1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

25% itu sulit sekali lho … 021209 2 Desember 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:32 pm

Jika EPS 25%, IHSG Bisa 3.000
Rabu, 2 Desember 2009 – 18:36 wib
TEXT SIZE :
Nurfajri Budi Nugroho – Okezone

(Foto: Koran SI)
JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) bisa menembus level 3.000 pada tahun 2010. Syaratnya, rata-rata laba per saham (earning per share/EPS) mencapai 25 persen, dan price earning ratio (PER) tidak mengalami perubahan di kisaran 14-15 persen.

“Saya optimistis 2010 bisa 3.000. Syaratnya tidak ada cateris paribus, tidak ada kejadian yang mengguncang Indonesia, dunia, maka bisa mencapai angka itu,” kata praktisi pasar modal Rizal Bambang Prasetijo dalam seminar di acara Investor Summit and Capital Market Expo 2009, di Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (2/12/2009).

Tahun ini, menurut dia, tingkat pengembalian investasi di Tanah Air mengalami peningkatan. Pada 2008, equity return mengalami penurunan 59 persen, sementara pada tahun ini meningkat 108 persen.

“Hal ini tidak terlepas karena adanya asset reflation, dan karena investor tertarik dengan posisi Indonesia yang ada kestabilan politik. Berbeda dengan negara-negara tetangga seperti Thailand, Filipina, atau Malaysia yang mengalami kegempaan politik,” papar dia.

Pria yang menjabat sebagai Senior Country Officer JP Morgan ini juga menjelaskan, saat ini peringkat rating utang Indonesia menurut Standard and Poor’s berada di level BB-. Padahal paling tidak Indonesia bisa memperoleh rating BB+. Mengenai ini, Rizal melihat ada ketidakadilan dari lembaga pemeringkat.

“Padahal ini pengaruhnya besar. Karena untuk mendapatkan status investment grade (layak investasi), maka cost of capital seharusnya bisa lebih rendah lagi,” jelas dia.(jri)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s