1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

doyan ngelanggar, demi laba seh … 311209 31 Desember 2009

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 10:50 am

Melanggar Pasar Modal, 538 Pihak Kena Denda
Rabu, 30 Desember 2009 – 15:57 wib

Widi Agustian – Okezone

JAKARTA – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mencatat baru menangani 22 kasus yang selesai diproses dari 121 kasus. Selain itu, sebanyak 538 pihak telah dikenakan sanksi terkait pelanggaran peraturan pasar modal.

“Sebanyak 538 pihak sudah dikenakan sanksi denda,” kata Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany saat konferensi pers akhir 2009, di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (30/12/2009).

Beberapa di antaranya adalah 278 emiten dengan total nilai Rp9,87 miliar, 42 manajer investasi dengan total nilai Rp354 juta, serta 127 perusahaan efek dengan total nilai Rp579 juta.

Selain itu, 27 pihak dikenakan sanksi tertulis, tiga wakil manajer investasi dikenakan sanksi pencabutan izin, serta sangksi pembekuan tiga akuntan publik dan tiga penilai.

Adapun dari 22 kasus yang telah selesai, sebanyak 17 kasus dikenakan sanksi dan lima kasus ditutup. “Lima kasus ditutup karena tidak ditemukan adanya pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal,” ucapnya.

Sementara itu, sebanyak 99 kasus masih dalam proses pengenaan sanksi maupun dalam proses pemeriksaan.
(ade)

Bapepam Masih Periksa 99 Kasus Pasar Modal
31/12/2009 16:03:00 WIB
JAKARTA, INVESTOR DAILY
Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) selama  2009 menangani  121 kasus terindikasi pelanggaran di pasar modal. Dari jumlah itu,  22 kasus telah diselesaikan dan 99 lainnya masih dalam proses pemeriksaan dan pengenaan sanksi.
“Kasus-kasus itu meliputi kasus  lama dan  baru. Kami  fokuskan dulu pada kasus yang baru. Untuk kasus-kasus  lama sudah ditangani  komite khusus,” ujar Ketua Bapepam-LK Fuad A Rahmany dalam konferensi pers penutupan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu (30/12).
Fuad menuturkan, dari 22 kasus yang telah dituntaskan,   17 di antaranya  telah dikenai sanksi administratif.  Bapepam-LK juga  telah memerintahkan   pelaku pelanggaran  melakukan  perbaikan. Lima kasus lain dihentikan pemeriksaannya karena otoritas pasar modal kami tidak menemukan  pelanggaran terhadap UU Pasar Modal.
“Kami  harap masyarakat dan pelaku pasar  memahami bahwa  kami  terus berupaya menegakkan hukum pasar modal. Kami pun menjalin  kerja sama yang intensif dengan aparat penegak hukum lainnya, seperti Kejaksaan Agung dan Kepolisian demi terciptanya kepastian di pasar modal,” paparnya.
Menurut Fuad Rahmany,   sanksi administratif yang dijatuhkan kepada para pelanggar peraturan pasar modal  cenderung beragam, dari peringatan tertulis, sanksi denda, pembekuan izin usaha, sampai pencabutan izin usaha institusi  dan perorangan.
Selama 2009, kata dia, Bapepam-LK  juga menjatuhkan sanksi denda  senilai  total Rp 11,04 miliar, meliputi  denda kepada 278 emiten senilai  Rp 9,87 miliar, Rp 354,6 juta kepada 42 manajer investasi (MI), Rp 579,2 juta kepada  127 perusahaan efek (PE), Rp 113,5 juta kepada perusahaan  penilai,  Rp 109,7 juta  kapad  akuntan publik,  Rp 7,8 juta  kepada Biro Administrasi Efek (BAE), dan Rp10,7 juta kepada bank kustodian.
Fuad menambahkan, kasus pelanggaran pasar modal yang ditangani Bapepam-LK adalah kasus-kasus yang berkaitan dengan keterbukaan emiten dan perusahaan publik, perdagangan efek, serta  pengelolaan investasi. “Jenis pelanggarannya  ntara lain dugaan  enturan kepentingan dan  transaksi material,” ucapnya.

Selain itu, menurut Fuad Rahmany, otoritas pasar modal  melayangkan  peringatan tertulis kepada satu komisaris MI, dua PE, 12 emiten, satu bank kustodian, dan satu manager investasi. Sanksi pencabutan izin dijatuhkan  kepada tiga wakil MI. Sanksi pembekuan surat tanda terdaftar (STTD) dijatuhkan  kepada tiga akuntan publik atau  kantor akuntan publik dan tiga penilai. (c134)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s