.wordpress.com/2009/11/24/tolol-di-investasi-mampus-241109/

posting di link di atas sebenarnya berkisah tentang nasib orang kecil yang tidak mau tau soal DIVERSIFIKASI … pada dasarnya diversifikasi itu MENYELAMATKAN BANYAK HAL dan MEMBESARKAN MANFAAT INVESTASI

 

… gw belajar dari 2 hal : PRINSIP INVESTASI PORTOFOLIO dan PENGALAMAN HIDUP gw : semakin terdiversifikasi investasi portofolio gw sekecil apa pun, akan semakin aman … itu prinsip DON’T PUT ALL YOUR EGGS IN ONE BASKET … berdasarkan pengalaman gw saat KRISMON, dari 6 bank tempat gw menaruh deposito dan tabungan, maka 2 bank dilikuidasi … malah gw punya tabungan di bank luar negeri tetap aman, walau pun gwnya uda balek kerja di dalam negeri, bahkan selama 7 taon tidak PERNAH SESEN PUN BERKURANG (ga kaya di bca, tabungan gw uda lenyap….. 😦 … bca emang mata duitan seh … sekarang gw cuma pake kartu atm dari bank asing di atas bwat ambil duit dari atm bca)  … dari 2 bank yang dilikuidasi, gw masih dapat seluruh tabungan dan bunganya, kecuali bunga bulan terakhir … saat krisfinalo gw juga punya tabungan di salah satu bank asing yang dirumor berat … bank itu jadi penjual produk investasi hedge fund dari Lehman Brothers, yang dilikuidasi oleh pemerintah amrik … bank asing itu goncang ditinggal sebagian nasabahnya … gw sante aja apalagi gw baca2 di internet bahwa bank asing itu diselamatkan oleh pemerintah amrik … seandainya bank asing itu bener2 dilikuidasi, maka gw maseh punya beberapa bank asing lain tempat dana2 gw yang aman … jadi berdasarkan pengalaman gw, diversifikasi itu harus MENJADI PRIORITAS UTAMA sebelum berinvestasi dalam BENTUK INVESTASI APA PUN … sayang, gw ga minat diversifikasi model poligini 😛

… nah di bidang reksa dana pun terbukti saat krisfinalo baru mulai, maka reksa dana pendapatan tetap gw ternyata memberikan imbal hasil yang lebe tinggi daripada reksa dana saham atawa campuran … jadi potential losses di reksa dana saham dan campuran bisa dibatasi oleh potential gain di reksa dana pendapatan tetap (underlying assets: obligasi pemerintah indo)  dan reksa dana pasar uang (underlying assets: deposito dan obligasi jangka kurang dari setaon) … nah, pengalaman gw sebaiknya ELO PADA INVES JANGAN DI SATU SAHAM … terbukti saat 6 dari 7 saham gw merosot dahsyat di Oktober 2009, saham ADRO MALAH MELEJIT 10% sehingga mengurangi risiko investasi jangka panjang gw …

… diversifikasi juga bisa dilakukan dengan cara MEMBELI SAHAM PADA BERBAGAI HARGA YANG LEBIH MURAH … misalnya harga turun, maka ada ekspektasi untuk BELI PELUANG sehingga saat harga naek tinggi, gw punya ekspektasi JUAL AMBIL LABA … ke 7 saham gw itu uda terbukti dan dengan berbagai tingkat LABA tentu saja …

 

2 Responses to “kenapa TERPAKSA MATI kalo bisa diversifikasi … 251109”

  1. Investorpedia Says:

    Kami akan Mengembangkan situs panduan saham di indonesia yang beralamat di

    http://investorpedia.blogspot.com

    • bumi2009fans Says:

      on ur own risks … bila pembaca blog maen saham beneran ingin dapat SECOND OPINION, GW MAH SELALU POSTING PENDAPAT DAN BERITA DARI SITUS2 BAGUS… tapi kalo maseh mo yang baru, silakan aja … risiko ditanggung sendiri
      … for your information : situs SEBENARNYA http://INVESTOPEDIA.COM adalah situs INVESTASI yang paling berbobot jauh melebihi semua situs investasi lainnya, sayangnya situs2 lain cuma bisa memberitakan NEWS bukan membimbing dengan baik dan benar para calon investor … investopedia.com uda gw kenal sejak gw mulai maen reksa dana s/d sekarang … gw juga pernah mengutip penjelasan dari investopedia.com


Tinggalkan Balasan

