1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

modal kerja bersih disesuaikan para broker sekuritas … 161209 16 Desember 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 11:28 pm

16/12/2009 – 19:19
Bapepam Kumpulkan Pelaku Pasar di BEI
Susan Silaban & Agustina Melani

INILAH.COM, Jakarta – Malam ini tengah berlangsung pertemuan antara pelaku pasar dengan otoritas Bapepam-LK dan pihak BEI guna membicarakan industri pasar modal ke depan.

Sepengetahuan INILAH.COM, Bapepam-LK, BEI dan pelaku pasar kan membahas tentang Modal Kerja BErsih Disesuaikan (MKBD), transaksi marjin dan kondisi perusahaan efek. Namun, menurut sumber INILAH.COM rapat yang masih berlangsung tidak bersinggungan dengan hal tersebut.

Memang, sebelum rapat usai ada beberapa perwakilan sekuritas yang keluar meninggalkan gedung BEI. Ketika ditanyai pertemuan antar pelaku pasar dan otoritas, mereka serempak mengatakan pembahasan adanya tambahan likuiditas, insentif pajak dan sebagainya.

Jika pembahasannya adalah tambahan likuiditas maka hal itu pun masih berkenaan dengan MKBD. Sebelumnya, Bapepam keukeuh akan menaikkan MKBD Rp25 miliar atau 6,25% dari total kewajiban (liability) ditambah dengan peringkat liabilities.

Kabiro Transaksi dan Lembaga Efek Bapepam-LK Nurhaida pernah mengatakan yang menjadi masalah adalah bagaimana perusahaan sekuritas melakukan pencadangan dana kalau mereka tengah melakukan underwriting saham atau obligasi.

Soalnya, kalau perusahaan sekuritas melakukan underwriting kemungkinan MKBD akan turun drastis dan bisa di bawah ketentuan. Padahal, kalau terjadi, perusahaan sekuritas akan terkena suspen dari otoritas pasar modal.

Berarti, jika dinaikkan menjadi Rp25 miliar maka akan ada perusahaan efek yang berteriak apalagi dengan kondisi pasar modal yang belum pulih dari guncangan global.

Menyoal insentif pajak, Perusahaan yang go public akan mendapat insentif pajak sebesar 5%. Ini diharapkan bisa mendorong emiten lebih transparan. Tetapi, insentif itu dinilai belum signifikan bagi emiten-emiten yang mayoritas sahamnya dikuasai oleh kelompok tertentu. [san/cms]
16/12/2009 – 19:45
Fuad: Cuma Bahas Peraturan Saja!
Agustina Melani

Fuad Rahmany
(inilah.com /Agus Priatna)
INILAH.COM, Jakarta – Hasil pertemuan antara Bapepam-LK, BEI, dan pelaku pasar lebih menekankan pada sosialisasi peraturan XI.D.4, Peraturan Benturan Kepentingan dan Transaksi Material.

“Kami hanya membicarakan dan mensosialisasikan peraturan yang baru contohnya IX.D.4, benturan kepentingan dan yang lainnya,” ucap Ketua Bapepam-LK Ahmad Fuad Rahmany seusai menghadiri rapat tersebut di gedung BEI, Rabu malam (16/12).

Sayang, ia enggan membeberkan hasil dari pertemuan dengan broker-broker tersebut. Terlebih lagi menjawab apa yang akan dilakukan perusahaan efek menyikapi peraturan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Penilaian Perusahaan BEI Eddy Sugito pun setali tiga uang dengan Fuad. Ia mengatakan, pertemuan ini hanya membahas peraturan IX.D.4, Benturan kepentingan dan Transaksi Material. “Kita hanya membahas peraturan XI.D.4 yang 10% itu aja,” kata Eddy.

Sedikit berbeda dengan Fuad dan Eddy, Direktu Utama Financorpindo Nusa Edwin Sinaga lebih menekankan pertemuan tadi malam ini adalah pertemuan rutin 3 bulanan oleh anggota bursa dengan otoritas.

Ia pun tidak menampik pembahasan peraratura IX.D.4 pun ikut dibahas, namun ia lebih menekankan pada Single Investor Identity, Straight Throuht Prcessing (STP) dan Peraturan Know Your Custopmer (KYC). “Ini hanya pertemuan rutin 3 bulanan saja. Di dalamnya juga dibahas modering pasar modal,” kata Edwin malam ini.

Memang, pada pertemuan tadi malam itu ada usulan bagaimana peraturan KYC nantinya diimplementasikan jika investor memiliki double Kartu Tanda Penduduk (KTP). “Nantinya seiring dengan banyaknya online trading maka bagaiman jika ada KTP berganda di Single ID-nya,” ujarnya.

Catatan saja, peraturan nomor V.D.10 tentang Prinsip Mengenai Nasabah oleh PJK di Bidang Pasar Modal. Memang, dalam minggu ini akan dikeluarkan enam peraturan Bapepam salah satunya XI.D.4 dan V.D.10. [san/cms]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s