1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

bahkan GACOKAN bisa KETEPU … tukh: 040110 4 Januari 2010

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 7:47 am

Senin, 04/01/2010 00:00 WIB

JP Morgan & Paribas gugat K1 Invest

oleh :

NEW YORK: JP Morgan Chase & Co dan BNP Paribas menggugat K1 Invest Ltd beserta pendiri Grup K1 Helmut Kiener dengan klaim menghilangkan uang mereka melalui skema investasi palsu oleh K1 dan rekanannya.

Gugatan tersebut diajukan melalui Mahkamah Agung New York di Manhattan belum lama ini. JPMorgan mengajukan gugatan mewakili Bear Stearns International Ltd yang diambil alih pada 2008 dan mengatakan perusahaan itu berutang tidak kurang dari US$82 juta. BNP Paribas mengatakan menderita kerugian lebih dari US$70 juta.

Menurut isi gugatan, skema tersebut bersandar pada bank-bank yang menginvestasikan uang tambahan pada perdagangan hedge leveraged option dengan dana K1.

“Bahkan pihak dari perpanjangan transaksi dapat tertipu oleh para pengusaha predator,” ujar pengacara JPMorgan dalam isi gugatannya.

Grant Thornton LLP yang melikuidasi K1 Invest mengatakan lewat suratnya pada awal Desember tahun lalu yang ditujukan kepada para kreditur kemungkinan dana tersebut tidak memiliki nilai. Treukapital AG, administrator K1 Invest, mengungkapkan perusahaan tersebut memiliki aset senilai 348 juta euro atau setara dengan US$500 juta hingga periode 31 Juli 2009.

K1, yang berbasis di Virgin Islands, Inggris, menjadi pusat penyelidikan kejahatan internasional setelah membebankan perbankan dengan kerugian sebesar US$400 juta, ungkap sejumlah sumber yang mengetahui proses jalannya penyelidikan.

Regulator Eropa dan AS tengah mencari tahu apakah Kiener mengelabui bank dengan meminjam uang untuk mendongkrak investasi.

Namun Kiener, yang telah ditahan oleh Pemerintah Jerman, menyangkal semua tuduhan yang dijatuhkan atas dirinya.

Pengacara pengusaha tersebut, Lutz Libbertz, masih belum bisa dihubungi. Petugas Grant Thornton yang terlibat dalam proses likuidasi dana K1 juga belum bisa dimintai komentar. Upaya untuk menghubungi K1 juga menemui kegagalan. (t02/elh)

Bloomberg/JIBI

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s