1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

abu dhabi penyelamat dubai world … 141209 14 Desember 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 9:18 pm

14/12/2009 – 20:48
Abu Dhabi Suntik US$10 Miliar
Dubai World Beri Sinyal Positif
Ahmad Munjin

(istimewa)
INILAH.COM, Jakarta – Suntikan dana US$10 miliar dari Abu Dabi ke Dubai World menjadi sinyal positif bagi recovery ekonomi global. Bahkan, disinyalir bisa mendongkrak saham perbankan.

Chief Economist Danareksa Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, kucuran dana senilai US$10 miliar pemerintah Abu Dabi terhadap Dubai Wolrd akan memberikan rasa percaya diri bagi Dubai. Karena itu, tingkat kepercayaan terhadap perekonomian dan iklim investasi di negara itu akan kembali pulih.

Artinya, lanjut Purbaya, menyusul keberanian Abu Dabi melakukan bailout membuktikan tentang kuatnya komitmen pemerintahan negara itu terhadap pemulihan ekonomi. “Ini menjadi sinyal positif bagi rasa percaya diri pelaku pasar di Dubai sendiri dan pasar global,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Senin (14/12)

Pemerintah Dubai dalam pernyataannya seperti dikutip dari AFP mengumumkan pemerintah Abu Dhabi menyuntikkan US$10 miliar ke Dubai World untuk pembayaran surat utangnya yang akan segera jatuh tempo. Implikasinya, Dubai World bakal terbebas dari gagal bayar.

“Pemerintah Abu Dhabi setuju untuk mendanai US$ 10 miliar ke Dubai Financial Support Fund yang akan digunakan untuk membayar sejumlah kewajiban Dubai World yang jatuh tempo,” ujar pemerintah Dubai.

Pemerintah Dubai juga mengumumkan, utang sukuk milik anak usaha Dubai World, Nakheel sebesar US$ 4,1 miliar yang jatuh tempo hari ini akan segera dibayar setelah mendapatkan suntikan dana tersebut.

“Sebagai langkah pertama pendanaan baru ini, pemerintah Dubai telah melakukan otorisasi US$ 4,1 miliar untuk membayar kewajiban sukuk Nakheel yang jatuh tempo hari ini,” tambahnya. Uni Emirat Arab memiliki tujuh wilayah yang dinamakan emirat yakni Dubai, Abu Dhabi, Sharjah, Ajman, Umm al-Quwain, Ras al-Khaimah, dan Fujairah.

Purbaya kembali mengatakan, utang Dubai senilai US$59 miliar tidak semuanya jatuh tempo dalam waktu singkat. Karena itu, suntikan US$10 miliar cukup untuk menutupi utang jangka pendek. Artinya, kewajiban pembayaran yang gagal bayar tahun ini akan bisa ditutup dengan US$10 miliar itu. “Bahkan mungkin agak berlebih,” paparnya.

Ini juga lanjutnya, akan menambah sentimen positif bagi saham-saham sektor perbankan. Pasalnya, Dubai World sangat terkait dengan persoalan perbankan. “Memang indeks tidak tiba-tiba naik ke atas, tapi paling tidak ekspektasi akan terjadinya kebangkrutan perusahaan-perusahan besar semakin berkurang,” tukasnya.

Meski ini bukan satu-satunya alasan, menurutnya, Dubai World tetap akan mendorong membaiknya saham-saham sektor perbankan. “Apalagi, semua indikator perekonomian sedang dalam pemulihan,” timpalnya.

Pada saat yang sama, harapan terhadap pemulihan ekonomi menjadi semakin besar. Apalagi, indeks ekonomi AS, memungkinkan untuk pulih dengan berbentuk V. Jadi, pada saat terjadi pemulihan, akan sangat kencang.

Artinya, imbuh Purbaya, pertumbuhan AS di level 3,5% pada triwulan ketiga memberikan kemungkinan positif juga pada triwulan berikutnya. “Ini merupakan sinyal yang sangat kuat kepada proses pemulihan ekonomi yang terjadi saat ini berkesinambungan,” pungkasnya. [mdr]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s