1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

aturan baru transaksi marjin, ooopssss maseh digodok … 161209 16 Desember 2009

Filed under: Teknik Maen Saham — bumi2009fans @ 10:14 am

Rabu, 16/12/2009 00:00 WIB

Bapepam-LK belum masukkan usulan margin

oleh :

JAKARTA: Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) belum dapat memasukkan usulan Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) dalam peraturan transaksi margin PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal tahun depan.

Peraturan itu rencananya direvisi dengan beberapa masukan dari pelaku pasar. Peraturan yang berniat direvisi yaitu peraturan bursa Nomor II-H tentang Persyaratan dan Perdagangan Efek dalam Transaksi Marjin dan Transaksi Short Selling serta peraturan III-I tentang Keanggotaan Marjin dan Short Selling.

“Kami belum tahu waktu diundurnya hingga kapan, tetapi yang paling mendekati kepastian yaitu sepertinya tidak akan bisa diberlakukan pada Januari,” ujar Kepala Biro Transaksi dan Lembaga Efek Bapepam-LK Nurhaida kepada pers pekan ini.

Dia menjelaskan selama usulan itu belum dapat dimasukkan ke dalam revisi peraturan BEI, peraturan bursa Nomor II-H yang baru disahkan pertengahan tahun ini tetap diberlakukan.

APEI mengusulkan seluruh saham yang masuk dalam indeks LQ45 dapat menjadi saham yang boleh ditransaksikan dengan menggunakan fasilitas margin. Usulan juga meminta konsep peraturan Bapepam-LK tidak merujuk ke saham individu, karena pada praktiknya pemberian margin lebih mudah jika berlaku untuk sejumlah saham (basket stock).

BEI dan pelaku pasar meminta izin pada Bapepam-LK karena peraturan itu mengacu pada peraturan otoritas pasar modal No.V.D.6 tentang Pembiayaan Penyelesaian Transaksi Efek oleh Perusahaan Efek bagi Nasabah.

Pemberlakuan peraturan yang sudah direvisi itu awalnya akan diberlakukan pada awal tahun depan. Saat ini, sebanyak 67 anggota bursa (AB) dari 117 AB yang memberikan fasilitas margin.

Nurhaida mengatakan molornya target itu tidak dapat dihindari mengingat belum adanya pembahasan secara mendetail revisi peraturan margin itu oleh otoritas pasar modal dan BEI. Keterlambatan itu, lanjutnya, terjadi karena sempitnya waktu yang tersisa hingga 2009.

Koordinator Komite Ketua Umum APEI Lily Widjaja mengatakan pihaknya menerima kondisi tersebut dan menyatakan hak pemberlakuan itu sepenuhnya berada di tangan Bapepam-LK.

“Kami setidaknya sudah menyampaikan usulannya, masalah bisa atau belum bisa diterapkan secepatnya itu urusan lain,” ujarnya. (21)

Bisnis Indonesia

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s