1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

ganti aturan lagi, investor fokus ke laba aja dah… : 281209 28 Desember 2009

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 6:38 am

Senin, 28/12/2009 00:00 WIB

Pedoman akuntansi perusahaan efek akan diganti

oleh :

JAKARTA: Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) berencana mengganti pedoman akuntansi perusahaan efek (PAPE) yang sudah ada. Otoritas pasar modal berniat menerbitkan pedoman yang baru tersebut pada 2011.

Kepala Biro Standar Akuntansi dan Keterbukaan Bapepam-LK Etty Retno Wulandari mengatakan selama ini PAPE yang ada merupakan produk PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan belum diperbarui sejak diterbitkan pada 1998.

“Kami ingin menggantinya dengan yang baru, dan nantinya merupakan produk Bapepam-LK, bukan lagi dari BEI lagi agar dasar hukumnya lebih kuat,” ujarnya kepada Bisnis pekan lalu.

Etty yang juga merupakan salah satu anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan menjelaskan penggantian PAPE itu dilakukan sekaligus untuk menggantikan dasar akuntansi yang digunakan perusahaan efek selama ini, yaitu pernyataan standar akuntansi dan keterbukaan (PSAK) No.42 tentang Akuntansi Perusahaan Efek.

PSAK tersebut baru saja dicabut oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan pada pekan ini bersama dengan beberapa PSAK lain.

Menurut dia, pembuatan PAPE itu sudah mulai dilakukan dengan pembahasan awal dengan manajemen BEI. Penerbitan itu, tuturnya, masih menunggu penerbitan beberapa pernyataan standar akuntansi dan keterbukaan yang akan menjadi acuan dalam pembentukan PAPE.

“Beberapa PSAK itu akan menjadi dasar PAPE, dan rencananya baru diterbitkan tahun depan.”

Etty menjelaskan salah satu poin yang akan masuk di dalam PAPE baru itu yaitu tentang tata cara penghitungan modal kerja bersih disesuaikan (MKBD). Belum disahkannya peraturan BEI yang mengatur MKBD, lanjutnya, menjadi salah satu faktor yang ditunggu oleh pembahasan PAPE.

Awalnya otoritas pasar modal berharap peraturan BEI dan Bapepam-Lk tentang MKBD dapat diterbitkan tahun ini, tetapi hingga saat ini peraturan itu belum diterbitkan.

Ketua Dewan Standar Akuntansi Keuangan Rosita Uli Sinaga menambahkan lembaganya juga mencabut PSAK 49 tentang Akuntansi Reksa Dana pekan lalu.

Awalnya, Bapepam-LK memprediksi pencabutan tersebut dilakukan bersamaan dengan diterbitkannya peraturan otoritas pasar modal tentang akuntansi reksa dana. Hingga saat ini peraturan baru No. VIII.G.10 tentang Pedoman Penyajian Laporan Keuangan Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif belum disahkan.

Sehingga, terjadi kekosongan hukum yang secara khusus mengatur pencatatan akuntansi produk investasi pasar modal itu.

Etty mengatakan otoritas pasar modal tidak mengkhawatirkan belum adanya peraturan khusus tentang akuntansi reksa dana dan laporan keuangan manajer investasi karena pelaku industri dapat menggunakan peraturan yang lama.

Selain PSAK 1, Rosita menambahkan IAI juga mengesahkan sembilan PSAK lain yang akan berlaku penuh pada 2011. (21)

Bisnis Indonesia

bisnis.com

Iklan
 

2 Responses to “ganti aturan lagi, investor fokus ke laba aja dah… : 281209”

  1. anisapisko Says:

    mas/mba..
    saya lg nyusun tugas akhir tentang “audit atas laporan keuangan reksa dana”..
    jadi laporan keuangan tahunan reksa dana per 31 desember 2010 itu udah pake peraturan no VIII.G.10 (pedoman penyajian laporan keuangan RD berbentuk KIK) belom??
    ato masih boleh pake PSAK 49??

    sy masih bingunggg..
    mohon bantuannya.,
    makasiiii

    PISKO

    • bumi2009fans Says:

      well, gw sebenarnya ingin bantu, tapi kayanya cakupan ilmu anda pasti lebe dalam, jadi mungkin langsung aja ke manajer investasi, seperti schroder, manulife, atau bnp paribas … coba cari info lewat internet karena mereka punya situs resmi, good luck


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s