1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

daripada maen saham, mending inves di asuransi … 061209 6 Desember 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 4:28 pm

Asuransi Perisai Ketidakpastian, Bencana, dan Krisis
Selasa, 1 Desember 2009 – 08:24 wib

Dari waktu ke waktu, kita menyaksikan terjadinya ragam bencana alam di negeri ini, yang notabene hampir tidak mungkin bisa diduga kemunculannya.

Ketika kejadian tak terduga tersebut muncul dalam sekejap mata, ratusan bahkan ribuan jiwa melayang dan kerusakan berbagai fasilitas pun terjadi di sanasini. Tangisan pilu dan perasaan duka mendalam dirasakan tidak hanya oleh keluarga korban tetapi segenap masyarakat Indonesia. Rasa simpati dan empati terus bermunculan manakala bencana terus bermunculan di negeri ini.

Secara geografis, posisi sebagian besar wilayah kepulauan Indonesia dikelilingi cincin api Pasifik yang notabene menjadi pusat potensi gempa berskala besar.Struktur geologis pesisir Indonesia merupakan pertemuan dari tiga lempeng besar dunia, yakni Lempeng Pasifik, Lempeng Filipina, dan Lempeng Australia-Lautan India. Kondisi ini menjadikan sebagian besar wilayah Indonesia menjadi area yang tidak pernah sepi dari bencana gempa bumi.

Salah satu gempa amat dahsyat terjadi pada Desember 2004 dan menimbulkan gelombang tsunami yang menyapu sebagian besar wilayah Aceh.Gempa tersebut menelan korban tewas tidak kurang dari 280.000 jiwa, sekitar 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal, dan kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp140 triliun. Dua tahun berikutnya (27 Mei 2006), gempa Yogyakarta (berkekuatan 6,2 Skala Richter) meluluhlantakkan wilayah Bantul.

Gempa dahsyat tersebut mengakibatkan 5.800 jiwa meninggal dunia, 200.000 keluarga kehilangan rumah tinggal, 280 ribu gedung dan sarana rusak, dan kerugian materiil mencapai Rp30 triliun. Gelombang gempa berkekuatan besar pun kembali terjadi di Padang (13 September 2009 berkekuatan 8,4 Skala Richter),dan Jambi (14 September 2009 berkekuatan 7,8 Skala Richter).Hati kita pun miris manakala kita menyaksikan ratapan saudara-saudara kita yang penuh duka di Tanah Minang.

Selain rawan gempa berkekuatan besar, gunung-gunung berapi pun tersebar di seantero Pulau Sumatera, Jawa, hingga ke bagian atas Sulawesi. Di antara gugusan kepulauan besar di Indonesia, hanya pulau Kalimantan yang bebas dari bentangan gunung berapi tersebut. Sejak zaman nenek moyang kita ratusan tahun lalu, puluhan gunung berapi di negeri ini mengakibatkan bencana gunung meletus dan limpahan lahar panas.

Literatur mencatat, Gunung Krakatau meletus pada 1850 dan menelan korban jiwa sebanyak 35.000 orang. Letusan Krakatau mengguncang Selat Sunda dan menimbulkan gelombang tsunami berketinggian puluhan meter dan meluluhlantakkan tak kurang dari 165 desa.

Beberapa tahun sebelumnya (1815), Gunung Tambora memuntahkan lahar panas dan menimbulkan letusan teramat dahsyat dan menewaskan 12.000 orang. Konon, debu vulkaniknya menyebar sampai ujung Sumbawa. Serangkaian musibah atau bencana menjadi satu keniscayaan yang sering terjadi di sekitar kita dan itu menjadikan kita harus waspada dan semakin mendekat kepada Tuhan Sang Pencipta.

Asuransi Jiwa Solusi Berbagai Ketidakpastian

Kondisi yang acap kali menyertai terjadinya bencana ialah jatuhnya korban jiwa secara mengenaskan. Meninggalnya orang-orang tercinta di antara para korban musibah bencana menambah pedihnya perjalanan hidup keluarga yang ditinggalkan. Apalagi, ketika pencari nafkah utama dalam keluarga yang menjadi korban, perjalanan hidup selanjutnya acap kali merupakan beban keuangan yang berat bagi keluarga yang ditinggalkan.

