1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

3 aturan baru right issue di bapepam-lk … 111209 11 Desember 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 6:23 pm

Bapepam Revisi 3 Aturan Soal HMETD
Jum’at, 11 Desember 2009 – 15:24 wib

Ade Hapsari Lestarini – Okezone

JAKARTA – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mengeluarkan tiga pokok perubahan yang diatur dalam peraturan mengenai penambahan modal tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany, seperti dikutip dalam situs resmi Bapepam-LK di Jakarta, Jumat (11/12/2009).

Pokok perubahan yang diatur dalam peraturan tersebut, pertama mengubah persyaratan bagi emiten atau perusahaan publik yang dapat menambah modal tanpa memberikan HMETD menjadi penambahan modal hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu dua tahun dengan penambahan modal paling banyak 10 persen dari modal disetor.

Kedua, mengubah nilai persentase bagi bank yang akan menambah modal tanpa memberikan HMETD dengan persyaratan bank tersebut menerima pinjaman dari Bank Indonesia (BI) atau lembaga pemerintah lain yang jumlahnya lebih dari 100 persen dari modal disetor atau kondisi lain yang dapat mengakibatkan restrukturisasi bank oleh instansi pemerintah yang berwenang.

Kemudian, ketiga, menambah ketentuan baru mengenai kewajiban memberitahukan kepada Bapepam-LK serta mengumumkan kepada masyarakat mengenai waktu pelaksanaan penambahan modal tanpa HMETD dan hasil pelaksanaan penambahan modal tersebut.

Ini sesuai dengan peraturan Nomor IX.D.4 lampiran Keputusan Ketua Bapepam-LK Nomor: Kep-429/BL/2009 tentang penambahan modal tanpa HMETD.

Peraturan tersebut merupakan perubahan atas peraturan yang telah ada sebelumnya dalam rangka meningkatkan akses pembiayaan dari pasar modal bagi emiten atau perusahaan publik, sehingga dapat membuat pasar modal sebagai pilihan alternatif sumber pembiayaan yang lebih kompetitif bagi dunia usaha dan mendorong peningkatan kepemilikan publik secara lebih meluas atas perusahaan terbuka. (ade)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s