1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

saat investor lupa krisis, padahal baru SETAON … 221209 22 Desember 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 6:37 am

Antusiasme di Investor Summit 2009
21/12/2009 23:37:22 WIB
MAJALAH INVESTOR 198
Lebih dari 2.000 peserta hadir dalam Investor Summit and Capital Market Expo 2009. Ajang ini juga jadi forum komunikasi antara 28 emiten dengan para pelaku pasar modal.
OLEH: MASHUD TOARIK

RIBUAN ORANG DENGAN pakaian perlente ala eksekutif, pagi itu terlihat antre untuk registrasi di Ball Room Pacific Place, Jakarta (2/12). Semua kursi ruang pertemuan terbesar di kawasan Asia Tenggara itu pun dengan cepat terisi penuh para peserta seminar yang tak lain para investor, calon investor, penggiat pasar modal maupun para wartawan. Tidak sedikit dari mereka yang harus rela berdiri karena tak kebagian tempat duduk.

Lebih dari 2.000 peserta ikut andil dalam seminar yang diselenggarkan pada tanggal 2 – 3 Desember 2009. Untuk kegiatan pameran, seluruh stand yang disediakan terisi penuh oleh 60 peserta yang terdiri atas emiten, perusahaan efek, lembaga rating, dan asosiasi industri. Tak mau ketinggalan Bapepam-LK, Dirjen Pajak, dan Bank Indonesia ikut mendirikan stand pameran.

Selain seminar dan pameran, Investor Summit 2009 juga memfasilitasi forum konsultasi dan presentasi 28 emiten dengan pelaku pasar modal. Mengingat keterbatasan tempat dan waktu, panitia terpaksa membatasi maksimal 250 peserta tiap sesi.

Ketua Bapepam-LK dalam laporannya kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang hadir membuka acara tersebut mengatakan, Investor Summit merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Bapepam-LK, Self Regulatory Organization (SRO) dan media partner nasional memiliki dua tujuan. Pertama, mempromosikan sekaligus meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pasar modal sebagai alternatif investasi dan sebagai sumber pembiayaan bagi dunia usaha.

Kedua, memberikan kesempatan kepada investor maupun calon investor untuk berkomunikasi secara aktif dengan para emiten dan regulator serta pers nasional. Tak kurang 30 media nasional ikut ambil bagian dalam kerjasama tersebut.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani mengingatkan para investor untuk tetap prudence dalam berinvestasi. “Kalau Anda mengambil risiko tanpa melakukan kalkulasi, di situ prudence sudah mulai dikorbankan,” ujarnya. Meski begitu, menurutnya, risiko bisa datang tanpa diundang. Yang terpenting tahu prinsip yang harus diadopsi dalam kondisi risiko tinggi.

Sri Mulyani juga mengingatkan bahwa krisis dunia belum berakhir. Karenanya, para Menkeu pada G20 sepakat untuk melakukan konsolidasi kebijakan makro dunia yang telah disusun dan akan diimpelemtasikan pada 2010-2011. 

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s