1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

ihsg dalam arus kuat hot money inflow 2010 … watch out donk 19 Desember 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:31 am

18/12/2009 – 17:00
Emerging Market Tempat Menarik Investasi
Agustina Melani

INILAH.COM, Jakarta – Emerging market masih menjadi tempat yang menarik bagi investor global untuk berinvetasi pada 2010. Namun, suku bunga dan inflasi serta hot money harus dicermati.

Hal itu disampaikan Kepala Riset PT Paramitra Alfa Sekuritas Pardomuan Sihombing, Kamis (17/12) malam. Namun, Pardomuan mengingatkan, harga komoditi yang fluktuaktif, penyelesaian kasus Dubai World, inflasi dan suku bunga harus dicermati pada 2010.

Selain itu, arah The Fed akan tetap mempertahankan atau menaikkan suku bunga juga menjadi hal yang harus dicermati. “Ekonomi dengan bursa saham kadang-kadang anomali. Ke depan kita tinggal tunggu arah The Fed menaikkan suku bunga atau tidak,” ujar Pardomuan.

Ia mengatakan, bila pada triwulan ketiga 2010 The Fed akan menaikkan suku bunga dan BI Rate masih sekitar 6,5% maka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan tetap sideaway. Pardomuan juga memprediksikan, IHSG akan berada di level 2.800. “Bila BI Rate dinaikkan dan The Fed dinaikkan maka akan ada gejolak di bursa saham,”tutur Pardomuan.

Pengamat pasar modal Ferry Latuhihin mengatakan, fundamental perekonomian Indonesia cukup bagus pada 2010. Saat ini Indonesia memiliki pemerintahan yang seirus karena ditangani oleh tim ekonomi yang bagus.

Ferry Optimis, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5,2% dan inflasi pun masih bisa tetap terjaga pada 2010.

Tetapi faktor dalam negeri seperti kasus Century dan pemerintah yang masih lamban menjalankan proyek infrastruktur bisa menghambat perekonomian. “Saya optimis perekonomian Indonesia ke depan tetapi kita

tetap berhati-hati khususnya pada hot money,” ujar Ferry.

Ferry menambahkan, perekonomian global dan ekonomi AS akan tumbuh pada 2010. Namun, salah satu hal yang harus dicermati yaitu arah The Fed untuk menaikkan suku bunga atau mempertahankan suku bunga. “Bila The Fed memberikan signal akan menaikkan suku bunga maka berdampak terhadap ekonomi Indonesia karena Indonesia belum mempunyai penangkal hot money itu keluar dari Indonesia,” urainya.

Menurut Ferry, saat ini terjadi carry trade. Sehingga diharapkan hot money tidak mengacaukan perekonomian khususnya bursa saham Indonesia. Pemerintah sebaiknya memikirkan untuk menangkal hot money tersebut tidak keluar dari Indonesia.

Carry trade yaitu meminjam mata uang dolar kemudian berinvestasi salah satunya di emerging market. “Bila The Fed naikkan suku bunga, hot money reverse dan ada aksi profit taking maka indeks saham pun akan turun,” pungkasnya. [san/cms]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s