1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

emang kinclong, gw mah uda enjoy lah … 061209 6 Desember 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 4:07 pm

06/12/2009 – 14:34
Ha! IHSG Beri Return Hingga 83 Persen
Agustina Melani

INILAH.COM, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Indonesia memberikan return terbaik di dunia sekitar 83% yang ditopang investor domestik walaupun harus short term.

Hal itu disampaikan Senior Research Analiyst PT Anugerah Securindo Indah Viviet S. Putri kepada INILAH.COM, Rabu (2/12) lalu. “IHSG di Indonesia ditopang oleh optimisme investor lokal, mereka tetap melakukan trading meskipun short term,” ujar Viviet.

Viviet mengatakan, perekonomian global dan regional diprediksikan akan membaik pada 2010. Pasar modal masih akan ditunjang oleh investor asing. “Ada 3 hal yang dilihat oleh investor asing di Indonesia antara lain iklim investasi sehingga kepastian hukum menjadi penting, kedua stabilitas sosial dan politik serta iklim sosial ekonomi,” tutur Viviet.

Ia menambahkan, pemerintah berencana akan menggenjot infrastruktur pada 2010 juga akan memberikan sentimen positif pada emiten. “Pemerintah harus benar-benar berkomitmen untuk mendukung pembangunan infrastruktur,” kata Viviet.

Meskipun pada 2009, Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi dan return IHSG yang baik. Viviet memperkirakan, Indonesia memiliki tantangan antara lain inflasi lebih tinggi karena kenaikan harga dan rencana kenaikan tarif listrik akan mempengaruhi daya beli masyarakat.

Viviet mengharapkan, emiten dapat lebih tranparan, memiliki akuntabilitas dan fairness. Menurut Viviet, ada beberapa emiten yang tidak transparan dengan aksi korporasi yang dilakukan oleh emiten. Untuk sektor saham yang memiliki prospek pada 2010 antara lain sektor perbankan dan perkebunan. “Ada wacana di Eropa karena global warming akan mempengaruhi penggunaan batubara sehingga memaksa manufaktur mengurangi penggunanaan batubara pada pertengahan 2010, dan penggunaan CPO akan lebih bagus,” ujar Viviet.

Sektor saham perkebunan pun memiliki prospek baik demikian juga dengan saham perbankan. Menurut Viviet, perbankan akan menyasar ke sektor ritel sehingga kredit konsumsi lebih bagus. [hid]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s