1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

jangan NEKAT dah … pake otak ya … 131209 13 Desember 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 11:38 pm

13/12/2009 – 13:25
Jumlah Investor Pasar Modal Belum Maksimal

(inilah.com/Dokumen)
INILAH.COM, Surakarta – Pertumbuhan jumlah investor di pasar modal yang belum optimal menjadi perhatian utama pemerintah. Walaupun kepercayaan masyarakat terhadap pasar modal tetap tumbuh.

Hal itu dikatakan Sekretaris Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Ngalim Sawega di Surakarta, kemarin. “Untuk meningkatkan peran domestik kami melakukan berbagai kegiatan yang sifatnya seperti peningkatan kualitas pengawasan dan penegakan hukum, peningkatan kualitas pelaku pasar modal, upaya sosialisasi dan edukasi masyarakat dan lainnya,” jelasnya.

Menurut dia, pertumbuhan yang belum optimal itu mengharuskan Bapepam-LK bersama Self Regulatory Organization (SRO) dan pelaku pasar modal lain terus berupaya untuk meningkatkan peran pemodal domestik di pasar modal.

Ia menambahkan, beberapa arah kebijakan pasar modal ke depan di antaranya peningkatan perlindungan investor atau nasabah, peningkatan standar kualifikasi pelaku pasar modal dan lembaga keuangan nonbank, peningkatan good corporate governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik bagi pelaku bisnis dengan meningkatkan disiplin dan kepatuhan mereka terhadap peraturan Bapepam-LK.

Selain itu, lanjut dia, meningkatkan kepatuhan pelaku pasar modal dan lembaga keuangan nonbank terhadap perundangan-undangan tentang anti-money laundering, mendorong inovasi pengembangan produk pasar modal yang kompetitif pada tingkat risiko yang terkendali dan terukur.

Sementara itu jumlah subrekening yang tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) selama lima tahun terakhir tumbuh 26,33 persen per tahun. Saat ini, jumlah subrekening efek mencapai 360.340 ribu. Pertumbuhan pemegang unit reksa dana selama periode itu sebesar 11,43 persen. “Kendati kedua indikator ini tumbuh dengan nilai yang terlalu tinggi tetapi masih kita dapat simpulkan bahwa dalam lima tahun terakhir ini kepercayaan masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal tetap tumbuh,” katanya.

Ia mengatakan, industri pasar modal dunia mengalami goncangan yang besar di 2008 sebagai dampak krisis keuangan dan ekonomi global yang dipicu oleh krisis subprime mortgage di Amerika Serikat telah menjatuhkan harga-harga efek yang tercatat di bursa kawasan Asia Pasifik tidak terkecuali dengan Indeks Bursa Efek Indonesia (BEI). “Hal itu mengakibatkan penurunan indeks BEI sangat signifikan antara minus 35 persen hingga minus 65 persen,” ujar Ngalim. [*/hid]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s