Keberlangsungan pasangan hidup dan anak-anak tanpa pencari utama nafkah menyisakan rentetan beban finansial yang pelik. Mereka berhadapan dengan biaya hidup sehari-hari, biaya pendidikan untuk anak-anak tercinta dari jenjang terendah hingga ke perguruan tinggi, dan biaya hidup lainnya. Ancaman kemalangan merupakan rahasia Yang Kuasa,dan semua itu bisa datang setiap saat kepada siapa pun.

Tidak ada waktu yang tidak tepat dan tidak ada kata tidak siap manakala kemalangan itu terjadi. Tanpa gempa, tanpa bencana banjir, kematian pun bisa terjadi manakala kita mengalami kecelakaan tak terduga atau kita menderita penyakit berat. Misteri datangnya kemalangan merupakan ancaman ketidakpastian dalam perjalanan hidup kita.

Selain fenomena ragam bencana dan kemalangan tak terduga yang bisa terjadi setiap saat, berbagai guncangan sosial ekonomi juga menyumbang risiko ketidakpastian perihal kehidupan sosial serta keuangan kita dan keluarga di masa depan.Krisis finansial global yang sudah berlangsung selama satu tahun pun masih menyisakan ragam dampak negatif bagi kehidupan kita! Melemahnya denyut ekonomi serta transaksi barang dan jasa telah melahirkan gelombang PHK di kalangan perusahaan di seantero Tanah Air.

Puluhan ribu orang bahkan ratusan ribu tenaga kerja di negeri ini harus menerima konsekuensi PHK karena perusahaan tidak kuat menahan derasnya pengaruh negatif dari krisis finansial global. Di tengah ragam bencana dan guncangan kehidupan yang memicu ketidakpastian dalam hidup, termasuk di dalamnya ancaman terhadap kesempatan kerja dan berprofesi, ada berita baik bagi Anda.

Anda bisa memanfaatkan satu mekanisme untuk mengantisipasi dan mengalihkan beban risiko buruk yang muncul manakala ragam kemalangan dan krisis menimpa Anda di waktu mendatang. Dalam konteks ini, asuransi jiwa merupakan jawaban aktual untuk bisa menghindarkan Anda dan keluarga dari beban finansial yang pelik manakala risiko kemalangan terjadi dalam perjalanan hidup Anda.

Skema asuransi jiwa memberikan sebuah proteksi keuangan yang amat berharga dan tak ternilai bagi Anda dan keluarga terhadap kesulitan keuangan yang mungkin timbul saat kemalangan datang menjemput,misalnya Anda meninggal dunia,terkena penyakit krisis, atau mengalami cacat berat. Ragam keuntungan dan manfaat akan Anda dapatkan ketika polis asuransi jiwa sudah menjadi bagian dari diri Anda dan keluarga.

Ketika Anda sudah memperlengkapi diri dan keluarga dengan program asuransi jiwa yang dirancang dengan baik, polis yang Anda miliki akan menyediakan dana siaga bila suatu kemalangan menimpa Anda dan itu berakibat pada pengeluaran dana yang tidak sedikit. Skema asuransi jiwa juga bisa melindungi Anda dari besarnya biaya perawatan kesehatan akibat penyakit yang Anda derita.

Polis asuransi jiwa pun bisa dirancang untuk memberikan manfaat asuransi dalam bentuk pendapatan bulanan yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi jiwa manakala Anda memasuki usia pensiun nantinya. Pada edisi minggu depan, saya mengajak Anda untuk mengikuti uraian lebih lanjut tentang produk asuransi jiwa sebagai sebuah kebutuhan yang esensial bagi Anda pada era modern saat ini. (*)

Eddy KA Berutu
Praktisi Asuransi dan
Ketua Departemen Pendidikan,
Pelatihan, dan Pengembangan AAJI
(Koran SI/Koran SI/rhs)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s