1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

iming2 doank … 011209 1 Desember 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 9:19 am

Tutup Tahun IHSG Menuju 2.648
Selasa, 1 Desember 2009 – 08:49 wib

Candra Setya Santoso – Okezone

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan menguat (bullish) di kisaran level 2.262-2.648 di akhir tahun ini. Selain itu, sejumlah pelaku pasar diprediksi melakukan window dressing terhadap laporan akhir tahun mereka.

“IHSG hingga akhir 2009 diperkirakan masih akan bergerak dalam pola trend bullish, pada kisaran range 2.262 – 2.648,” ujar analis PT Reliance Securities Gina Novrina Nasution, saat berbincang dengan okezone, di Jakarta, Selasa (1/12/1009). Dijelaskannya, titik resisten pada Desember 2009 berada di level 2.648, sedangkan titik support di level 2.262.

IHSG pada November 2009 mengalami penguatan sebesar dua persen dan year to date (YtD) sebesar 78,2 persen. “Pergerakan IHSG masih dalam pola uptrend channel, penguatan akan terjadi hingga akhir tahun dengan pola uptrend channel,” katanya.

Biasanya, jelas Gina, menjelang akhir tahun biasanya beberapa pihak yang berkepentingan melakukan aksi pengangkatan harga saham guna memperbaiki bobot portofolio mereka agar terlihat lebih bagus di akhir tahun atau dikenal dengan istilah window dressing.

Pelaku pasar modal tentunya sudah mengantisipasi akan kemungkinan kembali terjadinya window dressing. Harapan ini dapat dimaklumi, mengingat dalam window dressing kerap kali terjadi suatu pergerakan anomali saham-saham tertentu dalam dua atau satu minggu di penghujung tutup tahun dengan tingkat pengambilan yang tumbuh signifikan.

“Walaupun di dera kasus gagal bayar dubai world senilai USD59 miliar, namun di bursa kita tidak terlalu terkena imbas yang besar. Angka inflasi yang diperkirakan masih terkontrol YoY di bawah tiga persen menambah sentimen positif dalam negeri dan bursa kita,” pungkasnya. (css)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s